Jurusan Ekonomi – Prosepek Kerja dan Sistematisnya

Jurusan Ekonomi – Prosepek Kerja dan Sistematisnya

Konten [Tampil]
Jurusan Ekonomi – Prosepek Kerja dan Sistematisnya

Apa itu Ekonomi?

Program studi Ekonomi, atau juga sering disebut juga Ilmu Ekonomi, merupakan salah satu program studi tertua dalam dunia pendidikan tinggi. Prodi Ekonomi mempelajari bagaimana mengalokasi sumberdaya se-optimal mungkin, dan memberikan wawasan tentang isu-isu pembangunan sosial ekonomi. Di prodi ini kamu akan di asah untuk menjadi seorang ahli ekonomi atau ekonom yang mampu menganalisa data-data statistik menjadi informasi yang bermanfaat untuk memecahkan permasalahan ekonomi, juga menganalisa hubungan sebab-akibat dari berbagai fenomena terhadap kondisi ekonomi sosial politik negara, seperti hubungan tingkat pengangguran terhadap inflasi, dan sebagainya. Dalam ilmu Ekonomi terdapat dua bagian yang akan di pelajari, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi makro lebih menekankan topik pembahasan pada situasi ekonomi global dan sebuah negara. Seperti volatilitas nilai kurs, kebijakan moneter dan fiskal, dan pembangunan infrastruktur. Sedangkan ekonomi mikro mempelajari situasi ekonomi tataran individu dan perusahaan, tentang strategi bisnisnya, dan tentu saja kinerja perusahaan.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?

Program studi Ekonomi akan sangat pas untuk kamu yang memiliki kemampuan kuantitatif yang baik, karena pastinya ilmu Ekonomi selalu berhubungan dengan matematika. Ekonomi juga pas banget untuk kamu yang kritis dan suka meneliti. Prodi ini juga cocok untuk kamu yang punya minat dalam dunia bisnis dan jual beli. Walaupun sebenarnya Ekonomi tidak sesederhana itu. Ada banyak faktor yang mempengaruhi transaksi jual beli, seperti interaksi antara penjual dan pembeli, regulasi yang membatasi gerak dalam berdagang dan sebagainya. Maka, dengan menekuni bidang ekonomi, kamu bisa menjadi pebisnis yang luwes, cepat tanggap, dan punya naluri yang tajam.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi

Program studi Ekonomi selalu menjadi prodi favorit hingga saat ini, karena sejak dulu prodi Ekonomi terkenal dengan prospek kerja lulusannya yang luas. Mulai dari ruang lingkup besar seperti negara, hingga ke ruang lingkup yang lebih kecil seperti perusahaan, selalu bersinggungan dengan aspek ekonomi. Namun sebenarnya ilmu Ekonomi sangalah luas dan banyak memiliki cabang ilmu, dan lulusan prodi Ekonomi dipersiapkan untuk menjadi analis keuangan, analis kebijakan ekonomi, perencana pertama, peneliti, dan tenaga pendidik di bidang ekonomi.

Kuliah Ekonomi kerja apa?

Secara umum, lulusan dari jurusan ekonomi dapat berkarir di bidang perbankan, akuntansi, konsultasi bisnis dan keuangan, sektor public, actuarial dan analisis data, dan masih banyak lagi.

Jurusan apa saja yang ada di fakultas ekonomi?

JURUSAN ILMU EKONOMI

  1. Ekonomi Internasional.
  2. Ekonomi Publik.
  3. Ekonomi Regional.
  4. Ekonomi Moneter.
  5. Ekonomi Pembangunan.
  6. Ekonomi Industri.
  7. Ekonomi Sumber Daya Alam & Lingkungan.
  8. Ekonomi Sumber Daya Manusia.

Fakultas ekonomi itu seperti apa?

Fakultas Ekonomi adalah semi IPA dan IPS
Penyebabnya, di fakultas ini, kamu tidak akan belajar sosial secara penuh namun juga belajar pelajaran eksak seperti matematika. Bahkan untuk akuntansi, kamu harus memiliki kemampuan di bidang matematika yang baik karena akan menghadapi pembukuan dengan penuh hitung-hitungan.

Kuliah ekonomi itu belajar apa aja sih?

Program studi Ekonomi, atau juga sering disebut juga Ilmu Ekonomi, merupakan salah satu program studi tertua dalam dunia pendidikan tinggi. Prodi Ekonomi mempelajari bagaimana mengalokasi sumberdaya se-optimal mungkin, dan memberikan wawasan tentang isu-isu pembangunan sosial ekonomi.

0 Comments