Universitas Terbuka Surabaya – Daftar Fakultas dan Program Studi

Universitas Terbuka Surabaya – Daftar Fakultas dan Program Studi

Konten [Tampil]
Universitas Terbuka Surabaya – Daftar Fakultas dan Program Studi

Universitas Terbuka (UT) didirikan dengan Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1984 pada tanggal 4 September 1984 sebagai Perguruan Tinggi Negeri ke-45. UT sepenuhnya menggunakan mode pembelajaran pendidikan jarak jauh. UT dirancang untuk menjadi universitas yang fleksibel dan murah dengan fokus melayani orang-orang yang tidak memiliki kesempatan untuk menghadiri sistem pendidikan tinggi mode tatap muka karena berbagai kendala, termasuk kurangnya dana, tinggal di daerah terpencil dan pedesaan, dan pekerjaan. serta komitmen lainnya. Sistem UT terus berkembang dan meningkat dalam hal sistem belajar-mengajar, manajemen, dan layanan dukungan bagi siswa. Dengan demikian, posisi UT saat ini tidak hanya mencerminkan perkembangan dan pencapaiannya di masa lalu, tetapi juga arah masa depan dalam konteks kebutuhan peserta didik dalam masyarakat Indonesia.

Sebagai sebuah institusi, UT telah melalui berbagai periode perubahan dan pertumbuhan, baik yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Secara internal dalam hal pendidikan, UT terus mengalami perubahan, inovasi, dan perbaikan. UT juga telah menyesuaikan diri dalam menanggapi tekanan eksternal untuk perubahan dan tantangan perubahan tuntutan oleh klien dan pemangku kepentingan. Perbaikan berkelanjutan adalah proses yang tidak terputus dan berlangsung lama, yang harus dijaga, dipelihara, dan ditingkatkan oleh seluruh jajaran manajemen dan staf UT. Prinsip inilah yang akan memastikan tempat UT sebagai lembaga pembelajaran terbuka dan jarak jauh yang berkelanjutan dan bereputasi tinggi, yang akan terus berkembang dan meningkatkan peran pentingnya di masa depan. Sistem UT juga terus berkembang dan ditingkatkan dalam hal sistem belajar mengajar, manajemen, dan layanan dukungan bagi siswa. Dengan demikian, posisi UT saat ini tidak hanya mencerminkan perkembangan dan pencapaiannya di masa lalu, tetapi juga arah masa depan dalam konteks kebutuhan peserta didik dalam masyarakat Indonesia. Saat ini UT menyediakan empat fakultas dengan 33 program studi, enam program magister dan memiliki 320.000 mahasiswa yang tinggal di seluruh nusantara dan di 36 negara.

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Pendidikan dan Keguruan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan dirancang untuk meningkatkan keterampilan profesional guru dalam jabatan, meliputi kemampuan, keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Fakultas ini memiliki sebelas program studi sarjana sebagai berikut:

  1. Pendidikan usia dini
  2. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  3. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  4. Pendidikan Bahasa Inggris
  5. Pendidikan Matematika
  6. Pendidikan Biologi
  7. Pendidikan Kimia
  8. Pendidikan Fisika
  9. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  10. Pendidikan Ekonomi
  11. Pendidikan Teknologi Pendidikan

Program Magister:

  1. Program Magister Pendidikan Matematika
  2. Program Magister Pendidikan Dasar
  3. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Sains dan Teknologi

Fakultas Sains dan Teknologi

Fakultas ini memiliki lima program studi sarjana:

  1. Matematika
  2. Statistik
  3. Biologi
  4. Agribisnis
  5. Perencanaan Wilayah dan Kota

Program Master:

  1. Program Magister Manajemen Perikanan

Fakultas Ekonomi

Seperti halnya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi terbuka untuk lulusan SMA dan profesional yang berpengalaman.

Program studi sarjana yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Pertumbuhan ekonomi
  2. Pengelolaan
  3. Akuntansi

Program Master:

  1. Program Magister Manajemen

Program Doktor:

  1. Program Doktor Ilmu Manajemen

Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terbuka untuk lulusan SMA dan profesional yang berpengalaman.

Ada tujuh program studi sarjana yang ditawarkan oleh fakultas.

  1. Administrasi Bisnis
  2. Ilmu Pemerintahan
  3. Hukum
  4. Ilmu Pemerintahan
  5. Ilmu Komunikasi
  6. Ilmu Perpustakaan
  7. Bahasa dan Sastra Inggris
  8. Sosiologi

Program Diploma:

  1. Diploma empat di Arsip
  2. Diploma tiga Perpajakan

Program Master:

  1. Program Magister Administrasi Publik

Program Doktor:

  1. Program Doktor Ilmu Administrasi Publik

Program Sertifikat

Selain program yang terdapat di Fakultas, Universitas Gratis juga menawarkan program sertifikat di antaranya, Program Sertifikat Administrasi Pemerintahan Desa, BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing), Sekolah, Program Sertifikat Administrasi, Program Sertifikat Statistik untuk Aparatur Pemerintah Desa, Sertifikat Akuntansi Keuangan Daerah Program dan Program Sertifikat Karya Ilmiah untuk Guru.

Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA-UT)

Program Bahasa Indonesia (ILP) atau Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA-UT) adalah program sertifikat untuk non-penutur asli bahasa Indonesia. Ini dirancang dan dikelola oleh Universitas Terbuka (Universitas Terbuka Indonesia) untuk memfasilitasi non-penutur asli yang ingin belajar dan meningkatkan kemahiran dalam bahasa, namun, tanpa harus secara fisik menghadiri kelas konvensional.

0 Comments