Universitas Swiss German, Fakultas dan Program Studi

Universitas Swiss German, Fakultas dan Program Studi

Konten [Tampil]

Universitas Swiss German, Fakultas dan Program Studi

Swiss German University (SGU) adalah Universitas Swasta yang disponsori oleh Yayasan Swiss German dan terletak di Alam Sutera, Tangerang, Banten, Indonesia.

SGU menawarkan kursus yang menggabungkan teori dan praktik (magang). Semua program dan lulusannya yang diakui secara internasional (gelar ganda).

Siswa harus menyelesaikan dua program magang selama studi mereka dalam rangka untuk mendapatkan gelar ganda. Pertama program magang akan berada di Indonesia (domestik) dan yang kedua program magang dilangsungkan di luar negeri (biasanya di Jerman atau Swiss).

Swiss German University (SGU) didirikan pada tahun 2000 sebagai kerja sama antara 4 negara yaitu Indonesia, Jerman, Swiss, dan Austria. Siswa yang memenuhi syarat dapat lulus dengan double degree yang disediakan SGU melalui kerja sama dengan universitas mitra. Baik pada program sarjana ataupun program magister, lulusan SGU akan mendapatkan ijazah dan gelar ganda yaitu dari Swiss German University dan kampus mitra SGU di Eropa. Program double degree ini juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa S1 yakni dengan mengikuti program magang di luar negeri pada semester 6.

Sejak didirikan, SGU telah berdedikasi untuk memberikan pendidikan berkualitas sesuai dengan standar internasional dan bertujuan untuk mengembangkan para profesional terampil yang memenuhi tuntutan industri. Dengan gelar ganda yang dimiliki para lulusan, diharapkan dapat menjadi bekal untuk menghadapi lingkungan VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) dalam perkembangan teknologi digital yang begitu massive.

Untuk mencapai tujuannya, SGU menawarkan pembelajaran yang berorientasi pada kualitas melalui 12 Program Studi Gelar Sarjana dan 4 Program Magister mulai dari Teknik Mesin, Teknologi Informasi, dan Bisnis hingga Ilmu Hayati dan Ilmu Sosial. Selain itu, dengan ukuran kelas yang kecil, bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, dan juga pembelajaran bahasa Jerman akan menjadi penunjang mahasiswa/i untuk menghadapi masa depan mereka.

Fakultas dan Jurusan

Teknik dan Teknologi Informasi

Jurusan yang ada di fakultas teknik dan teknologi informasi;

  1. Jurusan Teknik Mekatronika 
  2. Jurusan Bisnis Engineering (Teknik Industri)
  3. Jurusan Teknologi Informasi

1. Jurusan Teknik Mekatronika 

Mekatronika secara keilmuan adalah gabungan dari beberapa cabang ilmu keteknikan, diantaranya: Teknik Mesin/Mekanik, Teknik Kontrol, Teknik Elektro, dan Pengetahuan Perangkat Lunak (software) dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau mesin otomatis yang cerdas dengan kinerja yang optimum. 

2. Jurusan Bisnis Engineering (Teknik Industri)

Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti; produksi, pengelolaan dan ekonomi. Lulusan Teknik Industri nantinya bertanggungjawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan.

3. Jurusan Teknologi Informasi

Secara historis Program Studi Teknologi Informasi (Information Engineering) adalah program studi yang lahir dari bagian dari program studi teknik elektro. Kurikulum Program Studi menawarkan tiga konsentrasi yaitu rekayasa perangkat lunak, rekayasa sistem informasi, dan rekayasa sistem komputer.

Ilmu Pengetahuan

Jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Pengetahuan;

  1. Jurusan Teknik Farmasi Teknik
  2. Jurusan Teknologi Pangan 
  3. Jurusan Teknik Biomedis 
  4. Jurusan Energi Berkelanjutan dan Lingkungan

1. Jurusan Teknik Farmasi Teknik 

Teknik Farmasi adalah konsentrasi program studi Teknik Kimia, dengan fokus pada desain, operasi dan optimalisasi proses dalam industri farmasi.

