Universitas Ekonomi Terbaik di Indonesia – 5 Daftar Universitas Dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Terbaik Saat Ini!!!

Universitas Ekonomi Terbaik di Indonesia – 5 Daftar Universitas Dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Terbaik Saat Ini!!!

Konten [Tampil]

Universitas Ekonomi Terbaik di Indonesia – 5 Daftar Universitas Dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Terbaik Saat Ini!!!

Universitas jurusan ekonomi terbaik di Indonesia – Jurusan ekonomi sangat diminati para siswa lulusan sekolah menengah di Indonesia. Tidak hanya kampus negeri yang menawarkan jurusan ekonomi, tetapi juga kampus-kampus swasta yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Adanya Fakultas Ekonomi terbaik di Indonesia pun menambah daya tarik tersendiri, sehingga menambah peminat jurusan terkait ekonomi semakin meningkat. Apabila kamu berniat untuk menjadi mahasiswa jurusan ekonomi, referensi terkait universitas jurusan ekonomi terbaik di Indonesia ini bisa menjadi gambaran.

Lembaga pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) telah merilis peringkat perguruan tinggi dunia yang diukur berdasarkan bidang keilmuan atau THE WUR by Subject 2021, Rabu (28/10/2020) waktu London.

Pemeringkatan bidang ilmu tersebut didasarkan atas penilaian dari lima indikator, antara lain sitasi (citations), pendapatan industri (industry income), pandangan internasional (international outlook), riset (research) serta pengajaran (teaching). Dalam pemeringkatan bidang ilmu ekonomi dan bisnis, THE WUR menggunakan indikator kinerja tepercaya dan ketat yang sama dengan Times Higher Education World University Rankings 2021 dengan metodologi yang telah dikalibrasi ulang agar sesuai dengan disiplin ilmu.

Pemeringkatan bidang ilmu ekonomi dan bisnis tahun ini mencakup 729 universitas, 5 di antaranya merupakan perguruan tinggi Indonesia, dengan penilaian kinerja pada disiplin ilmu bisnis dan manajemen, akuntansi dan keuangan, serta ekonomi dan ekonometrika. Pada pemeringkatan bidang ilmu ekonomi dan bisnis, Universitas Stanford berada di puncak untuk pertama kalinya sejak 2018. Sementara Universitas Harvard naik lima peringkat ke posisi kelima, menduduki posisi tertinggi sejak 2017. Mewakili Asia, National University of Singapore berada di peringkat ke-14.

Berikut 5 perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan dunia THE WUR by Subject 2021 bidang ilmu ekonomi dan bisnis:

Universitas Gadjah Mada

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (atau disingkat FEB UGM) adalah salah satu fakultas di Universitas Gadjah Mada. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) didirikan pada tahun 1955 sebagai hasil dari reorganisasi Fakultas Hukum, Ekonomi, dan Politik Sosial.

FEB UGM memiliki sekitar 5.500 mahasiswa aktif dan didukung oleh lebih dari 200 staf pengajar dan profesional. FEB menawarkan program gelar mulai dari sarjana, magister, doktoral dan profesi. Program studi ditawarkan oleh Departemen Akuntansi, Departemen Ilmu Ekonomi, dan Departemen Manajemen. Departemen didukung oleh anggota fakultas yang sangat kompeten, sebagian besar memiliki gelar doktor dari universitas luar negeri terkemuka.

Semua program studi terakreditasi "A" dan "Unggul" oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT). FEB UGM secara luas diakui sebagai yang terbaik di negara ini untuk profilnya, sumber daya akademik, sistem, dan proses yang kuat

  1. Universitas Gadjah Mada (peringkat 501-600)
  2. Nilai keseluruhan: 22,7 - 27,1
  3. Sitasi (citations): 32,0
  4. Pendapatan industri (industry income): 97,5
  5. Pandangan internasional (international outlook): 28,7
  6. Riset (research): 14,2
  7. Pengajaran (teaching): 19,

Universitas Indonesia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (disingkat FEB UI) adalah kelompok fakultas Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora di lingkungan Universitas Indonesia. Sebelumnya, FEB UI dikenal dengan nama FE UI hingga tahun 2015 terjadi perubahan nomenklatur fakultas. Hal ini berdasarkan keputusan MWA UI. FEB UI mengelola program pendidikan jenjang dengan gelar Sarjana (S1), Pendidikan Profesi Akuntan, Magister (S2), dan Doktor (S3), serta program pelatihan lain non-gelar. Dekan FEB UI saat ini adalah Teguh Dartanto, Ph.D. selaku Pejabat Dekan.

