Cara Menggunakan Grammarly dan Manfaatnya Bagi Mahasiswa

Cara Menggunakan Grammarly dan Manfaatnya Bagi Mahasiswa

Konten [Tampil]

Sebagai mahasiswa, tentu kita pernah diminta oleh dosen untuk membuat suatu karya tulis, seperti artikel, makalah, atau paper ilmiah. Bahkan, tak jarang juga kita diminta untuk membuat karya tulis, baik itu artikel maupun paper ilmiah dalam bahasa Inggris. 

Tentunya, tugas untuk membuat karya tulis dalam bahasa inggris ini akan menjadi momok bagi mahasiswa yang kurang bisa berbahasa Inggris.

Namun, jangan khawatir jika kamu termasuk salah satu mahasiswa yang kurang menguasai bahasa Inggris. Kabar baiknya, di era teknologi ini mulai berkembang aplikasi yang dapat membantu kita dalam membuat tulisan berbahasa Inggris. Salah satu aplikasi yang terkenal saat ini adalah Grammarly.


Manfaat Menggunakan Aplikasi Grammarly

Grammarly dapat memudahkan kita memeriksa kesalahan penulisan dalam tulisan yang berbahasa Inggris. Hal ini karena Grammarly dapat membantu kita mengecek Grammar dan ejaan di tulisan kita.

 

Selain itu, Grammarly juga dapat membantu memperbaiki typo dan kesalahan tanda baca. Bahkan, Grammarly juga dapat merekomendasikan kata yang lebih tepat untuk tulisan kita. Jadi, Grammarly sangat membantu kita untuk melakukan proofreading sebelum tulisan kita dikumpulkan atau dipublikasi.

 

Lantas, bagaimana cara mengecek grammar di tulisan kita menggunakan Grammarly? Jika kamu tertarik untuk menggunakan Grammarly, ikuti panduannya berikut ini.

 

Cara Menggunakan Aplikasi Grammarly

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat akun Grammarly. Bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun Grammarly.

Cara Menggunakan Grammarly dan Manfaatnya Bagi Mahasiswa

 

1.   Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah membuka situs resmi Grammarly di browser, dengan mengetikkan https://www.grammarly.com/

2.   Setelah kita masuk ke laman resmi Grammarly, klik menu Log in di pojok kanan atas.

3.   Tunggu beberapa saat hingga muncul halaman Sign in. Jika kita belum punya akun, klik I don’t have an account di bagian kanan atas.

4.   Setelah kita mengeklik I don’t have an account kita akan diarahkan ke halaman Sign Up. Tuliskan nama email yang ingin kamu daftarkan, lalu buat kata sandi dan tuliskan nama yang ingin kamu gunakan untuk akun Grammarly. Jika sudah menuliskan email, kata sandi, dan nama, klik tombol Agree and Sign up.

5.   Tunggu beberapa saat hingga muncul halaman Personalize Grammarly. Pada halaman ini, kita akan ditanya mengenai tujuan kita menggunakan Grammarly. Akan ada pilihan work, school, dan other projects.

6.   Jika kita ingin menggunakannya untuk mengecek tugas kita, pilih school. Setelah itu, kita juga perlu mengisi level writing skills, pilih salah satu di antara beginner, intermediate, atau advances. Kemudian klik Continue.

7.   Klik tombol Continue to Grammarly

 

Setelah selesai membuat akun Grammarly, kita akan diarahkan ke bagian Demo Document. Di sini, kita akan diberikan contoh bagaimana Grammarly bisa membantu mengecek dan memperbaiki kesalahan pada tulisan kita.

Cara Menggunakan Grammarly dan Manfaatnya Bagi Mahasiswa

 

Jika ingin menggunakan Grammarly untuk memeriksa tulisan kita, cukup lakukan copy paste tulisan yang ingin diperiksa ke kotak yang tersedia. Tunggu beberapa saat hingga Grammarly dapat mendeteksi kesalahan penulisan yang ada di tulisan kita.

 

Grammarly akan memberikan highlight pada kata-kata atau kalimat yang perlu diperbaiki. Selain itu, Grammarly juga akan memberikan saran perbaikan yang sesuai. Sangat praktis, kan?

 

Penulis: Rosyida Fajarwati