2. Jurusan Teknologi Pangan 

Ilmu dan Teknologi Pangan adalah ilmu yang mempelajari semua aspek dalam ilmu pangan mulai dari fisik, biologis, maupun kimiawi. Selain itu kamu juga akan belajar berbagai macam hal yang berhubungan dengan proses pengolahan bahan pangan pascapanen menjadi makanan yang bisa dimakan.

3. Jurusan Teknik Biomedis  

Jurusan Teknik Biomedis merupakan gabungan dari dua ilmu penting yaitu ilmu teknik atau engineering dan ilmu medis atau kedokteran. Tujuan dari bidang ilmu ini sebenarnya untuk mengembangkan teknologi dalam bidang kedokteran atau medis.

4. Jurusan Energi Berkelanjutan dan Lingkungan 

Merupakan jurusan yang menggunakan energi dari lingkungan tanpa adanya kehabisan sumber energy dalam jangka waktu yang panjang maka dari itu kita harus memanfaatkan energi berkelanjutan agar tidak ada kehabisan

Bisnis dan Komunikasi

Jurrusan yang ada di Fakultas Bisnis dan Komunikasi;

  1. Jurusan Administrasi Bisnis Internasional
  2. Jurusan Bisnis Akuntansi 
  3. Jurusan Manajemen Hotel dan Pariwisata 
  4. Jurusan Komunikasi dan Hubungan Masyarakat

1. Jurusan Administrasi Bisnis Internasional

BSc International Business Administration adalah gelar bisnis modern jurusan administrasi internasional. ... Gelar ini mengeksplorasi berbagai aspek bisnis global termasuk keuangan internasional, manajemen internasional dan ekonomi global yang sebagai bagian dari wilayah inti dari program ini.

2. Jurusan Bisnis Akuntansi 

Akuntansi bisnis meliputi pencatatan sistematis, analisis, interpretasi, dan penyajian informasi keuangan perusahaan. Tanggung jawab akuntansi dapat dipegang oleh satu orang dalam bisnis kecil, atau oleh tim yang berbeda di organisasi yang lebih besar.

3. Jurusan Manajemen Hotel dan Pariwisata 

Ilmu Manajemen Perhotelan dan Pariwisata adalah ilmu yang mempelajari tentang segala hal yang terkait dengan pariwisata, rekreasi, dan penginapan atau akomodasi.

4. Jurusan Komunikasi dan Hubungan Masyarakat

Humas adalah pengelolaan komunikasi dan hubungan antara suatu pihak, biasanya perusahaan, dengan pihak eksternal seperti masyarakat, pemerintah, maupun investor, dan pihak internal seperti karyawan.

Program Pascasarjana

1. Magister Administrasi Bisnis

Program Studi Magister Administrasi Bisnis merupakan program studi di tingkat pascasarjana (S2) yang dibuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan bisnis yang baik dan bermutu.

2. Magister Teknologi Informasi

Dalam dekade terakhir bidang Teknologi Informasi (TI) telah berkembang sangat pesat. Peranan TI menjadi urat nadi organisasi modern dalam melakukan operasi dan menajemen bisnis. Secara khusus kecenderungan ini melahirkan suatu kebutuhan akan sumber daya manusia untuk membangun dan mengelola TI. Program Magister Teknologi Informasi  dirancang untuk mengisi kesenjangan dari kebutuhan dunia industri dan bisnis untuk tenaga profesional, dengan keahlian dalam bidang TI.

3. Magister Mechatronics Engineering

Mekatronika adalah ilmu menerima, pengolahan, dan transmisi data sensorik. Kemungkinan karir dengan gelar Master di Teknik Mekatronika termasuk peluang dalam penciptaan dan desain robotika, serta aplikasi canggih di sensor dan mikroelektronika.

0 Comments