Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Konten [Tampil]
Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa dipahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam serta pembesaran hewan ternak, meskipun cakupannya dapat pula berupa pemanfaatan mikroorganisme dan bioenzim dalam pengolahan produk lanjutan, seperti pembuatan keju dan tempe, atau sekadar ekstraksi semata, seperti penangkapan ikan atau eksploitasi hutan.

Bagian terbesar penduduk dunia bermata pencaharian dalam bidang-bidang di lingkup pertanian, namun pertanian hanya menyumbang 4% dari PDB dunia.

Kelompok ilmu-ilmu pertanian mengkaji pertanian dengan dukungan ilmu-ilmu pendukungnya. Karena pertanian selalu terikat dengan ruang dan waktu, ilmu-ilmu pendukung, seperti ilmu tanah, meteorologi, teknik pertanian, biokimia, dan statistika juga dipelajari dalam pertanian. Usaha tani adalah bagian inti dari pertanian karena menyangkut sekumpulan kegiatan yang dilakukan dalam budidaya. "Petani" adalah sebutan bagi mereka yang menyelenggarakan usaha tani, sebagai contoh "petani tembakau" atau "petani ikan". Pelaku budidaya hewan ternak secara khusus disebut sebagai peternak.

Secara umum pengertian dari pertanian adalah suatu kegiatan manusia yang termasuk didalamnya yaitu bercocok tanam, peternakan, perikanan dan juga kehutanan.

Daftar Universitas dengan Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Universitas Andalas (UNAND)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Menjadi program studi agribisnis berorientasi kerakyatan yang terkemuka di Indonesia pada tahun 2030. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang agribisnis berorientasi kerakyatan secara professional Memperkuat basis ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pengembangan agribisnis kerakyatan Menyelenggarakan sistem informasi agribisnis, pemberdayaan pelaku agribisnis kerakyatan, dan pengelolaan sumberdaya alam untuk pembangunan dan penguatan agribisnis kerakyatan

Universitas Lampung (UNILA)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia
Fakultas Pertanian merupakan fakultas yang memiliki guru besar terbanyak di Universitas Lampung. Saat ini terdapat 28 guru besar.

FP Unila pun berupaya memainkan peran dalam pembangunan pertanian di Provinsi Lampung. Hal ini telah dibuktikan, salah satunya dengan adanya kerja sama antara FP Unila dengan Badan Koordinasi Penyuluhan (Bakorluh) dan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung  melalui program Balai Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) sebagai Centre of Excellence.

 Universitas Sriwijaya (UNSRI)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Fakultas pertanian didirikan berdasarkan surat keputusan menteri TPIP nomor 108 tahun 1963 tertanggal 20 September 1963 dan diresmikan pada tanggal 26 september 1963. Kegiatan perkuliahan sejak tahun 1963 dilakukan di kampus Unsri Bukit besar Palembang  dengan 2 jurusan yaitu Teknik Pertanian dan Social Ekonomi Pertanian. Seiring waktu Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya berkembang menjadi 5 jurusan dan 7 program studi. Pada tahun 1995 dengan telah selesainya pembangunan kampus unsri inderalya, aktivitas perkuliahan mulai dipindahkan ke inderalaya.

Universitas Jambi (UNJA)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Fakultas Pertanian Universitas Jambi mulai berdiri pada 23 Maret 1963, seiring dengan berdirinya Universitas Negeri Jambi. Sebelum adanya institusi ini, pada tahun 1960 telah ada Akademi Perniagaan yang kemudian berkembang menjadi Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum. Syarat pendirian universitas negeri pada waktu itu harus memiliki paling sedikit 2 fakultas ilmu sosial dan 2 fakultas eksakta, maka para pendiri Universitas Negeri Jambi yang tergabung dalam Yayasan Perguruan Tinggi Djambi mengusulkan pembentukan Fakultas Pertanian dan Peternakan sebagai bagian dari Universitas Negeri Jambi.

Universitas Riau (UNRI)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Pembangunan pertanian memerlukan insan pertanian yang berkualitas handal, tangguh dan berwawasan lingkungan hidup. Untuk itu dalam upaya pembangunan sumber daya manusia sebagai intelektual insan pertanian yang beriman dan bertaqwa serta berilmu pengetahuan maka Fakultas Pertanian Universitas Riau sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Bidang Pertanian akan menerima mahasiswa baru sebagai generasi.

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Fakultas Pertanian (Faperta) Unpad didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Muda PP&K RI No. 85633/S tanggal 1 September 1959. Sebagai bagian integral dari Universitas Padjadjaran, Faperta Unpad mempunyai komitmen yang tinggi untuk mengerahkan segenap potensi yang dimiliki melalui penerapan teknologi mutakhir maupun teknologi aplikatif untuk menunjang program pertanian yang berkelanjutan dalam pembangunan nasional.

