UST JOGJA – Daftar Fakultas dan Program Studi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

UST JOGJA – Daftar Fakultas dan Program Studi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Konten [Tampil]
UST JOGJA – Daftar Fakultas dan Program Studi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) berdiri tahun 1955 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas ini memiliki komitmen dalam pengembangan Catur Dharmya Perguruan Tinggi dan mengembangkan ajaran Kemandirian, Kemerdekaan dan Kebangsaan sesuai cita-cita pendiri UST yaitu Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara.

Ki Hadjar Dewantara (KHD) mendirikan Perguruan Tamansiswa pada pada tanggal 3 Juli 1922. Pada awalnya pendidikan yang diselenggarakan Perguruan Tamansiswa adalah Taman Indria (TK), berikutnya Taman Muda (SD), Taman Dewasa (SMP), Taman Guru (SPG), Taman Karya (SMK), dan Taman Madya (SMA). Tiga puluh tiga tahun kemudian, tanggal 15 November 1955 Ki Hadjar Dewantara mendirikan Taman Prasarjana yang kemudian menjadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Fakultas dan Program Studi

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta memiliki 5 fakultas

Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis

Fakultas Ekonomi

Program studi Ekonomi, atau juga sering disebut juga Ilmu Ekonomi, merupakan salah satu program studi tertua dalam dunia pendidikan tinggi. Prodi Ekonomi mempelajari bagaimana mengalokasi sumberdaya se-optimal mungkin, dan memberikan wawasan tentang isu-isu pembangunan sosial ekonomi.

  1. Akuntansi
  2. Manajemen

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) adalah salah satu fakultas yang menyediakan layanan pendidikan bagi para mahasiswa yang telah bekerja sebagai guru (in-service training) atau tenaga pendidik lainnya.

  1. Pendidikan Bahasa Indonesia
  2. Pendidikan Bahasa Inggris
  3. Fisika
  4. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  5. Kesejahteraan Sosial
  6. Pendidikan Matematika
  7. Seni Rupa
  8. Teknik Mesin

Fakultas Psikologi

Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia. Program studi ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan manusia. Ilmu psikologi ini seringkali digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam serangkaian aktivitas manusia yang kompleks. Ilmu Psikologi sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial. Prodi Psikologi di beberapa perguruan tinggi tergolong dalam kategori saintek, dan di beberapa perguruan tinggi lainnya tergolong dalam kategori soshum.

  1. Psikologi

Fakultas Teknik

Fakultas Teknik adalah cara sistematis mengajarkan sesuatu. Teknik merupakan suatu kiat, siasat, atau penemuan yang digunakan untuk menyelesaikan serta menyempurnakan suatu tujuan langsung. Teknik adalah metode atau sistem mengerjakan sesuatu, dalam proses belajar mengajar teknik harus konsisten dengan metode.

  1. Teknik Industri
  2. Teknik Sipil
  3. Program Pascasarjana
  4. Pendidikan Bahasa Inggris
  5. Keguruan & Pendidikan

Pascasarjana

Fakultas Pascasarjana memiliki 4 program studi yaitu,

  1. Program Studi Magister Manajemen,
  2. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan,
  3. Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dan
  4. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris. 

0 Comments