Jurusan Terbaik di Universitas Sanata Dharma

Jurusan Terbaik di Universitas Sanata Dharma

Konten [Tampil]
Jurusan Terbaik di Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma adalah universitas Katolik yang berlokasi di Yogyakarta. Dikenal juga dengan sebutan USD dan Sadhar. Sanata Dharma dibaca Sanyata Dharma, yang berarti "kebaktian yang sebenarnya" atau "pelayanan yang nyata". Kebaktian dan pelayanan itu ditujukan kepada tanah air dan gereja (Pro Patria et Eclessia).

Universitas Sanata Dharma sekarang memiliki 8 Fakultas dengan 26 Program Studi Sarjana S1, 8 Program Magister (S2), 1 Program Profesi, dan 3 Program Kursus Bersertifikat.

Ranking Universitas Sanata Dharma Menurut 4ICU, USD menempati posisi ke-43 untuk 2020 Indonesian University Rankings.

Update terbaru per Juni 2021. Inilah daftar lengkap Program Studi di Universitas Sanata Dharma Sleman yang mendapat peringkat akreditasi tertinggi A atau Unggul (berdasar pemeringkatan resmi dari BAN-PT).

Berikut daftar Jurusan Terbaik di Universitas Sanata Dharma

  • Apoteker (Profesi)
  • Bimbingan dan Konseling
  • Farmasi
  • Filsafat Keilahian
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Fisika
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Pendidikan Keagamaan Katolik
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Sejarah
  • Psikologi
  • Sastra Indonesia
  • Sastra Inggris

Apoteker (Profesi)

Apoteker merupakan gelar profesi bagi seseorang yang telah mengucapkan sumpah jabatan apoteker. Sebelum menempuh pendidikan profesi apoteker, seseorang harus menempuh pendidikan sarjana farmasi dengan Gelar akademik Sarjana Sains atau Sarjana Farmasi. terlebih dahulu

Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dan Konseling adalah proses interaksi antara konselor dengan konseli baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka untuk membantu konseli agar dapat mengembangkan potensi dirinya ataupun memecahkan permasalahan yang sedang dialaminya.

Farmasi

Farmasi adalah ilmu yang mempelajari segala seluk-beluk mengenai obat. Ilmu farmasi adalah terapan dari tiga bidang ilmu yaitu kedokteran, kimia, dan biologi. Ruang lingkup ilmu farmasi tak hanya berfokus pada bidang ilmu eksakta, melainkan juga pada bidang ilmu sosial seperti Manajemen Farmasi dan Farmakoekonomi.

Filsafat Keilahian

Filsafat Keilahian merupakan program studi yang mengintegrasikan disiplin ilmu filsafat dan ilmu-ilmu keilahian (“Divinity Studies”). Integrasinya dijalankan dalam metodologi, pendasaran (fondasi), sejarah, dan kontekstualisasi.

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (PBSI) atau dikenal juga dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan bidang yang mengajarkan keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan efektif, seperti keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Pendidikan Bahasa Inggris

Program studi pendidikan bahasa inggris adalah program studi yang mengajarkan mahasiswanya tentang penggunaan bahasa inggris untuk keperluan akademik atau keguruan bahasa inggris sehingga prodi ini cocok sekali bagi siswa siswi yang berminat untuk menjadi guru bahasa inggris di masa mendatang.

Pendidikan Biologi

Pendidikan Biologi adalah sebuah program studi yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga pengajar biologi yang terampil untuk tingkat pendidikan dasar hingga menengah. ... Ketika lulus nanti, gelar yang didapatkan adalah S.Pd atau Sarjana Pendidikan.

Pendidikan Ekonomi

Sesuai dengan namanya, Pendidikan Ekonomi. Nantinya materi yang dipelajari akan berhubungan dengan ilmu ekonomi dan ilmu keguruan. ... Selain itu, dalam ilmu akuntansi kita juga diajarkan tentang keuangan mulai dari pencatatan, pembuatan laporan keuangan, serta analisis keuangan.

Pendidikan Fisika

pendidikan fisika dapat diartikan sebagai suatu bentuk pembelajaran untuk memahami alam anorganik Physic dan menggunakan ilmu yang telah dipelajari dalam kaitannya dengan perilaku individu.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) adalah bidang ilmu yang memberi bekal tentang gimana caranya jadi seorang pendidik sekaligus pengajar bagi siswa-siswi Sekolah Dasar. Kamu akan mempelajari berbagai materi pelajaran.

Pendidikan Keagamaan Katolik

Pendidikan Agama Katolik adalah usaha yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memperteguh iman dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan ajaran Gereja Katolik, dengan tetap memperhatikan penghormatan terhadap agama lain dalam hubungan 

Pendidikan Matematika

Dalam pendidikan kontemporer, Pendidikan matematika adalah praktik mengajar dan belajar matematika, bersama dengan penelitian ilmiah yang terkait saat ini.

Pendidikan Sejarah

Pendidikan sejarah merupakan Pendidikan yang sanggat penting Untuk membentuk peserta didik memiliki pemikiran tentang sejarah yang tinggi, maka dalam pendidikan sejarah harus mengarah pada empat tujuan pendidikan sejarah itu sendiri. ... Mempelajari sejarah sangatlah penting untuk menjawab rasa ingin tahu manusia.

Psikologi

Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Seseorang yang melakukan praktik psikologis disebut sebagai psikolog.

Sastra Indonesia

Sastra Indonesia adalah sebuah istilah yang melingkupi berbagai macam karya sastra di Asia Tenggara. Istilah "Indonesia" sendiri mempunyai arti yang saling melengkapi terutama dalam cakupan geografi dan sejarah politik di wilayah tersebut.

Sastra Inggris

Sastra Inggris merupakan bidang ilmu yang mempelajari Bahasa Inggris dari sisi linguistik dan sastra secara mendalam.