UNJ PGSD – Universitas Negeri Jakarta Program Studi PGSD

UNJ PGSD – Universitas Negeri Jakarta Program Studi PGSD

Konten [Tampil]

UNJ PGSD – Universitas Negeri Jakarta Program Studi PGSD

Di jurusan PGSD, kamu bakal mempelajari semua materi pelajaran SD seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pkn, IPS, IPA, Kesenian, dan sebagainya. 

Selain pemahaman akademis, kamu juga dituntut untuk memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti sikap santun, disiplin, pintar, dan berjiwa sosial.

Nah, diantara program-program pemerintah tersebut, guru Sekolah Dasar biasanya adalah tenaga pendidik yang paling banyak dibutuhkan. Kesadaran akan peluang pekerjaan inilah yang turut meningkatkan jumlah peminat dan pendaftar pada Jurusan PGSD.

Visi

Pada tahun 2017 lalu menjadi lembaga pendidikan penghasil guru Sekolah Dasar yang bermoral, inovatif, dan demokratis serta unggul di era globalisasi berdasarkan Pancasila.

Misi

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang berkarakter, inovatif dan berkompetensi serta mewujudkan program pemerataan pendidikan sebagai tanggung jawab sosial lembaga.
  • Meningkatkan budaya akademik di lingkungan civitas akademika melalui berbagai kegiatan penelitian skala nasional dan internasional.
  • Menjalin kemitraan dengan stakeholders dan lembaga lain baik nasional maupun internasional dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta mengembangkan sikap positif terhadap lingkungan masyarakat agar sehat dan sejahtera.
  • Mewujudkan pengelolaan lembaga yang transparan, akuntabel dan kredibel.

Profil Lulusan

  • Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD –Teacher Primary Education) jenjang sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memiliki keahlian sebagai:
  • Tenaga Pendidik di SD yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi   dan mengembangkan pendidikan berdasar keilmuan, berkarakter, inovatif, dan memiliki wawasan luas yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  • Peneliti Pemula yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran, serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  • Praktisi Pendidikan di SD yang berperan sebagai pembimbing,  pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dan sumber belajar serta pendidik di jalur non formal setara sekolah dasar. 

Kuliah pgsd apa saja yang di pelajari?

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai visi menjadi progam studi unggul dalam menghasilkan calon guru SD yang berdasarkan ada (1) etika dan nilai-nilai moral, (2) sains dan teknologi, serta (3) inovasi pendidikan.

Lulusan PGSD bisa kerja apa?

Sesuai dengan jurusannya, sarjana PGSD memiliki peluang besar untuk menjadi seorang pengajar di Sekolah Dasar (SD) seperti di sekolah negeri, sekolah swasta maupun menjadi guru honorer.

Informasi selengkapnya kunjungi webiste resminya di UNJ PGSD

0 Comments