Universitas Hukum Terbaik di Indonesia– 10 Daftar Universitas Hukum dengan Akreditas A

Universitas Hukum Terbaik di Indonesia– 10 Daftar Universitas Hukum dengan Akreditas A

Konten [Tampil]
Universitas Hukum Terbaik di Indonesia– 10 Daftar Universitas Hukum dengan Akreditas A

Untuk Yang berencana melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi mungkin sedang mencari universitas jurusan hukum terbaik. Nah, The World University Rankings atau WUR pernah mengeluarkan data yang detikers cari tersebut.

Untuk detikers yang adalah lulusan jurusan Hukum, nantinya ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan. Misalnya saja sebagai notaris, hakim, pengacara, jaksa, HRD, staf kementerian, dan sebagainya. Dengan memilih kampus yang memiliki jurusan Hukum terbaik, maka akan sangat mendukung proses pembelajaran detikers. Sehingga bisa lulus dan mencapai impian sesuai dengan apa yang diharapkan para detikers.

Indonesia termasuk dalam salah satu negara yang menyediakan pilihan sekolah jurusan hukum terbanyak di dunia. Seperti yang kita ketahui, setiap tahunnya selalu ada peningkatan jumlah pendaftar sekolah hukum. Hukum menjadi pilihan tiga besar peminatnya bagi para peserta SBMPTN di beberapa tahun terakhir.

Hukum menjadi poin mendasar di setiap proses kehidupan masyarakat. Hukum mengatur seluruh seluruh aktivitas kita, baik dari berbelanja di supermarket, hak dan sanksi dalam masyarakat, hingga bagaiamana negara ini dapat dijalankan. Jurusan hukum akan menjelaskan tentang mengapa hukum itu ada dan bagaimana peraturan perundang-undangan di Indonesia akan memayunginya. Salah satu subjek utama yang akan dibahas dalam jurusan hukum adalah ilmu sosial dan kemanusiaan.

Yang menjadi menarik, selain itu hukum adalah hal yang menarik, bidang hukum yang menjanjikan prospek kerja yang cukup besar dan lagi daya penerimaan siswa yang cukup banyak.

Jika Anda termasuk dalam orang yang memiliki daya pikir kritis dan suka menganalisis, hukum adalah rekomendasi yang baik untuk sekolah lanjutan Anda. Kenali diri Anda dan pertimbangkan hal ini.

Daya sekolah hukum tidak hanya berlaku untuk sekolah-sekolah negeri, beberapa pilihan sekolah swasta di Indonesia juga memberikan reputasi yang sangat baik bagi Anda. Temukan dan cari disini salah satunya.

Daftar Universitas dengan Jurusan Hukum Terbaik Di Indonesia Dengan Akreditas A

Berikut adalah beberapa universitas yang menyediakan jurusan hukum dengan kualitas terbaik di Indonesia menurut The World University Rankings (WUR) yang perlu diketahui beberapa detik sebelumnya.

Universitas Diponegoro

Universitas Hukum Terbaik di Indonesia– 10 Daftar Universitas Hukum dengan Akreditas A

Fakultas Hukum Universitas Diponegoro disingkat FH UNDIP merupakan pertama dua di Universitas Diponegoro ketika berdiri pada tahun 1957. Fakultas Hukum Universitas Diponegoro merupakan Fakultas pertama dan merupakan titik pangkal berdirinya Universitas Diponegoro. Berdirinya Fakultas Hukum Universitas Diponegoro tidak dari beberapa tokoh diantaranya Bapak Imam Bardjo, waktu lepas dari Kepala Kejaksaan atau Pengawas Kejaksaan di Jawa Tengah dan Yogyakarta, Bapak Sudarto, Bapak Soesanto Kartoatmodjo, dan Bapak Dan Soelaiman, ketiganya jaksa di Semarang .

Universitas Indonesia

Universitas Hukum Terbaik di Indonesia– 10 Daftar Universitas Hukum dengan Akreditas A

Fakultas Hukum Universitas Indonesia atau dikenal dengan FH UI merupakan yang masuk ke dalam kelompok Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Indonesia. Saat ini, FH UI dipimpin oleh Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M. menyelenggarakan program pendidikan pada tingkat Sarjana (S1), Profesi, Magister (S2), dan Doktor (S3). FH UI adalah sekolah hukum yang pertama di Indonesia.

Universitas Padjajaran

Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia – 10 Daftar Universitas Hukum dengan Akreditas A

Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) berdiri pada tahun 1957 dan merupakan salah satu dari empat fakultas perintis Unpad. Fakultas memainkan peran sentral dalam membangun dan mempromosikan filosofi Unpad dalam kegiatan akademiknya, yaitu “membina hukum dan lingkungan dalam pembangunan nasional”. Visi ini menjadi landasan utama bagi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat di Fakultas Hukum. Melalui penelitian mereka, banyak staf akademik kami telah terlibat dalam pembuatan kebijakan nasional di berbagai bidang hukum. Fakultas Hukum juga terkenal dengan metode pengajarannya yang inovatif, yang meliputi Klinik Hukum dan pembelajaran yang berpusat pada siswa dalam berbagai kursus. Saat ini, Fakultas Hukum dengan 9 departemennya dan 16 pusat penelitian/lab menawarkan empat program studi.

Universitas Brawijaya

Universitas Hukum Terbaik di Indonesia– 10 Daftar Universitas Hukum dengan Akreditas A

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya atau disingkat FH-UB adalah salah satu fakultas di Universitas Brawijaya, Malang, yang merupakan fakultas paling tua di UB. Fakultas Hukum Universitas Brawijaya semula bernama Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM) berdiri pada 1 Juli 1957 atas Prakarsa Yayasan Perguruan Tinggi Malang (YPTM).

