UIN– Daftar Fakultas dan Program Studi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

UIN– Daftar Fakultas dan Program Studi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Konten [Tampil]

 

UIN– Daftar Fakultas dan Program Studi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

UIN– Daftar Fakultas dan Program Studi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Universitas Islam Negeri( UIN) Sultan Maulana Hasanuddin ataupun UIN Sultan Maulana Hasanuddin merupakan Perguruan Tinggi Islam Negeri yang terletak di provinsi Banten. UIN Banten diberi nama Sultan Maulana Hasanuddin menggambarkan seorang pendiri Kesultanan Banten.

berdirinya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) “Sultan Maulana Hasanuddin” (SMH) Banten mereflesikan semangat perjuangan ummat Islam Banten yang dimulai sejak tahun 1961 ketika pertama kali Universitas Maulana Yusuf dibuka sampai dengan diresmikannya IAIN “SMH” Banten pada tahun 2004.

Maksud dan tujuan didirikannya Fakultas tersebut ialah:

  1. Sebagai sarana untuk pembentukan pembelajaran serta pengajaran tingkat tinggi dalam bidang agama serta hukum Islam dan ilmu pengetahuan umum;
  2. Merealisasikan aspirasi masyarakat Banten supaya perguruan tinggi tersebut bisa memberikan pendidikan dan pengajaran kepada sebagian masyarakat yang kurang mampu;
  3. Menampung, menyalurkan serta meningkatkan ilmu pengetahuan agama Islam di wilayah Banten yang memiliki basis madrasah serta pondok pesantren yang banyak selaku sumber masukan( input);
  4. Mencetak sarjana agama Islam yang dipersiapkan untuk menjadi pengajar di sekolah- sekolah menengah di dalam serta di luar ruang lingkup Kementerian Agama, pegawai- pegawai di kedutaan negara- negara Islam serta non Islam, Pusroh ABRI( Tentara Nasional Indonesia(TNI)) dalam area Hankam, konsultan di Pengadilan Negeri serta Kejaksaan, hakim di Pengadilan Agama dan institusi- institusi pemerintah serta swasta;
  5. Melahirkan sarjana Islam yang bukan hanya ahli dalam bidang agama dan hukum Islam, namun juga ahli di bidang hukum positif yang berlaku di negara Republik Indonesia.

Kepres Nomor. 91 Tahun 2004 tersebut setelah itu disusul dengan Keputusan Menteri Agama RI No 5 tahun 2005 bertepatan pada 3 Januari 2005 yang mengatur tentang Organisasi serta Tata Kerja IAIN“ SMH” Banten. Bersumber pada keputusan Menteri Agama tersebut IAIN“ SMH” Banten mempunyai 1( satu) Biro Administrasi Umum, Akademik serta Kemahasiswaan, 7( tujuh) Bagian serta 16( enam belas) Sub Bagian dan 3( tiga) Fakultas, yaitu Fakultas Syari’ ah serta Ekonomi Islam, Fakultas Tarbiyah serta Adab, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah dengan Jurusan/ program studi sebagai berikut:

Fakultas Syari’ ah dan Ekonomi Islam

  1. Jurusan/ Program Studi Al- Ahwal Al- syakhshiyah
  2. Jurusan/ Program Studi Jinayah Siyasah
  3. Jurusan/ Program Studi Mu’ amalat
  4. Jurusan/ Program Studi Ekonomi Islam

Fakultas Tarbiyah dan Adab

  1. Jurusan/ Program Studi Pendidikan Agama Islam
  2. Jurusan/ Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
  3. Jurusan/ Program Studi Tadris Bahasa Inggris
  4. Jurusan/ Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
  5. Program Diploma II Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah( PGMI)
  6. Program AKTA IV Kependidikan

Mengingat Program Diploma II PGMI pada tahun akademik 2006/ 2007 ini tidak dibuka lagi, hingga Fakultas Tarbiyah dan Adab merancang untuk membuka Jurusan/ Program Studi Strata satu( S1) PGMI.( Proposal sudah dibahas oleh tim di Diktis serta dinyatakan layak untuk dibukanya jurusan tersebut). Tidak hanya S1 PGMI Fakultas Tarbiyah dan Adab juga akan membuka Jurusan/ Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam( IPA), Pendidikan Biologi, dan Jurusan/ Program Studi Diploma III( D III) Perpustakaan Islam.

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

  1. Jurusan/ Program Studi Aqidah Filsafat
  2. Jurusan/ Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
  3. Jurusan/ Program Studi Tafsir Hadis

Tidak Hanya Jurusan/ Program Studi di atas, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah pula hendak membuka Jurusan/ Program Studi Menejemen Dakwah.

 

0 Comments