Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Konten [Tampil]
Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Universitas adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademis dalam berbagai bidang. Sebuah universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana.

Kata universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium, yang berarti "komunitas guru dan akademisi". Pendahulu universitas sudah ada lama di Asia dan Afrika, akan tetapi sistem universitas modern berakar pada universitas Abad Pertengahan di Eropa, yang diciptakan di Italia dan pada dasarnya berakar pada Sekolah Kristen untuk pendeta di masa Abad Pertengahan Tinggi.

Daftar Universitas yang ada di Semarang

Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN WALISONGO)

Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Universitas Islam Negeri Walisongo (disingkat UIN Walisongo) adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Sekarang IAIN Walisongo resmi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo sejak 19 Desember 2014 bersamaan dengan dua UIN yang lain, yaitu UIN Palembang dan UIN Sumut. Peresmian dan penandatanganan prasati dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. UIN Walisongo secara resmi berdiri pada tanggal 6 April 1970 melalui Keputusan Menteri Agama RI (KH. M. Dachlan) No. 30 dan 31 tahun 1970.

Pada awal berdirinya, Perguruan Tinggi Agama Islam ini memiliki 5 fakultas yang tersebar di berbagai kota di Jawa Tengah, yakni Fakultas Dakwah di Semarang, Fakultas Syari'ah di Bumiayu, Fakultas Syari'ah di Demak, Fakultas Ushuluddin di Kudus dan Fakultas Tarbiyah di Salatiga. Namun, ide dan upaya perintisannya telah dilakukan sejak tahun 1963, melalui pendirian fakultas-fakultas Agama Islam di beberapa daerah tersebut yang dilakukan secara sporadis oleh para ulama sebagai representasi pemimpin agama dan para birokrat santri.

Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Universitas Negeri Semarang adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. UNNES merupakan salah satu perguruan tinggi eks-IKIP yang statusnya meningkat menjadi Universitas. Kampus utamanya terletak di daerah Sekaran (Gunungpati), wilayah selatan Kota Semarang, Jawa Tengah. Dan kampus lainnya terletak di Ngaliyan (Semarang), Kelud (Semarang), Bendan Ngisor (Semarang) dan di Kemandungan, Tegal.

Universitas Diponegoro

Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Universitas Diponegoro disingkat sebagai Undip adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Saat ini Undip telah memiliki 11 Fakultas dan 2 Sekolah. Kampus utama Undip terletak di daerah Tembalang, dan kampus utama lainnya terletak di daerah Pleburan. Undip didirikan pada tanggal 9 Januari 1957 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1960. Kata Diponegoro diambil dari nama pahlawan nasional, yaitu Pangeran Diponegoro yang merupakan seorang pangeran pengobar semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian Undip. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2015, Undip ditetapkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Universitas Muhammadiyah Semarang

Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Universitas Muhammadiyah Semarang adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Pada awal berdirinya, Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) adalah Perguruan Tinggi Kesehatan Muhammadiyah Semarang (PTKMS) yang telah berdiri sejak tahun 1982, terdiri dari 3 akademi yaitu: Akademi Keperawatan, Akademi Gizi dan Akademi Analis Kesehatan. Dengan tujuan untuk mengembangkan Amal Usaha Muhammadiyah, mulailah dirintis pendirian Universitas Muhammadiyah Semarang.

Universitas Dian Nuswantoro

Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Universitas Dian Nuswantoro adalah salah satu perguruan tinggi swasta berakreditasi institusi A yang berada di Semarang, Indonesia. Berdiri pada tahun 1990. Rektor pada tahun 2010 adalah Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko M. Kom.

Universitas PGRI Semarang

Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia yang didirikan pada tanggal 11 April 1987.

Universitas PGRI Semarang sudah terakreditasi B oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Universitas tersebut diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Universitas tersebut merupakan penggabungan Institusi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia dan Akademi Teknologi Semarang.

Universitas Katolik Soegijapranata

Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) adalah sebuah perguruan tinggi katolik terkemuka di indonesia yang berstatus terakreditasi institusi "A", yang berada di kota Semarang, Jawa Tengah, dan berada di bawah naungan Yayasan Sandjojo yang terafiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang (Archdiocese of Semarang).

