Indonesia Banking School – Daftar Program Studi

Indonesia Banking School – Daftar Program Studi

Konten [Tampil]

 

Indonesia Banking School – Daftar Program Studi

Indonesia Banking School (IBS) secara resmi beroperasi sejak tahun 2004, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 37/D/O/2003. Pendirian IBS merupakan pengembangan dari Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), lembaga nirlaba yang memberikan jasa kepada perbankan dan masyarakat dalam membentuk tenaga bankir profesional. Secara historis LPPI sudah berperan lebih dari 50 tahun, cikal bakalnya didirikan sejak tahun 1950-an. Nama dan kegiatan lembaga ini sempat mengalami beberapa perubahan, dimulai dari Akademi Bank, Pendidikan Tinggi Ilmu Keuangan khususnya Perbankan (PTIKP), Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dan Institut Bankir Indonesia (IBI). Namun sejak tahun 2004 lembaga ini kembali melakukan kegiatannya dengan nama LPPI lagi.

Pada saat berkuliah di MM sebagian besar merupakan karyawan bank, antara lain Bank Indonesia, Bank Mandiri Syariah, Panin Syariah, Bank BRI, BRI Syariah, Bank Bukopin, Bank DKI, Bank Exim, Bank Capital, Citibank, Bank BNI, Bank BTN.

IBS menjalin kerja sama (networking) dengan berbagai institusi, terutama yang erat kaitannya dengan bidang keuangan dan perbankan. MoU yang sudah terjalin meliputi kerja sama dengan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan. Bentuk kerja sama lainnya antara lain dengan:  Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, Bank BCA Syariah, Panin Syariah, Bank Danamon Indonesia, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Mega Syariah, BTPN Syariah, Bukopin, Bank DKI, Bank UOB.

Pada tahun 2014 PT. Bank Mandiri memberikan dana hibah untuk penyempurnaan lapangan olahraga indoor. Selain itu Bank Mandiri juga memberikan hibah pembangunan mini bank. Bank Syariah Mandiri memberikan hibah pembangunan Musala pada tahun 2014. Pada tahun 2015 Bank BRI menyumbangkan dana untuk mendirikan kantin yang dapat digunakan untuk makan siang bagi mahasiswa, karyawan dan masyarakat sekitar kampus. Pada tahun 2018 ini Bank BNI memberikan hibah untuk perbaikan ruang serta fasilitas belajar mengajar.

Jurusan Dan Program Studi

Program Studi Manajemen :

  1. Manajemen keuangan
  2. Manajemen Pemasaran
  3. Manajemen Sumber Daya Manusia

Untuk sebuah perusahaan, gelar manajemen selalu dibutuhkan. Seorang sarjana manajemen memiliki tantangan untuk mengelola bisnis agar dapat berjalan dengan baik dan selalu berkembang sesuai dengan tujuan perusahaan dan pemangku kepentingan. Jika seseorang adalah pemilik perusahaan dan lulusan studi manajemen, ia akan berperan dalam membuka peluang kerja bagi para pencari kerja.

Program Studi Akuntansi

Setiap perusahaan selalu membutuhkan sarjana yang memiliki pengetahuan akuntansi, keuangan dan perbankan.

Lulusan akuntansi akan mampu menganalisis pencapaian kinerja bisnis, melalui audit dan laporan keuangan. Sedangkan bagi pimpinan perusahaan, penguasaan ilmu akuntansi merupakan instrumen penting untuk memahami efektifitas dan efisiensi proses bisnis.

Program Studi Sarjana Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah:

Keuangan Perbankan Islam

Kebutuhan SDM industri keuangan dan perbankan syariah khususnya di era Masyarakat Ekonomi Asean semakin tinggi. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia terbaik di bidang keuangan dan perbankan syariah di Indonesia mulai sekarang untuk menyongsong era 2025. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang inovatif, kreatif, berintegritas dan bermoral di bidang keuangan syariah dan Perbankan sangat ditekankan agar dapat memenuhi kebutuhan pasar dan dapat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan khususnya bagi industri keuangan syariah.

0 Comments