Jurusan Kedokteran UGM – Dengan Kualitas Unggul dan Terbaik

Jurusan Kedokteran UGM – Dengan Kualitas Unggul dan Terbaik

Konten [Tampil]

Jurusan Kedokteran UGM – Dengan Kualitas Unggul dan Terbaik


Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada merupakan Fakultas Kedokteran tertua yang berdiri pada tanggal 5 Maret 1946.


Apa itu program studi kedokteran?

Program studi Pendidikan Dokter (atau lebih dikenal dengan Kedokteran) adalah salah satu prodi yang tiap tahun selalu banyak peminatnya. Di prodi ini kamu akan mempelajari ilmu medis, bagaimana memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit.

 

Berapa tahun kuliah kedokteran di UGM?

Pada program ini, mahasiswa diberi jangka waktu studi selama 3,5 tahun. Selama itu, mahasiswa memiliki beban studi 156 SKS termasuk skripsi. Setelah lulus, mahasiswa akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S. Ked)

 

Berapa uang masuk kedokteran UGM?

UKT kelompok 1 sebesar Rp 500.000 per semester. UKT kelompok 2 sebesar Rp 1.000.000 per semester. UKT kelompok 3 sebesar Rp 8.870.000 per semester. UKT kelompok 4 sebesar Rp 19.160.000 per semester.

 

Di usia 67 tahun pada tahun 2013 ini. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada memiliki visi dan misi yang tidak bisa dipisahkan dengan Visi dan Misi Universitas Gadjah Mada, yaitu menjadi Fakultas Kedokteran berkelas dunia, inovatif dan unggul mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

 

Tata kelola fakultas yang baik, transparan dan akuntabel merupakan hal yang sangat penting saat ini. Karena itu rencana strategis dan rencana operasional fakultas ditetapkan untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, yang merupakan panduan agar fokus pada tujuan dan dapat mengembangkan  program prioritas yang komprehensif, terpadu, efektif dan efisien.

 

Upaya-upaya sinergis yang ditempuh antara lain melalui akselerasi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada sebagai institusi pembelajaran berbasis riset, yang memiliki reputasi internasional di bidang pendidikan, riset dasar, klinik maupun translasional  dan pengabdian masyarakat yang berkesinambungan.

 

Pertumbuhan mahasiswa yang terdaftar di tingkat Pascasarjana menjadikan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada sebagai fakultas pengelola program pascasarjana terkemuka di Indonesia. Lebih dari 6000 orang mahasiswa sarjana dan pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada focus pada kegiatan akademik, sehingga diharapkan kedepannya dapat menjadi profesional dan ilmuwan yang mumpuni untuk memberikan perkembangan yang terbaik bagi bangsa dan Negara Republik Indonesia. 

 

Civitas akademika Fakultas Kedokteran telah mencapai prestasi besar dalam penelitian kesehatan dan terus meningkatkan upaya untuk melakukan publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional. Bersama dengan para mitra, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada bertekad untuk mengembangkan strategi yang lebih baik agar “fakultas akademik-penelitian” ini dapat membuat lompatan yang lebih tinggi lagi di masa yang akan datang.

 

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada memiliki tekad yang kuat untuk menjadi institusi yang diakui secara global tetapi tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya lokal dan nasional (local wisdom). Usaha itu ditempuh dengan menciptakan keseimbangan yang dinamis antara atmosfer akademik dan kehidupan kampus.

 

Visi Misi Fakultas Kedokteran UGM 

Visi

Menjadi Fakultas Kedokteran berstandar internasional yang inovatif dan unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila

 

Misi

Meningkatkan status kesehatan masyarakat melalui  kegiatan  pendidikan, penelitian, pengabdian, dan  pelayanan yang unggul, berlandaskan kearifan lokal, etika, profesionalisme dan keilmuan berbasis bukti.

 

Program studi yang ada di fakultas kedokteran UGM

 

Tingkat Sarjana

1. Pendidikan Dokter

2. Ilmu Keperawatan

3. Gizi Kesehatan

 

Pasca Sarjan

Dokter Spesialis

1. Anestesi dan reanimasi

2. Ilmu Bedah

3. Bedah Anak

4. Bedah Syaraf

5. Ilmu Kedokteran Forensik dan Mediko Legal

6. Ilmu Kedokteran Jiwa

7. Ilmu Kesehatan Anak

8. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin

9. Ilmu Kesehatan THT-KL

10. Ilmu Kesehatan Penyakit Mata

11. Ilmu Penyakit Dalam

12. Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

13. Ilmu Penyakit Saraf/Nerologi

14. Mikrobiologi Klinik

15. Orthopaedi dan Traumatologi

16. Obstetri dan Ginekologi

17. Patologi Anatomi

18. Patologi Klinik

19. Radiologi

20. Urologi


Master

1. Ilmu Kedokteran Dasar

2. Ilmu Kedokteran Klinik

3. Ilmu Kedokteran Tropis

4. Ilmu Kesehatan Masyarakat

5. Ilmu Pendidikan Kedokteran

6. Keperawatan

 

Doktor

1. Ilmu Kedokteran dan Kesehatan

 

Untuk kepentingan informasi lebih lanjut dapat menghubungi yang ada di bawah ini

Jl. Farmako Sekip Utara, Yogyakarta 55281

Telpon : +62 274 560 300

Faks : +62 274 548 846

Website : http://fk.ugm.ac.id

Email : fku@ugm.ac.id