  1. Universitas Indonesia (peringkat 501-600)
  2. Nilai keseluruhan: 22,7 - 27,1
  3. Sitasi (citations): 7,4
  4. Pendapatan industri (industry income): 88,4
  5. Pandangan internasional (international outlook): 37,7
  6. Riset (research): 14,9
  7. Pengajaran (teaching): 37,5

Institut Teknologi Bandung

Departemen Teknik Industri ITB menyadari pentingnya pendidikan bisnis dan manajemen di Indonesia sejak tahun 1970-an. Ide ini bertahan di departemen selama tahun 1980-an tetapi akhirnya terwujud pada tahun 1990 ketika Prof. Mathias A’roef, seorang tokoh terkemuka di Indonesia di bidang Teknik Industri, memperkenalkan program MBA di ITB dengan konsentrasi manajemen operasional. Hal ini, pada gilirannya, mencapai puncaknya dengan berdirinya SBM ITB.

Institut Teknologi Bandung (peringkat +601)

  1. Nilai keseluruhan: 8,5 - 22,4
  2. Sitasi (citations): 12,3
  3. Pendapatan industri (industry income): 89,0
  4. Pandangan internasional (international outlook): 37,3
  5. Riset (research): 12,0
  6. Pengajaran (teaching): 17,2

Universitas Brawijaya

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya atau disingkat FEB UB didirikan pada 27 Juni 1957 dan diberi nama Perguruan Tinggi Ekonomi (PTEM). Sebuah salah satu universitas tertua di Indonesia, FEB UB telah mengalami banyak transformasi kelembagaan, yang mengedepankan profesionalisme, integritas dan bertujuan untuk menciptakan lulusan terbaik yang mampu bersaing di era globalisasi.

FEB UB memiliki visi menjadi lembaga pendidikan bertaraf internasional di bidang ekonomi dan bisnis yang berjiwa wirausaha dan berkesadaran ketuhanan, kemanusiaan, dan lingkungan.

  1. Universitas Brawijaya (peringkat +601)
  2. Nilai keseluruhan: 8,5 - 22,4 Sitasi (citations): 25,3
  3. Pendapatan industri (industry income): 38,6
  4. Pandangan internasional (international outlook): 14,5
  5. Riset (research): 7,1
  6. Pengajaran (teaching): 14,5

Universitas Diponegoro

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (disingkat FEB UNDIP) yang telah berdiri pada tanggal 14 Maret 1960 adalah salah satu Fakultas di Universitas Diponegoro, Semarang. Sejak tanggal 21 Juni 2011, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (FE UNDIP) telah berganti nama menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB UNDIP) berdasarkan No. 347/SK/ UN7/2011. FEB UNDIP mempunyai jenjang pendidikan Diploma, Sarjana, Strata 2 Magister dan Strata 3 Doktor di semua jurusannya. Prorgram Magister terdiri dari Magister Manajemen (berdiri tahun 1997), Magister Akuntansi (berdiri tahun 1999) and Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (berdiri tahun 2000). Program Strata 3 Doktor telah dibuka pada tahun 2002. FEB UNDIP juga memiliki program profesional yang dinamakan Pendidikan Profesi Akuntansi yang didirikan sejak tahun 2003.

  1. Universitas Diponegoro (peringkat +601)
  2. Nilai keseluruhan: 8,5 - 22,4
  3. Sitasi (citations): 22,6
  4. Pendapatan industri (industry income): 99,2
  5. Pandangan internasional (international outlook): 24,8
  6. Riset (research): 13,0
  7. Pengajaran (teaching): 20,8

0 Comments