Unika Soegijapranata adalah perguruan tinggi swasta pertama di jawa tengah yang berhasil mendapatkan akreditasi "A".

Universitas Katolik Soegijapanata merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, yang memiliki motto "Talenta pro patria et humanitate" atau talenta untuk tanah air dan kemanusiaan. Motto ini disarikan dari pesan Mgr Albertus Soegijapranata, yaitu "Bakat pemberian Allah jangan hanya kau sembunyikan, persembahkan seluruhnya kepada nusa, bangsa, dan negara". Adapun universitas ini memiliki jaringan kerjasama yang luas baik di dalam maupun di luar negeri.

Universitas Wahid Hasyim Semarang

Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Universitas Wahid Hasyim (disingkat Unwahas) adalah sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Universitas Wahid Hasyim Semarang yang lebih dikenal dengan slogan “Kampus ASWAJA” , mulai beroperasi sebagai sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi pada tahun akademik 2000-2001. Sebagai pendidikan tinggi di lingkungan Nahdliyyin, Universitas Wahid Hasyim melaksanakan pendidikan yang didasarkan pada kaidah Islam Ahlussunnah Waljama’ah sebagai salah satu amanat dari para pendiri.

Jaringan kerjasama yang aktif terus dirintis dan dibina dengan berbagai perguruan tinggi baik di dalam negeri dan luar negeri serta berbagai lembaga pemerintah dan non pemerintah yang konsen dengan pengembangan pendidikan. Sebagai perguruan tinggi yang sedang dan terus berkembang, UNWAHAS berupaya untuk melengkapi seluruh sarana dan prasarana serta pengembangan studi baru yang dibutuhkan pangsa pasar. Setelah pembukaan program studi Teknik Informatika (S1) tahun 2013, maka pada tahun 2016 UNWAHAS membuka Fakutas Kedokteran dan secara resmi menerima pendaftaran mahasiswa baru.

Universitas Stikubank Semarang (Unisbank)

Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Universitas Stikubank Semarang, disingkat Unisbank, adalah Entrepreneurial University berbasis teknologi informasi dan komputer yang terletak di pusat kota Semarang.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Nusantara Semarang (STIE Pelita Nusantara)

Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Nusantara Semarang (STIE PENA), didirikan oleh Yayasan Pendidikan Nasional Pelita Nusantara, melalui Badan Pelaksana Harian, yang diketuai oleh Bapak Agus Pamungkas. Dan pada tanggal 25 Agustus 2000 STIE PENA secara resmi menerima Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 133/D/O/2000 tertanggal 10 Agustus 2000 melalui Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah Bapak Prof. DR. Dr. Sarjadi Sp. PA kepada Bapak Agus Pamungkas, BA selaku Pengurus Yayasan Pelita Nusantara Semarang. Selanjutnya Mendiknas No. 133/D/O/2000 secara langsung diserahkan oleh Bapak Agus Pamungkas, BA kepada ketua STIE PENA pertama, Bapak Bambang Budi Wicaksono, SE di hadapan Bapak koordinator kopertis Wilayah VI Jawa Tengah.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE AKA) Semarang

Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AKA Semarang adalah salah satu Sekolah Tinggi yang berbasis Swasta yang bergerak di bidang ilmu ekonomi Akuntansi dan Ilmu Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi atau di singkat STIE AKA Semarang berlokasi di Jalan Citarum Raya No. 44, Kelurahan Mlatibaru, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang. STIE AKA Semarang mempunyai 2 (dua) Program Studi yaitu Program Studi S1 Akuntansi dan S1 Manajemen.

Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM)

Universitas di Semarang – Daftar Universitas yang ada di Semarang

Universitas Sains dan Teknologi Komputer ( Universitas STEKOM ) adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Semarang Indonesia.

Kampus utamanya terletak di daerah Jl. Majapahit No.605, Pedurungan Kidul, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50192, wilayah timur Kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas STEKOM memiliki pusat pengembangan karier berupa gedung 3 lantai seluas 3000 m2 yang terletak di Jl. Majapahit No.304, Pedurungan, Semarang.

0 Comments