Dana Termasuk Fintech di Bagian Digital Payment System yang di Tarik Izin oleh OJK

Dana Termasuk Fintech di Bagian Digital Payment System yang di Tarik Izin oleh OJK

Konten [Tampil]

Dilansir dari Tugas Sistem Informasi pada tanggal 17 September 2021, Mahasiswa Universitas Sriwijaya Program Studi Teknik Informatika 3 REG C disuruh untuk membuat tugas Carilah contoh Fintech yang ada (apakah sudah memiliki izin OJK tentu tidak).

Aplikasi DANA telah eksis dan diluncurkan sejak tahun 2018 silam. DANA merupakan aplikasi dompet digital yang memungkinkan kamu melakukan transaksi pembayaran nontunai secara cepat, efektif, efisien, dan aman. 

Seperti yang kita ketahui, saat ini masyarakat di Indonesia juga telah beralih menjadi cashless society. Artinya, kini masyarakat sudah tidak lagi mengandalkan uang tunai saja dalam transaksi keuangan sehari-hari, tapi mereka telah menggunakan kartu ataupun aplikasi yang berisikan uang elektronik. 

Peralihan budaya ini tentu sangat baik pada masa pandemi saat ini. Dengan menggunakan pembayaran nontunai, kamu telah membantu mengurangi kontak fisik yang sering menjadi penyebab penyebaran virus Covid-19. 

Selain itu, DANA juga turut membantu mengurangi beban pemerintah Indonesia dalam memproduksi dan distribusi uang fisik ke masyarakat.

Kenapa DANA tidak termasuk dalam OJK, OJK menyatakan menarik perizinan Dana Kita sebagai perusahaan pinjaman online cepat. OJK pun menghimbau seluruh konsumen menyelesaikan hak dan kewajibannya dengan perusahan fintech tersebut.

Di tengah kemudahan mendapatkan pinjaman online, memutuskan mengambil jumlah pinjaman online memang tidak bisa dilakukan secara gegabah. Pasalnya, ada banyak orang yang meminjam sembarangan, hingga akhirnya terjerat bunga mencekik dan utang selangit. Belum lagi, tidak jarang ada penagihan yang dilakukan dengan cara premanisme yang meresahkan.

Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan apakah fintech yang akan digunakan terdaftar di OJK atau tidak. Berikut ini adalah perbedaan dan keunggulan pinjol yang terdaftar di OJK.

Jelaskan Proses Bisnis Aplikasi Dana yang ada

Dana Termasuk Fintech di Bagian Digital Payment System yang di Tarik Izin oleh OJK

1. Melakukan pendaftaran atau registrasi akun

Cara menggunakan aplikasi Dana dari awal, anda buka aplikasi tersebut kemudian lakukan registrasi dengan memasukkan nomor HP dalam formulir tersebut. Anda akan diminta memasukkan kode OTP yang secara otomatis dikirim ke nomor anda melalui SMS nomer yang sudah anda daftarkan tadi.

2. Pengisian saldo atau top up

Sebelum anda melakukan transaksi, anda harus melakukan pengisian saldo terlebih dahulu. Uang yang anda masukkan ke aplikasi tersebut akan menjadi uang elektronik. Pengisian dapat anda lakukan melalui berbagai bank, baik BCA, BNI, Mandiri, CIMB, BRI, dan lainnya.

3. Memilih metode top up

Metode Top Up bisa anda lakukan dengan menggunakan kartu ATM, debit mobile, internet banking, atau melalui jasa pembayaran seperti Alfamart, Ramayana, Alfamidi, dan masih banyak lagi.

