STAN dimana? STAN Jurusan dan Program Studi

STAN dimana? STAN Jurusan dan Program Studi

Konten [Tampil]

 

STAN dimana? STAN Jurusan dan Daftar Fakultas

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara( PKN STAN) merupakan pendidikan tinggi kedinasan di dasar Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Departemen Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI Nomor. 45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI Nomor. 12 Tahun 1967 dan dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor. 1/ PMK/ 1977 bertepatan pada 18 Februari 1977.

STAN dimana?

Di Jakarta saja, PKN STAN mempunyai 2 kampus ialah di Jalur Purnawarman, Jakarta Selatan serta di Rawamangun, Jakarta Timur, ditambah satu posisi yang jadi posisi kampus pusat PKN STAN ialah Bintaro, Jurangmangu Timur.

Untuk Program Studi Diploma I lama pendidikannya satu tahun( 2 semester), bertempat di Kampus PKN STAN Jakarta serta di Balai Diklat Keuangan yang ada di 8 wilayah, ialah di Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi serta Manado. Untuk Prodgram Studi Diploma III lama pendidikannya 3 tahun( 6 semester), bertempat hanya di Kampus PKN STAN Jakarta.

Sepanjang pembelajaran, mahasiswa tidak dipungut bayaran pembelajaran serta tidak diasramakan. Pembelajaran PKN STAN mengenakan sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor. 289/ KMK. 014/ 2004 bertepatan pada 14 Juni 2004 tentang Syarat Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Area Kementerian Keuangan RI.

Sehabis lulus dari PKN STAN, para alumni PKN STAN kan mengikuti Test Kemampuan Dasar( TKD) yang diselengarakan oleh BKN dengan peluang optimal 3 kali test, setelah itu bila lulus TKD hingga para lulusan PKN- STAN hendak diangkat menjadi Calon Pegawai Negara Sipil( CPNS) serta ditempatkan di instansi- instansi dalam area Departemen Keuangan RI serta instansi- instansi pemerintah yang lain, baik di pusat ataupun di wilayah, sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

Program studi yang diselenggarakan oleh PKN STAN buat lulusan SMA, Madrasah Aliyah serta Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) merupakan pendidikan Program Studi Diploma I serta III dengan jurusan/ program studi sebagai berikut:

Program Studi

  1. Program Studi Diploma III/ IV Akuntansi
  2. Program Studi Diploma I/ III Pajak
  3. Program Studi Diploma III Penilai/ Pajak Bumi dan Bangunan
  4. Program Studi Diploma I/ III Kepabeanan dan Cukai
  5. Program Studi Diploma I/ III Kebendaharaan Negara
  6. Program Studi Diploma III Manajemen Aset

1. Program Riset Diploma III/ IV Akuntansi

Program Studi Diploma 3 Akuntansi merupakan program studi yang menciptakan Pakar Madya Akuntansi yang handal dengan mempunyai keahlian bidang akuntansi keuangan bisnis serta perpajakan berbasis teknologi data.

2. Program Studi Diploma I/ III Pajak

Jurusan perpajakan akan belajar menimpa perihal tentang perpajakan, semacam undang- undang perpajakan, Pajak Pertambahan Nilai( PPN), Pajak pemasukan( pph), perhitungan sampai pemungutannya serta modul yang lain. Karena sebagian besar lulusan Pajak PKN STAN hendak bekerja dibawah naungan Direktorat Jenderal Pajak( DJP).

3. Program Studi Diploma III Penilai/ Pajak Bumi dan Bangunan

Program ini dimaksudkan untuk mendidik mahasiswa supaya mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan serta perilaku sehingga menjadi tenaga pakar madya yang kompeten serta sanggup bekerja selaku pejabat fungsional penilai PBB.

4. Program Studi Diploma I/ III Kepabeanan dan Cukai

Kepabeanan dan Cukai Merupakan salah satu jurusan yang terdapat di PKN STAN, kepabeanan merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas kemudian lintas benda yang masuk ataupun keluar wilayah pabean dan pemungutan bea masuk serta bea keluar, serta cukai merupakan pungutan negeri yang dikenakan terhadap beberapa barang tertentu yang memiliki watak ataupun ciri yang diresmikan dalam undang- undang.

5. Program Studi Diploma I/ III Kebendaharaan Negara

Kebendaharaan negeri merupakan sesuatu ilmu yang menekuni hal- hal terpaut kepengurusan keuangan negeri. Dari perencanaan, penerapan serta pelaporan atas pemakaian uang Negara.

6. Program Studi Diploma III Manajemen Aset

Manajemen aset merupakan proses untuk mengelola permintaan serta akuisisi panduan, pemakaian serta penjualan aset untuk menggunakan kemampuan layanan, serta mengelola resiko serta bayaran seumur hidup aset.

Sebaliknya program studi non- reguler yang diselenggarakan oleh PKN STAN merupakan:

program studi non- reguler

  1. Program Studi Diploma IV Akuntansi( Tugas Belajar)
  2. Program Riset Diploma III Akuntansi dengan Kurikulum Khusus
  3. Program Studi Diploma III Pajak dengan Kurikulum Khusus

1. Program Studi Diploma IV Akuntansi( Tugas Belajar)

Program Studi Diploma 4 Akuntansi merupakan program riset yang menciptakan Pakar Madya Akuntansi yang handal dengan mempunyai keahlian bidang akuntansi keuangan bisnis serta perpajakan berbasis teknologi data.

2. Program Riset Diploma III Akuntansi dengan Kurikulum Khusus

Program Riset Diploma 3 Akuntansi merupakan program riset yang menciptakan Pakar Madya Akuntansi yang handal dengan mempunyai keahlian bidang akuntansi keuangan bisnis serta perpajakan berbasis teknologi data. Cuma dalam pelajarannya yang membedakan itu dalam mata kuliahnya yang ini spesial tanpa kombinasi dari yang lain ataupun dari mata kuliah sebelumnya

3. Program Studi Diploma III Pajak dengan Kurikulum Khusus

Program ini dimaksudkan untuk mendidik mahasiswa supaya sanggup meningkatkan pengetahuan, ketrampilan serta perilaku sehingga jadi tenaga pakar madya yang kompeten serta sanggup bekerja selaku pejabat fungsional penilai PBB. Cuma dalam pelajarannya yang membedakan itu dalam mata kuliahnya yang ini spesial tanpa kombinasi dari yang lain ataupun dari mata kuliah tadinya

0 Comments