Daftar Universitas di Batam – 8 Universitas yang ada di Batam

Daftar Universitas di Batam – 8 Universitas yang ada di Batam

Konten [Tampil]
Daftar Universitas di Batam – 8 Universitas yang ada di Batam

Batam merupakan kota dengan pertumbuhan paling pesat di Indonesia. Selain sebagai pusat perdagangan dan industri, ternyata Batam juga memiliki institusi pendidikan tinggi dengan kualitas terbaik. Beberapa universitas negeri maupun swasta menawarkan kualitas pendidikan yang cukup bersaing. Ya, Batam tak hanya menjadi ladang subur perekonomian, namun juga tempat terbaik untuk memperoleh pendidikan.

Seperti diketahui, memilih Perguruan Tinggi memerlukan banyak pertimbangan, mulai dari kualitas seperti akreditasi, negeri atau swasta, fasilitas, serta ketersediaan jurusan yang sesuai minat. Ketika anda bisa masuk ke salah satu ke Universitas Terbaik di Indonesia maka akan menjadi salah satu poin untuk menentukan masa depan anda. Karena perguruan tinggi merupakan gerbang kamu sebelum memasuki dunia kerja dan kehidupan sebenarnya. Maka tak bisa sembarang kamu untuk menentukan pilihan. Nah, bagi kamu yang berencana untuk melanjutkan kuliah di Batam, sebaiknya ketahui terlebih dahulu 7 Universitas terbaik di Batam yang akan diulas lengkap di bawah ini.

Daftar 8 Universitas yang ada di Batam

  1. Politeknik Negeri Batam 
  2. Universitas Internasional Batam (UIB)
  3. STMIK Putera Batam 
  4. Universitas Putera Batam (UPB) 
  5. STIKes Mitra Harapan Bunda Persada 
  6. Universitas Batam 
  7. STT Ibnu Sina Batam 
  8. Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA)

Politeknik Negeri Batam 

Daftar Universitas di Batam – 8 Universitas yang ada di Batam

Politeknik Negeri Batam, merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di kota Batam, provinsi Kepulauan Riau. Diresmikan oleh Mendiknas RI berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional bulan Oktober No. 235/D/O/2000 dengan membuka program studi yang memiliki tingkat kebutuhan tertinggi di kawasan industri Batam yaitu Akuntansi (AK), Akuntansi Manajerial (AM), Administrasi Bisnis (AB), Teknik Elektronika, Mekatronika, Teknik Informatika, Multimedia dan Jaringan, Geomatika, dan Teknik Mesin.

Politeknik Negeri Batam pertama sekali berkedudukan di Batu Ampar dan berstatus swasta, pada saat ini telah memiliki gedung sendiri dengan fasilitas yang lengkap berkedudukan di Batam Centre yang diresmikan langsung oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006. Pada tahun 2010 statusnya sudah menjadi perguruan tinggi negeri.

Universitas Internasional Batam (UIB)

Daftar Universitas di Batam – 8 Universitas yang ada di Batam

Universitas Internasional Batam adalah sebuah Universitas di Batam, Indonesia. UIB didirikan oleh Yayasan Marga Tionghoa Indonesia (YMTI) Kota Batam pada tahun 2000. Universitas Internasional Batam merupakan salah satu Universitas swasta di Pulau Batam yang ikut berpartisipasi dalam upaya pembangunan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsat.

Universitas Internasional Batam berdiri sejak tahun 2000 berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 160/D/O/2000, sebagai pengejawantahan kepedulian Yayasan Marga Tionghoa Indonesia (YMTI) di Kota Batam terhadap pendidikan masyarakat di Pulau Batam dan sekitarnya.

STMIK Putera Batam 

Daftar Universitas di Batam – 8 Universitas yang ada di Batam

STMIK Putera Batam adalah sebuah Sekolah Tinggi di Batam, Indonesia. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Putera Batam pada awalnya adalah sebuah Lembaga Pendidikan Komputer dan Bahasa Inggris yang berdiri pada tahun 1992 dengan nama Lembaga Pendidikan Putra Batam. Berkat Landasan yang kuat, visi yang jelas serta dedikasi yang berkesinambungan, maka lembaga pendidikan ini terus berkembang. Pada tahun 2002, berkat dukungan dari masyarakat Kota Batam serta banyaknya peminat dan pesatnya perkembangan komputer dan Bahasa Inggris, maka Lembaga Pendidikan Putra Batam ini memulai era baru menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) guna memenuhi tuntutan masyarakat akan pendidikan tinggi di bidang computer. 

