UNTIRTA– Daftar Fakultas dan Program Studi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

UNTIRTA– Daftar Fakultas dan Program Studi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Konten [Tampil]

 

UNTIRTA– Daftar Fakultas dan Program Studi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa disingkat Untirta, merupakan PTN( Perguruan Tinggi Negeri) yang ada di Provinsi Banten, Indonesia. Dengan kampus utama di Serang, kampus Fakultas Teknik yang terletak di Cilegon serta Fakultas Keguruan yang terletak di Ciwaru. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang terletak di Provinsi Banten. Universitas ini didirikan oleh orang- orang yang mempunyai keinginan untuk memajukan dunia pendidikan di Banten. Sebagai Perguruan tinggi, mahasiswa serta dosen pula hendak melaksanakan penelitian- penelitian yang menuju ke bermacam bidang buat kemajuan bangsa Indonesia ke depannya.

Fakultas serta Program Studi

Fakultas Teknik

Fakultas Teknik( FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa berlokasi di Cilegon. Keberadaan jurusan- jurusan yang terdapat di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ialah respon Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa terhadap keberadaan dunia industri di provinsi Banten. Untuk menunjang berjalannya kurikulum, tiap- tiap jurusan dilengkapi laboratorium. Laboratorium ini jadi pendukung utama untuk mahasiswa buat menuntaskan perkuliahan sekalian membantu para dosen dalam penyelenggaraan penelitian- penelitiannya.

Program studi yang terdapat di Fakultas Teknik adalah sebagai berikut:

  1. Teknik Mesin
  2. Teknik Elektro
  3. Teknik Industri
  4. Teknik Metalurgi
  5. Teknik Kimia
  6. Teknik Sipil

Fakultas Ekonomi dan  Bisnis

Fakultas Ekonomi serta Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa didirikan pada tahun 1986 dengan sokongan dari kalangan cendikiawan serta tokoh warga dengan membuka Jurusan Manajemen. Atas anjuran serta sokongan PT. Krakatau Steel hingga Fakultas Ekonomi serta Bisnis membuka Jurusan Akuntansi pada tahun 1987 guna penuhi kebutuhan tenaga akuntan.

Program Studi yang terdapat di Fakultas Ekonomi serta Bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Akuntansi
  2. Manajemen
  3. Ekonomi Pembangunan
  4. Ekonomi Islam

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan serta Ilmu Pembelajaran( FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ialah fakultas tertua dengan program studi paling banyak di Untirta. Mahasiswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/ 2011 tidak lagi didominasi oleh lulusan SMA di Banten tetapi pula luar wilayah semacam Jakarta, Jawa Barat, Jawa tengah serta Timur tetapi pula daerah Sumatera semacam Lampung, Padang, Medan serta Palembang.

Program studi yang terdapat di Fakultas Keguruan serta Ilmu Pembelajaran adalah sebagai berikut:

  1. Pendidikan Matematika
  2. Pendidikan Biologi
  3. Pendidikan Luar Sekolah
  4. Pendidikan Bahasa serta Sastra Indonesia
  5. Pendidikan Bahasa Inggris
  6. Pendidikan Pembelajaran Anak Umur Dini( PAUD)
  7. Pendidikan Guru Sekolah Dasar( PGSD)
  8. Bimbingan dan Konseling
  9. Pendidikan Luar Biasa
  10. Pendidikan Fisika
  11. Pendidikan Kimia
  12. Pendidikan IPA
  13. Pendidikan Elektro
  14. Pendidikan Mesin
  15. Pendidikan Pancasila serta Kewarganegaraan
  16. Pendidikan Sosiologi
  17. Pendidikan Sejarah
  18. Pendidikan Seni Drama Tari serta Musik/ Sendratasik

Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ialah salah satu fakultas yang terdapat di area Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang pada awal mulanya didirikan bersumber pada SK Pimpinan Yayasan Pembelajaran Tirtayasa No: 020/ YPT/ Viii/ 1984 bertepatan pada 31 Agustus 1984 dengan jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Program Riset Sosial Ekonomi Pertanian.

Program studi yang terdapat di Fakultas Pertanian adalah sebagai berikut:

  1. Sosial Ekonomi Pertanian/ Agribisnis
  2. Agroekoteknologi
  3. Perikanan

Fakultas Ilmu Sosial serta Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial serta Imu Politik( FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa didirikan pada tahun akademik 2002/ 2003 serta menemukan Izin Penyelenggaraan Program S1 studi Administrasi Negeri serta Program Riset S1 Ilmu Komunikasi dari DIRJEN DIKTI DEPDIKNAS lewat SK. No: 1179/ D/ T/ 2003 tertanggal 10 Juni 2003

Program studi yang terdapat di Fakultas Ilmu Sosial serta Ilmu Politik adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu Komunikasi
  2. Administrasi Negara
  3. Ilmu Pemerintahan

Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten berdiri tahun 1981. tepatnya pada bertepatan pada 1 Oktober 1981 dengan status selaku STIH Serbu yang bertempat di Kresidenan Banten, Jalan. K. H. Sam’ un serta ialah yang  mendirikan  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten. Mulai tahun 1984, STIH Serbu di integrasi cocok dengan SK Mendikbud Nomor. 0596/ 0/ 1984, jadi Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, yang bertempat di Jalan. Raya Jakarta Kilometer. 4 Pakupatan– Serbu.

Program studi yang terdapat di Fakultas Hukum adalah sebagai berikut;

  1. Hukum

Fakultas Kedokteran

FK Untirta baru ditetapkan pada tahun 2019 lewat SK Menteri Studi Teknologi serta Pembelajaran Besar Republik Indonesia No 283/ KPT/ I/ 2019. Fakultas ini sediakan 5 jurusan dengan mengusung strategi buat menunjang program kesehatan di provinsi Banten. FK Untirta pula memikirkan posisi strategis Banten serta mencermati banyaknya kawasan industri yang tersebar di Banten, lho! Oleh karena itu, Medis Kerja( Okupasi) dijadikan keunggulan dari jurusan Medis fakultas ini.

Program studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran adalah sebagai berikut;

  1. Gizi
  2. Ilmu Keperawatan
  3. Pendidikan Olahraga
  4. Pendidikan Dokter

Program Pascasarjana

Pendidikan Matematika

Teknologi Pendidikan

Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan Bahasa Indonesia

Teknik Kimia

Manajemen

Ilmu Komunikasi

Administrasi Negeri( Publik)

Ilmu Hukum

Akuntansi

Teknik Pertanian

Keguruan dan  Pendidikan

0 Comments