Tips Memilih Jurusan Kuliah Dengan Tepat Berdasarakan Kepribadian dan Passion



Tips Memilih Jurusan Kuliah Dengan Tepat Berdasarakan Kepribadian dan Passion  





Poilpalembang.com [Tips Memilih Jurusan Kuliah Dengan Tepat Berdasarakan Kepribadian dan Passion]

Hidup Mahasiswa!

Hallo calon Mahasiswa Muda!! Oh iya! udah kelas XII ni, mau lanjut kuliah apa kerja ya?. Kalua Kuliah tapi bingung mau milih jurusan apa yang cocok?, dan sebentar lagi mau lulus!.

Jangan galau mikirin Jurusan, karena Jurusan sudah ada pada diri teman-teman sendiri1.

Disini Poil akan berbagi sedikit mengenai Jurusan Kuliah berdasarkan Kepribadian teman-teman. Yuk simak penjelasannya?!.

Memilih Jurusan Kuliah Bredasarkan Kepribadian atau Tipe:

1. Tipe Realistic

Tipe Realistik digambarkan sebagai orang yang memiliki skill suka bekerja dengan mesin, alat atau binatang. Umumnya menghindari aktivitas sosial seperti mengajar, melakukan penyembuhan dan penyuluh. Orang dengan tipe kepribadian seperti ini biasanya melihat diri mereka sebagai pribadi yang praktis, mekanis dan realistis.

Ciri-ciri tipe realistik yaitu:

mengutamakan kejantanan, kekuatan otot, ketrampilan fisik, mempunyai kecakapan, dan koordinasi motorik yang kuat, kurang memiliki kecakapan verbal, konkrit, bekerja praktis, kurang memiliki ketrampilan social, serta kurang peka dalam hubungan dengan orang lain.

Program Studi yang cocok:

1. T. Elektronika
2. T. Mesin
3. T. Sipil
4. T. Pertanian
5. Perikanan
6. Otomotif

2. Tipe Intelektual (Investigative)

Orang yang mempunyai tipe kepribadian ini memiliki kecenderungan untuk memilih pekerjaan yang bersifat akademik.

Ciri-cirinya adalah memiliki kecenderungan untuk merenungkan daripada mengatasinya dalam memecahkan suatu masalah, berorientasi pada tugas, tidak suka sosial. Membutuhkan pemahaman, menyenangi tugas-tugas yang biasa, memiliki sikap yang tidak konvensional dan kegiatanya bersifat intraseptif.

Program Studi yang cocok:

1.      Kimia
2.      Fisika
3.      Gizi
4.      Biologi
5.      Perangkat Lunak
6.      Kriminologi

3. Tipe Social

Orang yang mempunyai tipe kepribadian ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Ciri-cirinya adalah pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius membutuhkan perhatian, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, kegiatan-kegiatan rapih dan teratur, menjauhkan bentuk pemecahan masalah secara intelektual, lebih berorientasi pada perasaan.

Program Studi yang cocok:

1.      Psikologi
2.      Bimbingan Konseling
3.      Kumunikasi
4.      Sosiologi
5.      Sekretaris

4. Tipe Konvensional

Orang yang mempunyai tipe kepribadian ini pada umumnya memiliki kecenderungan untuk terhadap kegiatan verbal, ia menyenangi bahasa yang tersusun baik, numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, senang mengabdi, mengidentifikasikan diri dengan kekuasaaan, memberi nilai yang tinggi terhadap status dan kenyataan materi, mencapai tujuan dengan mengadaptasikan dirinya ketergantungan pada atasan.

Program Studi yang cocok:

1.      Akuntansi
2.      Statistik
3.      Ekonomi
4.      Administrasi
5.      Programer IT

4. Tipe Usaha (Enterprising)

Orang yang mempunyai tipe kepribadian ini memiliki ciri khas diantaranya menggunakan ketrampilan-ketrampilan berbcara dalam situasi dimana ada kesempatan untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, menganggap dirinya paling kuat, jantan, mudah untuk mengadakan adaptasi dengan orang lain, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, perhatian yang besar pada kekuasaan, status dan kepemimpinan, agresif dalam kegiatan lisan.

Program Studi yang cocok:

1. Manajemen 
2. Bisnis 
3. Komunikasi 
4. Hubungan Internasional 
5. Marketing Komunikasi
  
6. Tipe Artistik

Orang yang mempunyai tipe kepribadian ini memiliki kecenderungan berhubungan dengan orang lain secara tidak langsung, bersifat sosial dan sukar menyesuaikan diri. pada umumnya menyukai kesempatan untuk mengekspresikan diri sendiri dalam cara yang bebas dan tidak sistematis, menciptakan musik, seni, atau menulis. Cenderung ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam bahasa, seni, musik, atau menulis.

Ciri-ciri yang dimiliki tipe Artistik adalah bersifat tidak sosial, kreatif, imajinatif, ambisius, emosional, implusif, bersifat kewanitaan, peka terhadap perasaan, submissive (patuh), introspektif, deprestif, rendah diri, berdiri sendiri (individual), radikal, tidak stabil, naif, percaya diri, fleksibel, bebas, tidak konvensional
  
Program Studi yang cocok:
1.      Seni Rupa
2.      Seni Tari
3.      Desain Komunikasi Visual
4.      Desain Interior
5.      Arsitektur
6.      Seni Musik

Ok itu saja dari Poil, semoga dapat membantu tema-teman semua dalam memilih jurusan

Jangan lupa untuk selalu berdoa agar apa yang di inginkan dapat terwujud.

Poilpalembang.com
#JanganKasihKedor
#HidupCalonMahasiswa






0 comments:

Post a Comment