4. Belanja menggunakan aplikasi dana

Cara:

  • DANA ini bisa juga digunakan untuk melakukan berbagai transaksi atau belanja offline pada mall dan restoran yang bekerjasama. Cara menggunakan DANA dompet digital untuk belanja offline ini cukup dengan membawa HP Anda. Namun pastikan tempat makan atau belanja tersebut telah bekerjasama dengan Dana. Anda bisa bertanya langsung kepada tempat balanja atau dengan melihat tanda DANA yang biasanya terdapat dibagian depan tempat tersebut.
  • Masuklah terlebih dahulu ke dalam aplikasi DANA yang ada di dalam HP Anda, lalu lanjutkan dengan mencari menu Scan. Klik Scan yang berada pada bagian kiri paling atas dalam aplikasi untuk melakukan proses pembayaran.
  • QR Code ini akan diberikan oleh pelayan restoran atau tempat belanja yang bekerjasama dengan DANA. Nantinya Anda harus melakukan pembayaran sejumlah uang melalui DANA dengan melakukan Scan kode tersebut.
  • Pembayaran secara otomatis akan dilakukan ketika Anda menekan menu Scan yang terdapat pada bagian paling kanan bawah aplikasi tersebut. Namun agar pembayaran berhasil dilakukan, jaringan data Anda tetap harus berada dalam mode online. Pembayaran berhasil jika Anda sudah mendapatkan notifikasi berhasil dan saldo DANA terpotong. Pastikan juga untuk melakukan pengecekan setelah transaksi agar saldo yang terpotong sesuai dengan jumlah pembayaran. DANA juga memiliki banyak promo menarik, jadi Anda juga harus cek, barangkali saat itu Anda mendapatkan penawaran promo yang menarik dari Aplikasi Dana.

5. Menggunakan aplikasi dana untuk berbagai pembayaran

Cara:

  • Cara menggunakan dana untuk melakukan berbagai pembayaran adalah dengan masuk ke dalam aplikasi DANA yang sudah Anda miliki. Lanjutkan dengan melakukan klik pada pilihan See All yang terdapat dalam menu aplikasi yaitu tanda dengan empat titik
  • Lanjutkan dengan melakukan pemilihan layanan yang Anda inginkan, misal untuk melakukan pembayaran BPJS. Klik BPJS dan ikuti langkah yang akan membawa Anda dalam metode pembayaran menggunakan saldo dalam aplikasi tersebut.
  • Sebelum dilakukan proses pembayaran ini akan muncul beberapa konfirmasi agar data yang dimasukkan benar. Jika pembayaran sudah terproses maka uang elektronik dalam DANA akan terpotong sesuai jumlah yang Anda bayarkan. Lakukan pengecekan agar uang elektronik yang dikeluarkan sesuai agar tidak merugikan Anda dan pihak lainnya. Selain itu DANA juga bisa digunakan untuk berbagai transaksi lain seperti pembayaran TV kabel, asuransi, air dan keperluan lainnya.

Jelaskan Keunggulan Aplikasi DANA dengan kompetitornya Aplikasi OVO


Keunggulan Aplikasi DANA

1. Bisa melakukan pembayaran di banyak merchant

Selain bayar kebutuhan sehari-hari, kamu juga bisa berbelanja secara praktis menggunakan DANA di ratusan merchant yang telah bekerja sama dengan mereka.

Misalnya, mau belanja di Alfamart, kamu bisa bayar menggunakan DANA, asalkan saldo mencukupi ya! 

Berikut ini beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan DANA

  • Alfamart/Alfamidi
  • Ramayana
  • KFC
  • Dan Dan
  • Hoka-Hoka Bento
  • Gulu-Gulu
  • Fore
  • Bakmi GM
  • Kopi Kenangan
  • Moka
  • Dan masih banyak lagi

Selalu ada promo menarik

  • Kelebihan dari dompet digital, seperti OVO, GoPay, LinkAja, hingga DANA, adalah banyaknya promo-promo menarik.
  • Promo biasanya berupa potongan harga di merchant-merchant tertentu, hingga cashback saldo yang lumayan menggiurkan. 
  • Belum lagi selalu ada promo setiap kamu melakukan pembayaran kebutuhan sehari-hari, misal bayar listrik dapat potongan harga, beli paket data dapat diskon. Hal tersebut tentu sangat membuat pengeluaran kita jadi lebih irit, ketimbang harus bayar secara offline. 

