PENS – Daftar Jurusan dan Program Studi di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

PENS – Daftar Jurusan dan Program Studi di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Konten [Tampil]
PENS – Daftar Jurusan dan Program Studi di  Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) atau Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS) adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya secara resmi berdiri sejak tahun 1988. Sebagai sebuah perguruan tinggi politeknik, PENS menyelenggarakan pendidikan vokasi / terapan yang lebih banyak berorientasi pada praktik ketimbang teori. PENS adalah satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri pada bidang teknik elektro.

Politeknik ini terkenal karena keunggulannya di bidang robotika terbukti dengan prestasinya dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) yang berhasil memenangkannya berturut-turut hingga 12 kali. Selain itu, PENS juga merupakan penyelanggara S2 terapan pertama di Indonesia. Selain di bidang robotika, PENS juga unggul di bidang Teknologi Informasi terbukti dengan diraihnya penghargaan TeSCA untuk kategori Politeknik yang diselenggarakan oleh Telkom.

Awal sejarah PENS dimulai pada tahun 1985. Saat itu, tim studi awal Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk bantuan dan kerjasama teknik yang dikepalai oleh Prof. Y. Naito dari Tokyo Institute of Technology, datang ke politeknik ini. Setelah melakukan pengamatan dan studi kelayakan di tahun 1986, JICA menyetujui untuk memulai kerjasama teknik di tahun 1987 dengan mengirim 5 orang pengajar Indonesia ke perguruan tinggi teknologi di Jepang.

Politeknik Elektronika & Telekomunikasi (PET) 1988 – 1992
Pada tanggal 15 Maret 1988, Pemerintah Jepang, melalui JICA secara resmi memberikan gedung kampus kepada pemerintah Indonesia lengkap dengan berbagai peralatan pendidikan. Selanjutnya pada tanggal 2 Juni 1988 Politeknik ini diresmikan dengan nama “Politeknik Elektronika & Telekomunikasi (PET)” dan sejak saat itulah tahun ajaran dimulai. Kerjasama dengan JICA pun berlanjut dengan banyaknya pengajar politeknik yang dikirim ke berbagai perguruan tinggi teknologi di Jepang dan sebaliknya, pengiriman beberapa ahli dari Jepang ke politeknik ini.

Politeknik Elektronik Surabaya (PES) 1992 – 1996
Pada bulan Juni 1991, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menata ulang keberadaan seluruh Politeknik, Institut dan sebagian Universitas di Indonesia. Pada saat itu politeknik ini pun berubah nama menjadi “Politeknik Elektronika Surabaya (PES)” yang merupakan bagian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 1996 hingga sekarang
Pada tahun 1996, nama politeknik ini kembali diubah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjadi “Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)”. Nama itulah yang kemudian tetap bertahan hingga kini.

Jurusan Dan Program Studi

DIPLOMA 3

  1. Teknik Elektronika
  2. Teknik Telekomunikasi
  3. Teknik Elektro Industri 
  4. Teknik Informatika
  5. Teknologi Multimedia Broadcasting 
  6. Teknik Informatika Kampus Lamongan 
  7. Teknologi Multimedia Broadcasting Kampus Lamongan
  8. Teknik Informatika Kampus Sumenep
  9. Teknologi Multimedia Broadcasting Kampus Sumenep
  10. PJJ Teknik Informatika

SARJANA TERAPAN

  1. Teknik Elektronika 
  2. Teknik Telekomunikasi 
  3. Teknik Elektro Industri
  4. Teknik Informatika
  5. Teknik Mekatronika
  6. Teknik Komputer
  7. Sistem Pembangkitan Energi
  8. Teknologi Game
  9. Teknologi Rekayasa Internet
  10. Teknologi Rekayasa Multimedia
  11. PJJ Teknik Telekomunikasi

PASCASARJANA

  1. Teknik Elektro
  2. Teknik Informatika dan Komputer