Cara Membuat Akun LTMPT Untuk Mendaftar SBMPTN 2021

Cara Membuat Akun LTMPT Untuk Mendaftar SBMPTN 2021

Konten [Tampil]

 Penulis: Chosmas Marzuki | Editor: Chosmas Marzuki

Cara Membuat Akun LTMPT Untuk Mendaftar SBMPTN 2021

Setelah pendaftaran SNMPTN ditutup pada 24 Februari 2021, kini giliran para pejuang yang masuk PTN untuk bersiap menjajaki Seleksi BersamaMasuk Pergurua Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Memiliki akun LTMPT menjadi salah satu syarat wajib bagi peserta yang ingin mendalami SBMPTN 2021.

 

Meluncur ke laman LTMPT, pendaftaran akun LTMPT untuk persyaratan masuk SBMPTN akan ditutup pada 12 Maret 2021, setelah dibuka pada 7 Februari 2021. Awas! Untuk menjajaki UTBK-SBMPTN 2021 wajib memiliki akun LTMPT dan sudah difinalisasi.

 

Cara Pendaftaran LTMPT 2021

Metode pendaftaran LTMPT mengimbau calon mahasiswa pascasarjana tahun 2019, 2020, dan 2021 untuk segera mendaftar akun LTMPT. Untuk siswa gap year atau yang sudah memiliki akun, mereka dapat menggunakan akun lama.

 

Namun, jika mereka tidak dapat masuk atau nama pengguna mereka tidak dapat ditemukan, mereka dapat membuat akun baru dengan mengklik "Daftar di sini". Ini dapat diterapkan untuk mahasiswa pascasarjana tahun 2019 dan 2020 yang telah login tetapi tidak punya waktu untuk menyimpannya secara permanen. Pendaftaran akun LTMPT untuk penDaftar SBMPTN juga dapat dicoba oleh siswa yang tidak berhak mengikuti SNMPTN.

 

Daftarkan akun LTMPT, buat Daftar SBMPTN

Setelah itu apabila ditemukan kesalahan dalam penyusunan atau misinformasi mahasiswa pascasarjana tahun 2019 dan 2020 dapat diatasi dengan melakukan verifikasi dan validasi informasi alumni di taman-taman berikut:

https://pd.data.kemendikbud.go.id/

Tunggu pembaruan untuk dicoba oleh Pusdatin. Setelah itu, klik tombol "Perbarui Informasi" pada akun LTMPT Anda secara teratur.

 

Cara membuat akun LTMPT untuk mendaftar SBMPTN 2021

  1. Mendaftar untuk akun LTMPT dapat dicoba di portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id/registrasi/siswa   
  2. Untuk mendapatkan akun pelajar di LTMPT, masukkan campuran NISN, NPSN, dan bertepatan saat lahir.
  3. Pelajar asing yang berasal dari sekolah non-SRI (Sekolah Rakyat Indonesia) dapat menggunakan NPSN 69999999.
  4. Di taman, setelah masuk NISN, NPSN, dan bertepatan dengan kelahiran Anda, klik "next". Setelah itu masukkan email dan password aktif Anda.
  5. Ini akan digunakan untuk verifikasi akun. Setelah itu klik tombol "Notes", notifikasi aktivasi akun akan muncul.
  6. Selanjutnya, buka kotak masuk/email spam Anda dan aktifkan akun Anda. Setelah akun aktif, login ke https://portalpark.ltmpt.ac.id.
  7. Verifikasi informasi siswa

 

Berikut Metode Verifikasi Informasi Siswa

  1. Masuk ke taman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  2. Secara otomatis akan ditampilkan di dashboard portal LTMPT. Menu pilihan Verifikasi dan Validasi Informasi Sekolah atau Siswa (Verval).
  3. Di taman verifikasi informasi siswa, periksa informasi dengan cermat. Isi form NIK, agama, alamat, nomor telepon, dan informasi.
  4. Jika ada informasi yang salah, lakukan perubahan melalui sekolah. Setelah itu, tekan tombol Perbarui Informasi. Tekan tombol Berikutnya, pindahkan ke taman verifikasi sejarah sekolah.
  5. Periksa validitas informasinya, dan jika ada kesalahan Anda dapat melanjutkan revisi melalui sekolah dan tekan tombol Update Information.
  6. Tekan tombol Berikutnya, pindah ke taman mengunggah gambar paspor. Di taman ini, unggah foto terbaru yang sesuai dengan persyaratan.
  7. Tekan tombol Berikutnya, pindah ke taman penyesuaian gambar. Tekan tombol Berikutnya, pindahkan ke taman konfirmasi informasi.
  8. Pastikan informasinya benar. Jika Anda yakin, periksa pernyataan tersebut dan tekan tombol Simpan Secara Permanen
  9. Setelah ditempatkan secara permanen, informasi tersebut tidak dapat diganti. Setelah itu, unduh fakta permanen dengan mengklik tombol merah.
  10. Jaga bukti tetap permanen, jangan biarkan bukti itu hilang.

0 Comments