Jurusan Kedokteran USU – Kualitas Unggul Universitas Sumatera Utara

Jurusan Kedokteran USU – Kualitas Unggul Universitas Sumatera Utara

Konten [Tampil]

Jurusan Kedokteran USU – Kualitas Unggul Universitas Sumatera Utara

Fakultas Kedokteran USU ini merupakan fakultas pertama yang didirikan di USU, lho! FK USU juga bekerja sama dengan AUCMS (Alliance University College of Medical Sciences) Malaysia untuk mendidik tenaga dokter umum, dimana proses perkuliahan semester I-VI dilaksanakan di FK USU dan semester VII-VIII serta profesi dokter dilaksanakan di Malaysia.


Berapa biaya jurusan kedokteran di USU?

UKT Universitas Sumatera Utara dibagi 7 kelompok/kriteria uang kuliah kepada mahasiswa paling rendah Rp 500.000. Biaya pendidikan tertinggi untuk program regular di fakultas kedokteran mencapai Rp 6.200.000 per semester.


Berapa tahun kuliah kedokteran di USU?

Jika diambil biaya termahalnya, maka untuk kuliah kedokteran di USU, kamu perlu menyiapkan dana sebanyak Rp74,4 juta selama 6 tahun selama duduk di bangku kuliah. Hal ini merupakan biaya yang paling murah dibandingkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya yang sudah disebutkan tadi.

 

Sampai saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara telah melakukan banyak pembenahan dari seluruh komponen yang ada. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai pelaksana seluruh kegiatan yang ada di FK USU maupun pembangunan Sarana dan Prasarana dalam upaya mendukung proses belajar mengajar dilakukan secara berkesinambungan.


Perkembangan program kegiatan akademik di PSPD FK USU terus berlanjut dengan dibukanya kelas internasional pada tahun 2002, dimana lulusan PSPD FK USU merupakan 1 dari 5 program studi pendidikan dokter yang lulusannya diakui oleh   Malaysian Medical Council (MMC), yang merupakan pengakuan terhadap kualitas lulusan PSPD FK USU, dimana hal ini semakin mengukuhkan kedudukan FK USU di dunia pendidikan.


Saat terjadi perubahan kurikulum pendidikan dokter di Indonesia, yang sebelumnya adalah Kurikulum Inti Pendidikan Dokter Indonesia (KIPDI) menjadi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). PSPD FK USU dianggap siap untuk melaksanakan pendidikan KBK sejak tahun 2006 berdasarkan penilaian Kemenristekdikti, dan ini merupakan salah satu institusi yang awal melaksanakan KBK di Indonesia bagian Barat luar Pulau Jawa.


Struktur organisasi PSPD filosofi Pendidikan berubah setelah KBK, dimana perencana pendidikan dokter adalah Medical Education Unit (MEU) yang terdiri dari divisi Kurikulum, divisi Sumber Daya Manusia (SDM), divisi Laboratorium Keterampilan (Skills Lab), divisi Assessment, dan divisi Bioetik, Hukum, dan Medikolegal sesuai dengan kebijakan nasional. 


Filosofi pendidikan beralih dari teacher centered menjadi S-P-I-C-E-S (Student centered – Problem based – Integrated – Community oriented – Early clinical exposure – Systematic). Maka    strategi pembelajaran yang semula didominasi oleh didaktik (kelas besar dan berfokus pada dosen) bergeser menjadi berfokus pada mahasiswa dengan metode pembelajaran Tutorial (kelas kecil), Skills Lab, Pleno, meskipun masih ada kelas besar dengan proporsi terbatas.


Dengan demikian, sarana prasarana juga mengikuti perubahan. Rasio mahasiswa terhadap sarana prasarana termasuk ruang tutorial untuk kelas-kelas kecil, ruang labooratorium keterampilan, computer, dan rasio dosen terhadap mahasiswa juga mengalami perubahan sesuai dengan Standar Pendidikan Dokter Indonesia, dan dalam upaya capaian pembelajaran yang tercantum di dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia.  


Tahun 2000, Badan Akreditasi Nasional Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia memberikan Akreditasi A kepada PSPD FK USU, dan sempat turun menjadi Akreditasi B selama beberapa tahun. Namun dengan kerja keras semua fihak, peringkat akreditasi A direbut kembali hingga saat ini masih terus dipertahankan PSPD FK USU.

 

Visi Misi Fakultas Kedokteran USU

VISI

Mewujudkan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara menjadi institusi penyelenggara pendidikan kedokteran yang bermutu pada tahun 2021, menuju centre of excellence kedokteran tropis dan onkologi di Indonesia dalam mendukung visi Universitas Sumatera Utara menjadi lembaga pendidikan dengan bidang unggulan kompetitif TALENTA.


MISI

Meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan konsisten, efektif dan efesien, serta sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, dengan tatakelola organisasi dan system penjaminan mutu yang baik.


Menghasilkan lulusan yang menjadi pelaku perubahan sebagai kekuatan modernisasi dalam kehidupan masyarakat luas, yang memiliki kompetensi keilmuan, relevansi, dan daya saing yang kuat serta berperilaku kecendekiawanan yang professional dan beretika dalam bingkai inter professional education/ collaboration.


Memusatkan pendalaman pengetahuan dan keterampilan lulusan dengan penguatan pada kedokteran tropis, khususnya pada pelayanan Kesehatan primer.


Meningkatkan, serta melengkapi sarana dan prasarana yang memperkuat proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, dalam mendukung tercapainya visi FK USU.


Mewujudkan kepemimpinan publik melalui kebermanfaatan penelitian yang berorientasi produk, serta pengabdian kepada masyarakat yang memberi dampak pada epidemiologi terutama penyakit penyakit tropis di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan.


Mewujudkan fakultas yang mandiri dan profesional dalam pengelolaan dan pengembangan institusi serta membangun kerjasama dengan institusi lain yang berada di dalam maupun luar negeri terutama di bidang kedokteran tropis.


Program Studi yang ada di Fakultas Kedokteran USU

Profesi

1. Profesi Dokter (A)

 

Program Sarjana (S1)

Pendidikan Dokter (A)

1. Onkologi

2. Tropical Medicine

3. Special Sense System

4. Basic Biomedical Science

5. Reproductive System

6. Ilmu Bedah & ATLS

7. Praktik Klinis Radiologi

8. Praktik Klinis Neurologi

9. Pre-internship Gawat Darurat

10. Praktik Klinis Psikiatri

 

Program Master (S2)

1. Ilmu Biomedik (A)

 

Program Doktoral (S3)

1. Ilmu Kedokteran (A)

 

Spesialis

1. Ilmu Penyakit Dalam (A)

2. Ilmu Kesehatan Anak (A)

3. Dermatologi dan Venereologi (A)

4. Ilmu Kedokteran Jiwa (A)

5. Ilmu Kesehatan Mata (B)

6. Bedah Orthopaedi & Traumatologi (A)

7. Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala dan Leher (A)

8. Patologi Anatomik (A)

9. Forensik dan Medikolegal (B)

10. Ilmu Bedah (A)

11. Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah (A)

12. Anestesiologi dan Terapi Intensif (A)

13. Ilmu Bedah Saraf (A)

14. Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (A)

15. Neurologi (A)

16. Obstetri dan Ginekologi (A)

17. Patologi Klinik (A)

0 Comments