Jurusan Universitas Palembang Yang Paling Banyak Diminati

Jurusan Universitas Palembang Yang Paling Banyak Diminati

Konten [Tampil]

 

Jurusan Universitas Palembang Yang Paling Banyak Diminati

Jurusan Universitas Palembang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Palembang yang berdiri sejak tahun 1982. Kampus ini terletak di kawasan yang strategis yaitu di Bukit Lama Palembang. Lokasi kampus sangat dekat dengan Bukit Siguntang, Jembatan Musi 2, dan Istana Gubernur Sumatera Selatan Griya Agung. Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan di kampus ini, berikut adalah review dari beberapa jurusan yang ada di Universitas Palembang.

 

Manajemen Perusahaan

Ilmu Manajemen perusahaan ini merupakan program studi dari Fakultas Ekonomi. Jurusan ini terbagi menjadi 3 konsentrasi yaitu konsentrasi sumber daya manusia, konsentrasi pemasaran, dan konsentrasi keuangan. Fakultas Ekonomi Unpal memiliki visi yaitu menjadi fakultas ekonomi terkemuka yang berwawasan kewirausahaan dalam mendukung pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Sedangkan misi umum fakultas ini adalah “melaksanakan proses pembelajaran, mengembangkan dan menambah sumber belajar, serta melaksanakan kegiatan organisasi dan kemahasiswaan”.

 

Program studi ini juga mempunyai tujuan untuk menghasilkan lulusan yang handal di bidang ekonomi khususnya di bidang manajemen perusahaan. Fakultas dan program studi telah memperoleh status Terdaftar pada tahun 1985.

 

Ilmu Hukum

Program studi di tingkat sarjana ini merupakan satu-satunya program studi dari Fakultas Hukum di kampus Unpal. Program studi ini memiliki 3 kegiatan laboratorium yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan ketrampilan hukum
  2. Terbitkan majalah ilmiah berjudul 'SOLUSI'
  3. Bekerja sama dengan instansi lain

 

Hukum sendiri merupakan sistem terpenting dalam pelaksanaan rangkaian kekuasaan kelembagaan dari penyalahgunaan kekuasaan di bidang politik, ekonomi, dan kemasyarakatan dengan berbagai cara dan tindakan.

 

Hukum dibedakan menjadi beberapa bidang, antara lain hukum pidana / hukum publik, hukum perdata / privat, hukum acara, hukum tata negara, hukum administrasi negara / hukum administrasi negara, hukum internasional, hukum adat, hukum agraria, hukum bisnis, dan hukum lingkungan.

 

Apakah Anda tertarik untuk mempelajari ilmu ini lebih lanjut? Pilih Fakultas Hukum dengan Program Studi Hukum, tentunya di Universitas Palembang.

 

Budi Daya Pertanian

Jurusan atau program studi ini merupakan cabang dari Fakultas Pertanian. Pertanian adalah serangkaian kegiatan yang mengubah lingkungan untuk produksi hewan dan tumbuhan untuk digunakan manusia. Ilmu ini meliputi budidaya tumbuhan dan hewan baik di darat maupun di laut.

 

Ilmu pertanian bertujuan untuk memberi makan populasi dunia sambil mencegah masalah keamanan hayati yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia dan lingkungan. Ini membutuhkan pengelolaan sumber daya alam yang baik dan penghargaan terhadap lingkungan.

 

Hama dan Penyakit Tumbuhan

Jurusan selanjutnya masih merupakan cabang dari Fakultas Pertanian. Ilmu ini secara khusus mempelajari hama dan penyakit pada tumbuhan. Hama merupakan organisme yang dianggap merugikan dan tidak diinginkan dalam aktivitas manusia sehari-hari. Meskipun dapat digunakan untuk semua organisme, dalam praktiknya istilah ini paling sering digunakan hanya untuk hewan.

 

Namun di bidang pertanian, hama adalah organisme pengganggu tumbuhan yang menyebabkan kerusakan fisik, termasuk semua hewan yang menyebabkan kerugian di bidang pertanian. Beberapa contoh hama yang dapat mengganggu pertanian antara lain tikus, babi hutan, ulat, wereng, dan banyak lagi lainnya.

 

Selain mempelajari tentang hama yang merusak pertanian, ilmu ini juga mempelajari penyakit pada tumbuhan. Ilmu yang mempelajari tentang penyakit tanaman meliputi studi tentang penyebab penyakit, interaksi antara penyebab penyakit pada tanaman inang dan lingkungan, serta studi fisiologi tanaman yang sakit.

 

Berdasarkan penyebabnya, penyakit pada tanaman dikelompokkan menjadi penyakit yang disebabkan oleh penyebab tidak hidup (abiotik), penyakit tidak menular, dan penyakit yang disebabkan oleh penyebab hidup (biotik) bersifat menular.

 

Penyebab penyakit akibat antibiotik adalah kekurangan zat gizi, suhu yang tidak stabil, polusi. Sedangkan penyakit tumbuhan biotik meliputi cendawan (fungi), bakteri, fitoplasma, virus, dan tumbuhan parasit.

 

Ingin tahu lebih banyak tentang ilmu ini? Kemudian memilih Program Studi Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Palembang.

 

Teknik Sipil

Teknik sipil tentu saja tersedia di Fakultas Teknik. Teknik Sipil adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi, yang di sini tidak hanya berlaku untuk bangunan dan infrastruktur tetapi juga mencakup lingkungan untuk kesejahteraan manusia. Teknik Sipil memiliki beberapa cabang, diantaranya:

 

Struktural

Pelajari tentang masalah struktural dari bahan yang digunakan untuk konstruksi

 

Geoteknik

Mempelajari struktur dan sifat berbagai tanah dan batuan penyangga bangunan di atasnya.

 

Manajemen konstruksi

Mempelajari masalah dalam proyek konstruksi.

 

Hidrologi

Pelajari tentang masalah dan isu lingkungan.

 

Angkutan

Pelajari tentang sistem transportasi dalam pelaksanaan dan perencanaannya

 

Informatika teknik sipil

Pelajari tentang aplikasi komputer untuk perhitungan / kapitalisasi sistem dalam proyek pengembangan atau penelitian.

 

 

Teknik Elektro

Jurusan terakhir ini masih merupakan program studi dari Fakultas Teknik yaitu Teknik Elektro. Teknik kelistrikan adalah bidang teknik yang mempelajari aplikasi kelistrikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

 

Ilmu ini menyangkut konsep, desain, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan masyarakat. Lulusan dari program studi ini akan menjadi insinyur kelistrikan profesional yang berperan penting dalam mengembangkan dan memajukan teknologi tinggi di dunia komputer, laser, eksplorasi ruang angkasa, telekomunikasi, energi, dan aplikasi perangkat dan sistem elektronik lainnya.

 

Kegunaan utama listrik ada 2, antara lain: alat untuk menyalurkan tenaga listrik dari satu tempat ke tempat lain, dan sebagai alat penyampai informasi. Dalam kehidupan sehari-hari, listrik memegang peranan yang sangat penting. Bisa dibayangkan jika di dunia ini tidak ada listrik, maka kita akan hidup dalam kegelapan.

 

Tidak ada lampu, tidak ada televisi, bahkan semua alat komunikasi tetap membutuhkan listrik. Mengingat betapa pentingnya peran listrik dalam kehidupan kita, keberadaan seorang insinyur kelistrikan akan sangat bermanfaat bagi banyak orang.