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Program Sarjana di IPB University adalah program empat tahun. Sejak tahun 2005, IPB University telah menawarkan kurikulum mayor-minor yang menawarkan lebih dari 500 kombinasi kompetensi. Kesempatan ini memungkinkan para sarjana IPB University untuk memperoleh kompetensi ganda, bahkan gelar ganda untuk memungkinkan mereka bersaing di pasar kerja. Kompetensi mereka tidak terbatas pada kegiatan pertanian on farm, tetapi juga kegiatan pertanian off farm yang meliputi, agribisnis, agroindustri.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Program Pendidikan Sarjana di Fakultas Pertanian diarahkan untuk menghasilkan sumber-daya manusia bagi pembangunan, khususnya pembangunan pertanian, guna mengisi kebutuhan tenaga yang mahir, trampil, mandiri, dan peka terhadap perubahan ilmu dan teknologi.

Universitas Brawijaya (UB)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Jurusan Budidaya Pertanian, FP-UB adalah pada tahun 2025 menjadi jurusan yang unggul, berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Budidaya Pertanian.

Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Menjadi pusat unggulan pemberdayaan masyarakat perdesaan dan teknologi tepat guna di bidang pertanian. Mewujudkan fakultas yang mandiri dengan tata kelola yang transparan dan akuntabel, serta menerapkan prinsip meritokrasi, untuk meningkatkan efektivitas pelayanan terhadap pengguna.

Universitas Jember (UNEJ)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Fakultas Pertanian UNEJ dalam melaksanakan tugasnya mempunyai visi sebagai “Penyelenggara pendidikan tinggi yang berkualitas dengan mengembangkan sistem  pertanian industrial yang berwawasan lingkungan”. 

Universitas Udayana (UNUD)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Terwujudnya Fakultas Pertanian Universitas Udayana sebagai pusat pengembangan Ipteks pertanian berkelanjutan serta menghasilkan SDM yang unggul, mandiri, dan berbudaya.

Universitas Mataram (UNRAM)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat melalui pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian untuk mendukung pertanian berkelanjutan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia yang kompeten dan produk
serta teknologi pertanian yang unggul.

Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Fakultas Pertanian didirikan bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 17, pada tanggal 17 Agustus 1962 sebagai fakultas ke tujuh di Universitas Hasanuddin, diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Prof. Dr. Ir. Toyib Hadiwijaya. Pada tahun pertama menerima mahasiswa 75 orang untuk Jurusan Teknik Pertanian dan tahun akademik 1963 membuka Jurusan Kehutanan. Pada tahun ajaran 1964-1965 Fakultas Pertanian dibenahi menjadi tiga jurusan, yaitu Teknik Pertanian, Perusahaan Pertanian, Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan.

Universitas Lambung Mangkurat (ULM)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat didirikan atas dasar Peraturan Pemerintah No. 41/1960 tanggal 29 Oktober 1960, berkedudukan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.  Fakultas ini secara resmi dibuka pada tanggal 3 Oktober 1961 di Banjarbaru oleh Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Prof. Dr. Ir. Toyib Hadiwidjaja.  Pendirian Fakultas Pertanian ini terlaksana berkat kerjasama antara Yayasan Perguruan Tinggi Lambung Mangkurat dan pimpinan Fakultas Pertanian Universitas Pertanian di Bogor. Pada saat itu Presiden Universitas dijabat oleh Brigadir Jenderal Haji Hasan Basry yang merangkap sebagai Dekan Pertama Fakultas Pertanian Unlam.  Sekretaris Fakultas dijabat oleh Ir. Sampe Tanapa.

Universitas Trunojoyo Madura (UTM)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura merupakan bagian dari Universitas, yang didirikan pada tahun 1981, ketika Universitas masih bernama Universitas Bangkalan. Fakultas ini memiliki hanya satu program studi yaitu Agronomi untuk jenjang sarjana S1.

Universitas Pattimura (UNPATTI)

Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

mengembangkan potensi penelitian dan bisnis dalam bidang pertanian, Universitas Pattimura menyediakan program studi yang bervariasi di Fakultas Pertanian (FAPERTA) yang mengantongi akreditasi B ini. FAPERTA Unpatti terus mengembangkan ilmu pengetahuan, inovasi, dan teknologi agar lulusannya mampu memenuhi kebutuhan pangan dan industri hingga tingkat nasional dan global.

0 Comments