Akademi Televisi Indonesia – Daftar Fakultas dan Program Studi

Akademi Televisi Indonesia – Daftar Fakultas dan Program Studi

Konten [Tampil]

 

Akademi Televisi Indonesia – Daftar Fakultas dan Program Studi

Akademi Televisi Indonesia (ATVI) adalah lembaga Perguruan tinggi swasta yang telah berdisi sejak tahun 1998. Lembaga pendidikan tinggi ini bernaung di bawah PT Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) dan berafiliasi dengan beragam anak perusahannya, seperti Indosiar, SCTV, serta O Channel.

Kampus ini pada awalnya bernama Akademi Teknologi Komunikasi dan Informasi (ATKI) dan kini telah dikenal luas dengan nama ATVI. Dengan bergabung bersama ATVI, mahasiswa dapat mengenyam pendidikan vokasional Program Studi Diploma Tiga (D3) Komunikasi Massa dengan Program Kekhususan Jurnalisme Multimedia dan Produksi Multimedia.

Pada tahun 2015, ATVI telah terakreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dalam perkembangannya, ATVI sedang menunggu hasil proses perizinan pembukaan Program Studi Ilmu Komunikasi Jenjang Pendidikan Strata Satu (S1), sekaligus perubahan bentuk Akademi menjadi Sekolah Tinggi Komunikasi (STIKOM) ATVI dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

AKADEMI TELEVISI INDONESIA

Kampus yang mengembangkan hobi, talenta, juga masa depan kariermu di media digital, konten online, perfilman, hingga penyiaran.

Fakultas dan Program Studi

JURNALISME TV

Konsentrasi Program Studi

Pelajari lebih dalam tentang praktik kontemporer dalam pembuatan dan pendistribusian konten berita untuk disajikan pada multiplatform media, termasuk TV dan media online yang lebih interaktif.

Inilah ilmu dan keterampilan yang perlu dimiliki oleh jurnalis masa depan dengan kurikulum yang mengikuti tren penikmat berita dan perkembangan teknologi.

Melalui program studi ini, Kamu akan menjadi jurnalis berwawasan luas dan mampu memproduksi berita bermanfaat, menarik, menghibur, dan memenuhi syarat layak tayang.

Dari sisi proses distribusi berita, Kamu akan memahami seluk-beluk penyebaran berita melalui berbagai media, termasuk yang melibatkan elemen-elemen hipertekstual dan interaktivitas, seperti website, media sosial, email, YouTube, blog, hingga web TV.

Bersama ATVI, dapatkan pemahaman yang Kamu butuhkan mengenai:

  1. Stand-ups, berupa laporan langsung untuk disiarkan di YouTube live stream, IGTV, hingga web TV
  2. Pembuatan galeri foto jurnalistik yang dibuat untuk versi online
  3. Berita ringkas yang disebarkan melewati berbagai saluran distribusi, seperti email dan media sosial
  4. Proyek bersama antar platform media yang berbeda-beda untuk mengumpulkan, mengedit dan mempresentasikan dalam lintas format

PRODUKSI SIARAN TV

Konsentrasi Program Studi

Ada banyak hal menarik yang bisa Kamu pelajari, seperti penyutradaraan, tata kamera, tata artistik, tata suara, penulisan naskah, dan proses kreatif lainnya. Kamu pun akan belajar melakukan produksi informasi yang memadukan berbagai media, seperti teks, gambar, infografik, animasi, dan video sehingga informasi yang tersaji menjadi lebih menarik.

Miliki bekal ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan untuk terlibat dalam proses produksi konten program drama dan nondrama, pertelevisian perfilman, serial web, periklanan, hingga vlog populer.

Inilah alur produksi yang akan Kamu pelajari bersama ATVI:

Praproduksi

Tahapan persiapan sebelum memulai proses pembuatan konten program atau film agar proses produksi dapat berjalan sesuai dengan ekspektasi. Pada tahap ini, Kamu akan mempelajari proses penuangan ide dalam bentuk sinopsis, skenario, dan storyboard; penentuan pemasaran; penganggaran; hingga penjadwalan.

Produksi

Fase ini merupakan proses pelaksanaan syuting yang mengacu pada persiapan yang dihasilkan dari proses pra produksi. Di sini, Kamu akan belajar tentang penulisan naskah, penyutradaraan, tata kamera, tata cahaya, tata suara, tata artistik, dan proses kreatif lainnya. Kamu pun akan belajar penguasaan peralatan produksi, seperti kamera, lighting, switcher, dan lainnya.

Pascaproduksi

Inilah proses penyelesain akhir dari sebuah rangkaian produksi di mana Kamu akan belajar tentang pengeditan gambar; penambahan grafik, animasi, efek khusus, musik, efek suara, dubing audio; dan output ke dalam media video.

 

0 Comments