Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Ikatan Dinas – Daftar Fakultas dan Program Studi

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Ikatan Dinas – Daftar Fakultas dan Program Studi

Konten [Tampil]
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Ikatan Dinas – Daftar Fakultas dan Program Studi

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif sedang secara teknis akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Program pendidikan yang diselenggarakan di STP Bandung adalah program yang menekankan pada pencapaian keterampilan dari sebuah ilmu. Pencapaian keterampilan tersebut diperkaya dengan Praktik Laboratorium, Studi Lapangan, dan Praktik Kerja Nyata. Cikal bakal Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung bermula dari didirikannya Sekolah Kejuruan Perhotelan (SKP) pada tahun 1959, yang merupakan sekolah kejuruan menengah atas kejuruan di bawah naungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1962, sekolah ini berubah menjadi sekolah kejuruan perhotelan dan perestoran (SKPP) di bawah departeman perhubungan darat. Sekolah ini mempunyai tiga jurusan yaitu Jurusan Hospitaliti, Jurusan Kepariwisataan dan Jurusan Perjalanan.

STPB (Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung) dahulu dikenal dengan nama NHI (baca : eNHaii) adalah Perguruan Tinggi yang bernaung dibawah Kementerian Pariwisata sedang secara teknis akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Sebagai sebuah lembaga tinggi milik Pemerintah, STP Bandung bertujuan untuk menyiapkan tenaga-tenaga profesional dibidang pariwisata sebagai aset nasional yang berkualitas internasional, kreatif, berjiwa wirausaha berkepribadian Indonesia dan berbudi luhur.

STP Bandung bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar di negeri dalam mengembangkan program-program pendidikannya pada tingkat D-III, D-IV, S1 dan Magister Manajemen Pariwisata.

Program pendidikan yang diselenggarakan di STP Bandung adalah program yang menekankan pada pencapaian keterampilan dari sebuah ilmu. Pencapaian keterampilan tersebut diperkaya dengan Praktik Laboratorium, Studi Lapangan dan Praktek Kerja Nyata.

Jurusan Dan Program Studi 

Jurusan Hospitaliti mempunyai program studi:

  1. Studi Akomodasi dan Katering
  2. Administrasi Perhotelan
  3. Manajemen Divisi Kamar
  4. Manajemen Tata Hidang
  5. Manajemen Tata Boga
  6. Manajemen Patiseri

Jurusan Kepariwisataan mempunyai program studi:

  1. Studi Destinasi Pariwisata
  2. Manajemen Bisnis Pariwisata
  3. Manajemen Destinasi Pariwisata

Jurusan Perjalanan mempunyai program studi:

  1. Studi Industri Perjalanan
  2. Manajemen Bisnis Perjalanan
  3. Manajemen Bisnis Konvensi & Event
  4. Manajemen Pengaturan Perjalanan

Pascasarjana

  1. Program Magister Pariwisata

Didukung dosen akademik (profesor) yang berkompeten dan profesional yang telah memiliki penguasaan tinggi terhadap pariwisata, bisnis hotel dan bisnis perjalanan.