Universitas Bina Darma – Daftar Fakultas dan Program Studi

Universitas Bina Darma – Daftar Fakultas dan Program Studi

Konten [Tampil]
Universitas Bina Darma – Daftar Fakultas dan Program Studi

Kampus Universitas Bina Darma terletak di Jalan Jend. A.Yani No. 12 Seberang Ulu Kota Palembang.
Universitas Bina Darma (UBD) memiliki 4 (empat) gedung kampus yang terletak di Jalan Jenderal A. Yani Palembang. Kampus Utama terletak di no. 12 menempati lahan seluas 3057 m2, Kampus B terletak di no 3 seluas 4723 m2, Kampus C terletak di no 15 seluas 1206 m2, Kampus D terletak di no 24 seluas 238 m2.

Atas prakarsa Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc. dan kawan-kawan pada tanggal 28 Desember 1993 didirikan Yayasan Bina Darma dengan Akta Notaris Alia Ghani, S.H. Nomor: 95. Kemudian tanggal 10 Maret 2001 terjadi perubahan pendiri Yayasan Bina Darma berdasarkan akta notaris Thamrin nomor: 6. Maksud dan tujuan didirikannya Yayasan ini antara lain untuk turut serta secara aktif membantu pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan cita-cita nasional dan turut serta membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mengingat sarana dan prasarana yang disediakan oleh Yayasan sudah cukup memadai untuk menyelenggarakan suatu program pendidikan tinggi di Sumatra Selatan, maka didirikanlah 2 (dua) Sekolah Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Darma dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Darma.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Darma yang diasuh dan dibina oleh Yayasan Bina Darma berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor: 027/D/O/1994, tanggal 18 Mei 1994, STMIK Bina Darma mendapat status TERDAFTAR. Namun pada saat ini, STMIK Bina Darma telah mendapat status TERAKREDITASI untuk kedua program studi yang diselenggarakan, yaitu program studi Sistem Informasi (SI) dan program studi Teknik Informatika (TI) jenjang program strata satu (S1). Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 038/BAN-PT/Ak-IV/I/2001 tanggal 25 Januari 2001.

Program Pendidikan dan Fakultas-Fakultas

Program Strata 2

  1. Magister Manajemen (MM) 
  2. Magister Teknik Informatika (M.Kom) 
  3. Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom) 
  4. Magister Teknik Sipil (M.T.S)

Program Strata 1

Fakultas Ilmu Komunikasi: 

  1. Jurnalistik/Broadcasting, 
  2. Public Relations, 
  3. Advertising/Marketing Komunikasi

Fakultas Ilmu Komputer:

  1. Teknik Informatik,
  2. Sistem Informasi

Fakultas Ekonomi:

  1. Manajemen Akuntansi

Fakultas Teknik:

  1. Teknik Sipil,
  2. Teknik Elektro,
  3. Teknik Industri

Fakultas Ilmu Pendidikan:

  1. Pendidikan Bahasa Indonesia,
  2. Pendidikan Olahraga

Fakultas Bahasa dan Sastra:

  1. Bahasa Inggris

Fakuktas Psikologi

  1. Program Studi Diploma (D3&D4)
  2. Manajemen Informatika
  3. Teknik Komputer 
  4. Administrasi Bisnis 
  5. Komputerisasi Akuntansi
  6. Manajemen Perusahaan
  7. Pengelolaan Perhotelan (D4)