Universitas Hang Tuah – Daftar Fakultas dan Program Studi

Universitas Hang Tuah – Daftar Fakultas dan Program Studi

Konten [Tampil]

Jurusan di Universitas Hang Tuah Jakarta – Daftar Fakultas dan Program Studi

Universitas Hang Tuah adalah sebuah perguruan tinggi di Surabaya, Indonesia yang memiliki pola ilmiah pokok iptek kelautan. Perguruan tinggi ini didirikan sebagai wujud partisipasi TNI Angkatan Laut dalam pembangunan pendidikan nasional. Universitas Hang Tuah diselenggarakan oleh Yayasan Nala, suatu badan hukum yang didirikan berdasarkan Akta Notaris R. Soedjono No. 5 tanggal 4 Maret 1987 di Surabaya dan dibina oleh TNI Angkatan Laut. Peresmian berdirinya berdasarkan Surat Keputusan Kasal No. Skep/1482/1987 tanggal 11 Mei 1987. Upacara peresmiannya oleh Kasal Laksamana Rudolph Kasenda di Jalan Teluk Bayur No. 6 Surabaya pada tanggal 12 Mei 1987.

Universitas Hang Tuah yang berwawasan kelautan, dapat menunjukkan secara jelas Pola Ilmiah Pokok (PIP), yakni ilmu dan teknologi kelautan, sesuai dengan aspirasi TNI AL dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Program studi S-1 dan program diploma III yang ada di Universitas Hang Tuah antara lain : Fakultas Teknologi kelautan memiliki program studi S-1 Oseanografi, program diploma III nautika, (MPB-III) dan teknika (AMK-A). Fakultas Teknik dengan program studi S-1 Teknik perkapalan, Teknik Sistem Pekapalan, dan Teknik Elektro pad tahun 1993 . Fakultas Perikanan dengan program studi S-1 Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Teknologi Hasil Perikanan. Fakultas Kedokteran Umum dengan muatan lokal kesehatan maritim. Fakultas Ilmu Administrasi dengan program studi Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Administrasi Niaga. Fakultas Hukum dengan program studi ilmu hukum dengan penekanan pada hukum internasional. Fakultas Kedokteran Gigi dengan Program studi ilmu kedokteran gigi.

Melihat perkembangan UHT yang makin cerah, maka dirasakan perlunya perluasan kampus untuk mengimbangi animo masyarakat yang ingin masuk ke UHT. Berkaitan dengan ini, maka Yayasan Nala membangun kampus terpadu di Sukolilo dedngan luas 50 ha. Letak kampus ini sangat ideal karena jauh daru kebisingan kota dan juga dekat dengan pusat pendidikan lain. Pembangunan kampus takap pertama sebesar 10 ha telah diresmikan pada tanggal 9 april 1988 oleh Kasal Laksamana TNI R. Kasenda. Pada tanggal 4 desember 1989 kampus baru diresmikan penggunaannya oleh Kasal Laksamana TNI M. Arifin. Selanjutnya kegiatan akademik UHT dialihkan ke jalan arif rahman hakim 150 Surabaya. Yayasan Nala juga membangun beberapa fasilitas kampus fakultas kedokteran di kompleks rumah sakit TNI AL DR. Ramelan Surabaya yang juga berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan fakultas kedokteran UHT.

Fakultas dan Program Studi

Program Diploma Pelayaran

PROGRAM STUDI/JURUSAN :

  1. Nautika : D-III (A.Md.) dan ANT-III (Ahli Nautika Tingkat III)
  2. Teknika : D-III (A.Md.) dan ATT-III (Ahli Teknika Tingkat III)
  3. Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN) : D-III (A.Md.)

Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan

  1. Prodi Teknik Perkapalan
  2. Prodi Teknik Sistem Perkapalan
  3. Prodi Teknik Elektro
  4. Prodi Teknik Kelautan(Oseanografi)
  5. Prodi Perikanan

Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

  1. Administrasi Publik
  2. Administrasi Bisnis
  3. Magister Administrasi Publik

Fakultas Kedokteran

  1. Prodi Ilmu Kedokteran
  2. Prodi Profesi Dokter
  3. Prodi Farmasi

Fakultas Hukum

  1. Ilmu Hukum
  2. Magister Ilmu Hukum

Fakultas Kedokteran Gigi

  1. Prodi Pendidikan Dokter Gigi
  2. Profesi Dokter Gigi

Fakultas Psikologi

  1. Program Studi Psikologi

 

0 Comments