Peluang Usaha Keramik Di Tengah Pandemi Covid-19 Yang Menjanjikan

Peluang Usaha Keramik Di Tengah Pandemi Covid-19 Yang Menjanjikan

Konten [Tampil]
Peluang Usaha Keramik Di Tengah Pandemi Covid-19 Yang Menjanjikan


Produk keramik Indonesia juga sangat digemari di pasar internasional dan memiliki daya saing tinggi karena memiliki kualitas yang baik. Keramik buatan tangan ada di mana-mana. 


Bila kita mendatangi restoran, kafe, atau toko dengan desain interior yang estetis, umum kita menjumpai keramik sebagai bagian dari perabot, alat makan, hiasan, hingga elemen ruangan lainnya. Peluang Usaha Keramik Di Tengah Pandemi Covid-19, tidak jarang pula media gaya hidup menampilkan keramik dengan bentuk yang artistik sebagai bagian dari tatanan foto editorial mereka.

 

Keberadaan keramik buatan tangan karya pengrajin atau brand lokal di kehidupan sehari-hari kini kian dekat, hingga membuatnya memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang untuk berkecimpung menekuni dunia keramik, mulai dari sekedar hobi, pelepas rasa jenuh, hingga menjadikannya sebagai bisnis. 

 

Bisnis Keramik di tengah pandemi juga sangat manjanjikan, karena selain harganya yang sangat fantastis bahan bakunya mudah di dapatkan bahkan bahan bakunya tidak memerlukan biaya sama sekali. Industri keramik termasuk salah satu industri yang sangat strategis, selain bahan baku yang melimpah, industri ini banyak menyerap tenaga kerja dan didukung oleh pasar dalam negeri yang sangat besar. 


Walupun bisnis kemarik ini sangat sulit turutama untuk kaum yang tidak sepashion dengan latar belakang. Namun jika berusaha pasti bisa seorang pembisnis harus melewati fase nyaman.

 

Potensi Bisnis Keramik

Produk keramik Indonesia juga sangat digemari di pasar internasional dan memiliki daya saing tinggi karena memiliki kualitas yang baik. Menurut riset CDMI Consulting, ekspor keramik Indonesia dalam lima tahun terakhir (2013-2017) terus meningkat. 


Peluang Usaha Keramik Di Tengah Pandemi Covid-19,Pada tahun 2013 ekspor keramik tile sebanyak 36.85 juta meter kubik (M2) dengan nilai US$ 44,22 juta ditahun 2017 ekspornya meningkat menjadi 51,69 juta M2 senilai US$ 75,87 juta. Negera tujuan terbesar adalah Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Taiwan, Australia dan Amerika Serikat.

 

Kesulitan Binis Keramik

Hasil jadi keramik kadangkala tidak terprediksi, mulai dari kemungkinan retak, penyusutan, warna yang berbeda, dan lain sebagainya. Namun, Kika menjelaskan, hal ini bukan berarti lantas kita tidak bisa mengembangkan produk yang ada semaksimal mungkin. 


Di Kaloka Pottery sendiri, bila ada produk yang tidak sesuai standar yang ditetapkan, dapat dialihfungsikan untuk keperluan yang lain. Misalnya, sebagai pot tanaman, yang hasil penjualannya lantas disumbangkan untuk beberapa proyek lingkungan.

 

Proses Penjualan Bisnis Keramik

Agar bisnis kita berjalan dengan lancar selain tekat yang kuat dalam hal berbisnis kita juga tak heran lagi pemasaran bisnis keramik dapat dilakukan dengan media sosial banyak media sosial yang memberikan platform yang khusus untuk mempromosikan prodak mereka di platform tersebut yaitu; Website, Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan Tiktok. Kita harus memanfaatkan platform tersebut karena sangat mempengaruhi hasil penjualan.

 

Penutup

Kerajinan keramik merupakan jenis kerajinan yang dibuat dari pembentukan dan pembakaran tanah liat sehingga mengalami perubahan sifat. 


Dalam hal ini, perubahan sifat yang dimaksud ialah pada tanah liat itu sendiri. Contohnya, sebelum dibakar tanah liat cenderung memiliki sifat yang masih mudah hancur. Peluang Usaha Keramik Di Tengah Pandemi Covid-19. Namun, setelah mengalami proses pembakaran, sifatnya menjadi lebih kuat.



Sumber Dari : dmione.com

0 Comments