STMIK Putera Batam menyelenggarakan program Sistem Informasi - S1, Manajemen Informatika - D3, serta Komputerisasi Akuntansi - D3 sesuai dengan SK Mendiknas RI No. 261/D/O/2002. Dengan diterbitkannya SK Mendiknas tentang penyelenggaraan program pendidikan tinggi di atas, maka sesuai dengan Keputusan Mendiknas No. 184/U/2001, maka STMIK Putera Batam tidak perlu melaksanakan Ujian Negara dan diperlakukan sama dengan Perguruan Tinggi Negeri.

Universitas Putera Batam (UPB) 

Daftar Universitas di Batam – 8 Universitas yang ada di Batam

Universitas Putera Batam (atau UPB) adalah sebuah Universitas di Batam, Indonesia. Universitas Putera Batam bermula sebagai sebuah Lembaga Pendidikan Komputer dan Bahasa Inggris yang berdiri pada tahun 1992 dengan nama Lembaga Pendidikan Putera Batam. Berkat Landasan yang kuat, visi yang jelas serta dedikasi yang berkesinambungan, maka lembaga pendidikan ini terus berkembang.

Pada tahun 2002, berkat dukungan dari masyarakat dan banyaknya peminat serta pesatnya perkembangan komputer dan Bahasa Inggris, maka Lembaga Pendidikan Putera Batam ini memulai era baru menjadi Akademi Bahasa Asing (ABA) Putera Batam berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 244/D/O/2002, tanggal 28 Oktober 2002 guna memenuhi tuntutan masyarakat akan pendidikan tinggi di bidang komputer. Pada tahun 2008, ABA Putera Batam berubah menjadi Universitas Putera Batam berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 161/D/O/2008 tanggal 15 Agustus 2008

STIKes Mitra Harapan Bunda Persada 

Daftar Universitas di Batam – 8 Universitas yang ada di Batam

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Bunda Persada Batam ( STIkes ) bernaung di bawah Yayasan Harapan Bunda. STIkes Mitra Bunda Persada pada awalnya merupakan Akademi keperawatan yang bersiri pada tahun 2002 dengan SK No.243/D/O/2002 dan Re Status menjadi STIkes pada tahun 2009 denganSK No.145/D/O/2009 dengan menambah 2 Program Studi Baru yaitu DIII kebidanan dan S1 keperawatan dan pada tahun 2014 STIKes Mitra Bunda Persada membuka 2 Program Studi Baru yaitu Program Profesi Ners dengan SK Mendikbud RI No.301/E/O/2014 dan Program S1 Farmasi dengan SK Mendikbud RI No.179/E/O/2014 yang merupakan satu-satunya di Kota Batam.

Universitas Batam 

Daftar Universitas di Batam – 8 Universitas yang ada di Batam

Universitas Batam adalah sebuah universitas yang berlokasi di Jalan Raja Alikelana, Kota Batam, Indonesia yang didirikan oleh Yayasan Griya Husada Kota Batam pada tahun 2000. Universitas Batam didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Republik Indonesia Nomor: 58/D/O/2000 tertanggal 4 Mei 2000.

Universitas Batam mempunyai misi untuk mempersiapkan tenaga-tenaga muda /sarjana yang terampil, berdedikasi tinggi, ulet, punya kompetensi dibidangnya serta bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa. Universitas Batam merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang mempunyai Fakultas Kedokteran di provinsi Kepulauan Riau. Universitas Batam saat ini mempunyai 4 Fakultas dengan 14 Program Studi S1 (sarjana), 4 Program Studi S2 (Magister) dan 1 Program Studi S3 (Doktoral).

STT Ibnu Sina Batam 

Daftar Universitas di Batam – 8 Universitas yang ada di Batam

STT Ibnu Sina Batam (Sekolah Tinggi Teknik ) Batam adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Batam. Perguruan tinggi ini didirikan pada tanggal 28 September 2001. STT IBNU SINA Batam adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Kota Batam, di bawah naungan Yayasan Pendidikan Ibnu Sina. STT Ibnu Sina Batam, dua program studi terakreditasi. Seiring bertambahnya mahasiswa, STT Ibnu Sina Batam menggunakan 3 Gedung lokasi kampus, Gedung C, S, dan Gedung D.

Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA)

Universitas di Batam – Daftar 8 Universitas yang ada di Batam

Universitas Riau Kepulauan atau disingkat UNRIKA merupakan Universitas swasta yang pertama kali beridiri di Kepulauan Riau. UNRIKA merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Batam yang mulai berdiri sejak tahun 1993 oleh Yayasan Perguruan Tinggi Batam (YPTB). Saat ini UNRIKA telah memiliki 5 Fakultas, 14 Program Studi S1 dan 1 Program Studi S2. UNRIKA memiliki Kampus Induk di Jl. Batu Aji Baru No. 99 Kota Batam dan Kampus II di Palm Spring Blok A1 No. 7-7A-8 Batam Centre.

0 Comments