Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

Konten [Tampil]

Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

Lembaga pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) telah merilis peringkat perguruan tinggi dunia yang diukur berdasarkan bidang keilmuan atau THE WUR by Subject 2021, Rabu (28/10/2020) waktu London.

Pemeringkatan bidang ilmu tersebut didasarkan atas penilaian dari lima indikator, antara lain sitasi (citations), pendapatan industri (industry income), pandangan internasional (international outlook), riset (research) serta pengajaran (teaching). Dalam bidang ilmu "clinical and health", THE WUR by Subject 2021 menyoroti universitas yang memimpin dalam bidang kedokteran, kedokteran gigi, dan mata pelajaran kesehatan lainnya.

Sebanyak 856 universitas dunia masuk dalam pemeringkatan untuk bidang ilmu tersebut, termasuk 4 universitas dari Indonesia. The University of Oxford masih menempati urutan nomor satu untuk bidang ilmu “clinical and health” selama 10 tahun berturut-turut. Sementara Harvard, Cambridge, Imperial College London dan Stanford masih menempati lima besar.

Berikut 4 perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan THE WUR 

by Subject 2021 bidang ilmu “clinical and health” untuk subyek “medicine and dentistry” (kedokteran dan kedokteran gigi):

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Brawijaya
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Padjadjaran

Universitas Indonesia (peringkat 301-400)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, sementara kampus utama lainnya terdapat di Salemba, Jakarta Pusat. UI dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia.

Universitas Brawijaya (peringkat 601+)

Universitas Brawijaya adalah perguruan tinggi di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan no.1 tanggal 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Dies Natalis UB.

Universitas Gadjah Mada (peringkat 601+)

Universitas Gadjah Mada merupakan universitas negeri di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universiteit tanggal 16 Desember 1949.

Universitas Padjadjaran (peringkat 601+)

Universitas Padjadjaran adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kampus utama Unpad, terutama untuk Program Sarjana, berada di Jatinangor, Sumedang.