STSN – Daftar Jurusan dan Program Studi di Politeknik Siber dan Sandi Negara

STSN – Daftar Jurusan dan Program Studi di Politeknik Siber dan Sandi Negara

Konten [Tampil]
STSN – Daftar Jurusan dan Program Studi di Politeknik Siber dan Sandi Negara

Politeknik Siber dan Sandi Negara (PoltekSSN) adalah sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2003 tanggal 17 April 2003 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara. PoltekSSN merupakan satu-satunya pendidikan tinggi Persandian di Indonesia.

STSN menyelenggarakan pendidikan professional dalam bidang persandian dengan jenjang Diploma IV. Calon Mahasiswa berasal dari lulusan SMA/MA jurusan IPA dan atau Peserta Tugas Belajar atau SMK TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi; Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Sistem seleksinya berupa tes bertahap yang menggunakan sistem gugur tiap tahapnya. STSN mewajibkan mahasiswanya tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan dengan wajib mematuhi peraturan kehidupan mahasiswa dan Peraturan Urusan Dinas Dalam. Kegiatan pendidikan meliputi bidang akademik dan bidang pengasuhan yang diselenggarakan secara seimbang, berkesinambungan dan saling mendukung dengan berpedoman pada tujuan pendidikan. Pendidikan dilaksanakan dengan sistem paket dimana evaluasi pendidikan dilaksanakan setiap semester melalui Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), dimana setiap semester digunakan sistem gugur (Drop Out).

PoltekSSN didirikan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas SDM aparatur bidang Siber dan Sandi yang mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia negara. PoltekSSN menyelenggarakan program Diploma IV.

Keahlian yang dimiliki :

  1. Perekayasa Kriptografi
  2. Penyuluh Keamanan Informasi
  3. Information Security Analyst
  4. Network Security Engineer
  5. Network & Web Penestration Tester 

Program Studi

Program Studi Rekayasa Kriptografi

  1. Bidang Minat Rekayasa Sistem Kriptografi
  2. Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak Kripto

Program Studi Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi

Program Studi Rekayasa Keamanan Siber