Institut Teknologi Indonesia – Daftar Program Studi Serta Penjelasannya

Institut Teknologi Indonesia – Daftar Program Studi Serta Penjelasannya

Konten [Tampil]
Institut Teknologi Indonesia – Daftar Program Studi Serta Penjelasannya

Institut Teknologi Indonesia adalah perguruan tinggi swasta yang dibentuk oleh Persatuan Insinyur Indonesia melalui Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia untk memenuhi kebutuhan tenaga insinyur teknik di Indonesia pada 2 Juni 1984. Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI) ini dipimpin oleh Prof.Dr. Ing. B.J. Habibie selaku Ketua Dewan Pembina YPTI.

ITI berlokasi di Setu, Tangerang Selatan, Provinsi Banten yang kental dengan suasana teknologinya karena berdekatan dengan kawasan strategis kota dari sudut kepentingan pendayagunaan sumber daya alam dan/atau teknologi tinggi Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Serpong.

Program Studi

Program Studi yang berada di Institut Teknologi Indonesia adalah

Program Sarjana (S1) 

  1. Teknik Elektro
  2. Teknik Mesin
  3. Teknik Industri
  4. Teknik Kimia
  5. Teknik Informatika
  6. Teknik Sipil
  7. Arsitektur
  8. Perencanaan Wilayah dan Kota
  9. Teknologi Industri Pertanian
  10. Manajemen

Teknik Elektro

Program Studi S1 Teknik Elektro mengembangkan sebuah program pendidikan berkualitas yang mampu mempersiapkan sarjana teknik elektro yang memiliki pengetahuan cukup dan mampu mengembangkan keahliannya dalam mengikuti kemajuan ilmu dan kebutuhan masyarakat.

Teknik Mesin

Teknik Mesin S1 merupakan salah satu Program Studi non kependidikan yang terbaru yang ada di Jurusan Teknik Mesin. Program studi yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di bidang industri maupun di bidang IPTEKS.

Teknik Industri

Teknik Industri adalah suatu bidang keilmuan yang mempelajari bagaimana merancang, mengatur dan mengaplikasikan semua faktor-faktor seperti manusia, mesin, metode, material, lingkungan menjadi suatu sistem dalam lingkup yang berhubungan dengan fungsi pabrik, seperti penelitian dasar, penelitian operasional

Teknik Kimia

Program studi Teknik Kimia S1 lahir pada tanggal 3 Agustus 2012 sesuai dengan SK penyelenggaraan dari dikti No. 266/E/O/2012. Konsentrasi Prodi Teknik Kimia S1 adalah “Teknologi Pengolahan Sumber Alam Terbarukan Indonesia menjadi Bahan kimia bernilai tinggi (fine chemical)”.

Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan bidang ilmu yang mempelajari perencanaan/perancangan, manufaktur, manajemen/pengelolaan, dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan.

Arsitektur

Secara sederhana, jurusan ini merupakan jurusan teknik yang berhubungan dengan desain bangunan. Kalau kamu punya pasion di ranah desain, bangunan, dan arsitektur, maka kamu bisa mengambil jurusan kuliah satu ini

Perencanaan Wilayah dan Kota

Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Teknik Planologi, merupakan salah satu program studi di SAPPK-ITB, berdiri pada tanggal 14 September 1959. PWK adalah program studi yang berkaitan dengan berbagai bidang ilmu yang lain, baik ilmu keteknikan maupun sosial ekonomi.

Teknologi Industri Pertanian

Program Studi Teknologi Industri Pertanian bertujuan untuk menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu mengintegrasikan aspek teknologi manajerial, teknik, dan pengolahan sistem agroindustri secara optimal.

Management

Manajemen merupakan program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.

Program Diploma (D3) 

  1. Teknik Mesin Otomotif

Teknik Mesin Otomotif

Program Studi Teknik mesin Diploma tiga adalah Program Vokasi yang melahirkan Ahli madia yang siap pakai dalam bidang Teknik Otomotif, Teknik Produksi dan Teknik Perawatan & perbaikan mesin Industri.

0 Comments