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya semula bernama Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM) berdiri pada 1 Juli 1957 atas Prakarsa Yayasan Perguruan Tinggi Malang (YPTM). Dalam perkembangan selanjutnya, dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kotapraja Malang, PTHPM diakui sebagai milik Kotapraja Malang dan merupakan bagian dari Universitas Kotapraja Malang. Peresmian pengakuan dilakukan pada 1 Juli 1960 bertepatan dengan upacara peringatan Dies Natalis III PTHPM.

Universitas Gadjah Mada

Universitas Hukum Terbaik di Indonesia– 10 Daftar Universitas Hukum dengan Akreditas A

Fakultas Hukum UGM yang telah genap berusia 70 tahun pada 17 Februari 2016 merupakan fakultas hukum pertama yang didirikan oleh Republik Indonesia yang telah berdaulat. Dalam perjalanannya untuk mewujudkan semangat from good to great faculty of law, Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) telah memberikan kontribusi penting dalam perkembangan bangsa dan negara, dan khususnya pada perkembangan ilmu hukum di Indonesia. Banyak pendapat dan pemikiran yang lahir, tumbuh, dan kemudian menyebar dari Fakultas Hukum UGM yang kemudian digunakan untuk memperkuat dan memperbaiki sistem hukum Indonesia, selaras dengan cita Fakultas Hukum UGM untuk menciptakan Bulaksumur School of Legal Thoughts. Berbagai prestasipun telah dicapai oleh Fakultas Hukum UGM baik dalam skala nasional maupun internasional.

Dalam rentang waktu 70 tahun berbagai peristiwa telah terdokumentasikan dan terangkai sebagai jejak-jejak perjalanan Fakultas Hukum UGM sebagai lembaga yang dinamis dalam memantapkan langkahnya menuju kualitas tinggi, integrasi internal, dan koneksi global dalam forum nasional dan internasional. Berbagai hal monumental yang pernah dicapai akan senantiasa menjadi inspirasi bagi generasi sekarang dan yang akan datang untuk mengukir prestasinya. Berikut merupakan rekam jejak kelembagaan Fakultas Hukum UGM sejak awal pendiriannya hingga saat ini.

Universitas Sriwijaya

Universitas Hukum Terbaik di Indonesia– 10 Daftar Universitas Hukum dengan Akreditas A

Fakultas Hukum didirikan pada tanggal 31 Oktober 1957 di bawah naungan Yayasan Perguruan Sjakhyakirti dan berstatus swasta. Pada tanggal 17 September 1960 oleh Yayasan Perguruan Sjakhyakirti, Fakultas Hukum ini diserahkan kepada Universitas Sriwijaya (UNSRI). Pada tanggal 14 Febriari 1961, dibuka Fakultas Hukum UNSRI Cabang Lampung yang kemudian memisahkan diri dari UNSRI pada tahun 1963 untuk bergabung dengan Universitas Lampung.

Universitas Udayana

Universitas Hukum Terbaik di Indonesia– 10 Daftar Universitas Hukum dengan Akreditas A

Fakultas Hukum Universitas Udayana terbentuk pada tanggal 26 Agustus 1964. Fakultas Hukum dibentuk atas dasar pemikiran bahwa Bali merupakan daerah yang kaya dengan nilai-nilai hukum adat dan perlu digali, dibina, serta dikembangkan dalam rangka memperkaya khasanah hukum nasional. Untuk melakukan penggalian, pengembangan dan pembinaan nilai-nilai hukum adat ini perlu dipersiapkan tenaga-tenaga ahli di bidang hukum. Karena itulah Fakultas Hukum dibentuk.

Universitas Hasanuddin

Universitas Hukum Terbaik di Indonesia– 10 Daftar Universitas Hukum dengan Akreditas A

Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin merupakan salah satu arsitektur tertua di Universitas Hasanuddin. didirikan pada tanggal 3 Maret 1952 sebagai cabang dari Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat Universitas Indonesia. Keberhasilan pendirian Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat pada waktu itu, tidak lepas dari upaya maksimal para pejuang perguruan tinggi yang tergabung dalam Badan Perguruan Tinggi di Makassar. [Hukum merupakan cikal bakal dari Universitas Hasanuddin bersama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Kedokteran. Fakultas ini merupakan kedua yang ada di Universitas Hasanuddin.

Universitas Andalas

Universitas Hukum Terbaik di Indonesia– 10 Daftar Universitas Hukum dengan Akreditas A

Fakultas Hukum Universitas Andalas (FHUA) merupakan sekolah hukum tertua di Pulau Sumatera dan ketiga tertua di Indonesia, setelah Fakultas Hukum Universitas Indonesia di Depok dan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.[1] Pada saat ini, FHUA dipimpin oleh Busyra Azheri dan menyelenggarakan pendidikan di tingkat sarjana, magister, dan doktoral.

Universitas Sumatera Utara

Universitas Hukum Terbaik di Indonesia– 10 Daftar Universitas Hukum dengan Akreditas A

Alumni Fakultas Hukum USU terkenal dengan kariernya yang gemilang di tingkat nasional maupun internasional, lho, Quipperian. Salah satu alumni FH USU ialah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly, di kabinet kerja Presiden Joko Widodo. Wah, tidak perlu diragukan lagi ya kualitas alumni USU!

0 Comments