Universitas Kedokteran di Lampung – Daftar Fakultas Kedokteran

Universitas Kedokteran di Lampung – Daftar Fakultas Kedokteran

Konten [Tampil]
Universitas Kedokteran di Lampung – Daftar Fakultas Kedokteran

Kedokteran (bahasa Inggris: medicine) adalah ilmu dan praktik dari diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit. Kata medicine berasal dari bahasa Latin medicus, yang berarti "dokter". Kedokteran meliputi berbagai praktik perawatan kesehatan yang berkembang untuk mempertahankan dan memulihkan kesehatan dengan pencegahan dan pengobatan penyakit. Kedokteran kontemporer menggunakan ilmu biomedis, penelitian biomedis, genetika, dan teknologi medis untuk mendiagnosis, mengobati, dan mencegah cedera dan penyakit, biasanya melalui obat-obatan atau bedah, tetapi juga melalui terapi yang beragam, antara lain, psikoterapi, splint dan traksi eksternal, peralatan medis, biologis, dan radiasi pengionisasi.

Kedokteran telah ada selama ribuan tahun, selama sebagian besar dari itu adalah seni (area dari keterampilan dan pengetahuan) yang sering memiliki hubungan dengan keyakinan agama dan filsafat dari budaya lokal. Misalnya, seorang dukun akan menggunakan tanaman obat dan berdoa untuk kesembuhan, atau filsuf dan dokter kuno akan mengeluarkan darah menurut teori humoralisme. Dalam abad-abad terakhir, sejak munculnya ilmu pengetahuan modern, kebanyakan dari kedokteran telah menjadi kombinasi seni dan ilmu pengetahuan (baik dasar dan terapan, di bawah payung ilmu kedokteran). Sementara teknik untuk melakukan jahitan adalah seni yang dipelajari melalui praktik, pengetahuan tentang apa yang terjadi pada tingkat sel dan molekuler pada jaringan yang dijahit muncul melalui ilmu pengetahuan.

Bentuk pra-ilmiah kedokteran sekarang dikenal sebagai pengobatan tradisional dan pengobatan rakyat. Mereka tetap umum digunakan dengan atau sebagai ganti pengobatan ilmiah dan dengan demikian disebut pengobatan alternatif. Misalnya, bukti efektivitas akupunktur adalah "bervariasi dan tidak konsisten" untuk kondisi apapun, tetapi umumnya aman bila dilakukan oleh praktisi yang terlatih.  Sebaliknya, perawatan di luar batas-batas keamanan dan kemanjuran disebut sebagai perdukunan.

Daftar Universitas Kedokteran di Lampung

Universitas Malahayati

Universitas Kedokteran di Lampung – Daftar Fakultas Kedokteran

Dalam rangka mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran serta perkembangan tuntutan kebutuhan masyarakat dan pembangunan dimasa datang, serta bertolak dari tujuan pendidikan dokter, pengembangan dan pembinaan, maka pendidikan dokter di Indonesia sebaiknya berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan latar belakang tersebut, didirikanlah Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Bandar Lampung pada tanggal 2 Juli 1994.

Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati 

saat ini memiliki beberapa program studi, terdiri dari : 

Pendidikan Dokter

Sarjana

  1. S1 Program Pendidikan Dokter (S.Ked)
  2. Keperawatan

Diploma

  1. DIII Keperawatan

Sarjana

  1. S1 Keperawatan
  2. Kebidanan

Diploma

  1. DIII Kebidanan
  2. DIV Bidan Pendidik
  3. Farmasi

Diploma

  1. DIII Farmasi
  2. Psikologi

Profesi

  1. Program Profesi Dokter (dr.)
  2. Program Profesi Nurse (Ns.)

Keberadaan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati mempunyai latar belakang daerah yang bermacam-macam dari seluruh penjuru Indonesia, dengan jumlah peminat yang mengalami kenaikan setiap tahun, terutama bertambahnya mahasiswa dari Provinsi Lampung sendiri.

Seiring dengan kemajuan pembangunan Nasional, untuk memperluas jangkauan serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, dalam rangka mencapai derajat kesehatan masyarakat secara optimal, maka Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati senantiasa berusaha mengembangkan peran aktifnya dalam pembangunan Indonesia umumnya dan pendidikan kesehatan melalui program studi kedokteran umum khususnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut diatas senantiasa dilakukan usaha-usaha maksimal untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di lingkungan Fakutas Kedokteran Universitas Malahayati, sehinga mampu meluluskan dokter-dokter berkualitas sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Kedokteran.

Visi

Tewujudnya Program Studi Pendidikan Dokter yang menghasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing tinggi, khususnya di bidang pelayanan kedokteran primer dengan pendekatan Kedokteran Keluarga, serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada tahun 2012.

Misi

  1. Menghasilkan Sarjana Kedokteran dan Dokter yang bermutu dan berdaya saing tinggi, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengembangkan kurikulum pendidikan dokter yang berbasis kompetensi, terintegrasi dengan menekankan pada proses belajar mengajar berdasarkan masalah.
  3. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi : pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, khususnya dibidang pelayanan kedokteran primer dengan pendekatan kedokteran keluarga.
  4. Meningkatkan daya dukung sarana dan prasarana secara berkelanjutan.
  5. Meningkatkan kualitas tenaga pengajar sesuai dengan kompetensi.
  6. Memperluas jaringan kerjasama dengan institusi pemerintah maupun swasta secara nasional dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan.

Tujuan

  1. Bersifat terbuka dan tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terintegrasi dalam proses belajar mengajar berdasarkan masalah.
  2. Mampu mencermati dinamika perubahan yang terjadi dimasyarakat dengan lebih mengedepankan manajemen pelayanan kedokteran primer dengan pendekatan kedokteran keluarga.
  3. Mampu mengenali dan menganalisis masalah kesehatan di dalam keluarga secara tepat, dan bersama-sama melakukan upaya pemecahan masalah.
  4. Mampu mendidik dan meningkatkan peran serta keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatannya.

Universitas Lampung

Universitas Kedokteran di Lampung – Daftar Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (FK Unila) terus berbenah untuk menjadi salah satu Fakultas Kedokteran terbaik di negeri ini. Walaupun masih terbilang muda, FK Unila sudah menjadi salah satu Fakultas Kedokteran yang terakreditasi “B”. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung memiliki 4 program studi yaitu Program Studi Dokter, Program Studi Profesi Dokter, Program Studi Farmasi, Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Serta Fk Unila terus berusaha meningkatkan jumlah Prodinya.

Buku Profil FK Unila ini diterbitkan untuk memberikan informasi terkini mengenai FK Unila secara garis besar. Untuk kalangan eksternal buku profil ini diharapkan menjadi sarana untuk mengenal FK Unila lebih baik. Orang mengatakan “ tak kenal maka tak sayang”, dengan mengenal semoga masyarakat luas dapat semakin dekat dengan FK Unila. Untuk kalangan internal, buku profil ini diharapkan memberikan rasa bangga dan turut mendorong peningkatan kinerja staf akademik dan penunjang akademik.

Visi Misi

Visi

“Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter Yang Unggul, Inovatif, Dan Berdaya Saing Di Tingkat Nasional Dengan Kekhususan Agromedicine”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang berkualitas dan inovatif untuk menghasilkan dokter yang profesional dan beretika dengan kekhususan agromedicine.
  2. Melaksanakan penelitian dasar dan terapan yang inovatif sebagai pengembangan ilmu pengetahuan kedokteran terutama bidang agromedicine.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif sebagai wujud penerapan ilmu kedokteran khususnya di bidang agromedicine

0 Comments