Keamanan terjamin

DANA memberikan keamanan dalam bertransaksi yang cukup lengkap. Pertama, mereka memberlakukan Kode PIN dan OTP dalam setiap transaksinya. PIN hanya diketahui pengguna. Jadi, sangat kecil kemungkinan untuk disalahgunakan.

Selain itu, DANA juga memberikan garansi 100% uang kembali bila terjadi kegagalan dalam bertransaksi yang diakibatkan sistem dari DANA.

Keunggulan Aplikasi OVO

OVO sebagai aplikasi dompet digital yang memang pintar ini memiliki kelebihan sebagai berikut. 

  • OVO sebagian aplikasi dompet digital ini memiliki peluang besar dimana kamu bisa mengumpulkan poin di banyak tempat.
  • Nantinya, kamu juga bisa menggunakan OVO  untuk bertransaksi di berbagai macam merchant OVO, mengingat banyak merchant dan mitra dari aplikasi e-wallets atu ini. 
  • Ovo point sebagai imbalan atau loyalitas bagi pengguna yang melakukan transaksi menggunakan OVO Cash di merchant mitra OVBO, sehingga nantinya bisa kamu tukar untuk beragam penawaran. 
  • OVO bahkan menawarkan kenyamanan dalam bertransaksi yang aman mengharuskan pelanggan untuk tidak membawa uang tunai  dalam jumlah besar. 
  • Pembayaran OVO bahkan menawarkan kemudahan dalam bertransaksi dan melakukan pembayaran serta pemenuh kebutuhan di berbagai bidang.
  • Kamu bisa melakukan transaksi tanpa uang tunai lebih dari 60.000 outlet milii OBO dari sabang sampai merauke. 
  • OVO juga menawarkan imbalan kesetiaan yang mana bisa kamu dapatkan setiap  bertransaksi. 
  • Memiliki user interface yang baik dan mudah atau cepat dipahami mereka yang baru menggunakannya. 

Celah kelemahan Aplikasi DANA

Namanya teknologi tidak sepenuhnya 100% sempurna, pasti ada kekurangan-kekurangannya. Lantas apa saja kekurangan yang ditemui di DANA? 

1. Merchant yang terbatas

Kekurangan aplikasi DANA yang pertama adalah merchant yang masih terbatas. Bila dibandingkan dengan kompetitor lainnya, seperti OVO, GoPay, dan aplikasi LinkAja, merchant yang telah bekerja sama dengan DANA jauh lebih sedikit. 

Contohnya, untuk minimarket, DANA hanya bisa menjangkau Alfamart dan Alfamidi. Sejauh ini, DANA belum bekerja sama dengan Indomaret. 

2. Belum menjangkau banyak pedagang kecil

Kedua, adalah DANA juga belum menjangkau pedagang-pedagang kecil, misal pedagang kaki lima. Pasalnya, aplikasi OVO dan GoPay telah menjangkau ke sektor-sektor yang lebih kecil. Sejauh ini, DANA hanya menjangkau kafe dan kedai kecil, tapi bukan kaki lima. 

3. Bisa transfer ke bank lain tanpa biaya admin (terbatas)

Terakhir adalah kamu bisa melakukan transfer dari saldo DANA ke rekening bank secara gratis tanpa biaya admin. Pasalnya, selama ini kalau kita mau transfer uang ke rekening yang berbeda biasanya dikenakan biaya admin Rp6.500 per transaksi, sedangkan DANA gratis. 

Namun, kelebihan ini sifatnya terbatas. Batas gratis diberikan untuk 10 transaksi setiap bulannya. Setelah jatah transfer gratisnya habis, kamu akan dikenakan biaya admin Rp4.500. Masih lebih murah dibandingkan dengan transfer via bank. 

0 Comments