Kerjasama Distributor Sembako Dengan Keterbatasan Modal

Kerjasama Distributor Sembako Dengan Keterbatasan Modal

Konten [Tampil]
Kerjasama Distributor Sembako Dengan Keterbatasan Modal


Dalam merencanakan untuk memulai bisnis Kerjasama DistributorSembako, banyak hal yang harus dipikirkan. Salah satunya mencari distributor yang bisa membantu mempromosikan toko dengan menyediakan kebutuhan pokok dengan harga murah, sehingga pemilik toko bisa mendapatkan omzet yang melimpah.

 

Kerjasama Distributor Sembako

Bagaimana cara terbaik untuk Kerjasama Distributor Sembako untuk mendukung bisnis? Simak tipsnya di bawah ini:

 

Mencari Distributor Melalui Internet

Anda dapat memanfaatkan teknologi canggih untuk membantu menemukan distributor terbaik. Dengan memasukkan kata kunci yang tepat, daftar distributor sembako online dan offline akan muncul di berbagai daerah di Indonesia untuk referensi.

 

Referensi distributor sembako offline:

1.   Bergabung dengan Mitra SRC

2.   Buana AbadiBandung

3.   Bulog

4.   Global Jaya Sembako Surabaya

 

Referensi distributor sembako online:

1.   BukaLapak

2.   Pesenin.ID

3.   TokoPedia

 

Datang Langsung ke Alamat Distributor

Setelah mendapatkan beberapa referensi distributor sembako terbaik di kota Anda, Anda bisa datang langsung ke lokasi untuk bertanya seputar kerjasama atau cek kualitas produk. Meski murah, pastikan produk yang Anda jual tidak murahan.

 

 
Pertimbangkan Kualitas Layanan dan Konsistensi Distributor

Sebelum Anda mengajukan kemitraan, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal untuk memastikan bisnis Anda tidak mengalami masalah di kemudian hari, termasuk kualitas layanan yang diberikan oleh distributor, dan konsistensi dalam memasok produk ke toko Anda.

 

Keuntungan Bekerjasama dengan Distributor Sembako

Kerjasama Distributor Sembako memberikan keuntungan bagi pemilik toko. Beberapa kelebihannya antara lain sebagai berikut:

 

Kemudahan Mendapatkan Stok Barang

Berkolaborasi dengan distributor memungkinkan pemilik toko untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan dengan mudah. Apalagi saat stok di pasaran semakin menipis, Anda tidak perlu repot datang ke berbagai tempat untuk mencari barang-barang yang dibutuhkan toko.

 

Produk yang Dijual Lebih Lengkap

Pemilik toko berkesempatan mendapatkan berbagai jenis produk yang diinginkan dengan cepat dan mudah. Sehingga jumlah dan jenis produk yang dijual lebih beragam. Tak bisa dipungkiri, toko yang menjual barang lengkap lebih disukai pembeli.

 

Harga Lebih Bersaing

Sebagai pemilik toko, Anda bisa memberikan harga jual yang lebih kompetitif dibandingkan kompetitor. Karena Anda bisa mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah dari pasaran. Sudah menjadi rahasia umum bahwa distributor sembako umumnya mematok harga yang dinilai sangat murah.

 

Meningkatkan Keuntungan dan Pendapatan

Harga murah selalu menjadi magnet bagi pembeli. Jika Anda menjual barang dengan harga bersaing, kemungkinan akan mudah mendapatkan pelanggan. Semakin banyak pembeli yang datang, semakin besar keuntungannya.

 

Pemesanan Barang Lebih Cepat

Perkembangan teknologi saat ini memang membuat segalanya menjadi lebih praktis, termasuk memesan barang dari distributor. Sebagai agen tentunya Anda akan diprioritaskan. Bukan tidak mungkin Anda diperbolehkan memesan barang melalui gadget.

 
Syarat Kerjasama Distributor Sembako

Syarat & Ketentuan kerjasama dengan distributor sembako sebenarnya berbeda-beda, karena tergantung kebijakan masing-masing distributor.

 

Jika Anda sudah memiliki pilihan distributor yang dianggap potensial, maka Anda bisa langsung bertanya kepada pihak terkait.

 

Kerjasama dengan distributor sembako Bulog, misalnya. Pemilik toko hanya perlu datang ke kantor Bulog terdekat dengan membawa kartu identitas, seperti KTP. KK, dan surat keterangan dari RW setempat. Namun jumlah peserta terbatas yaitu hanya satu ruko dalam satu RW.

 

Jadi, siapa yang cepat maka dia akan mendapatkannya. Hanya dengan membawa syarat di atas, pemilik toko bisa mendapatkan pasokan sembako dengan harga murah.

 

 Menariknya, Anda bisa memesan produk Bulog di RPK tanpa ada batasan jumlah atau kuantitas. Sangat menggoda bukan?

 

Namun harus diingat, jika ingin mendapatkan harga yang super murah, maka ada syarat minimal pembelian yang harus diikuti, misalnya harus membeli beberapa ton beras.

 

Selain itu, ada ketentuan lain yang harus diperhatikan oleh agen sembako Bulog.

Salah satunya dengan tidak menaikkan harga di atas harga pasar. Dengan kata lain, harga sembako di toko Anda harus mengikuti harga pasar dan jika mungkin lebih murah, agar bisa memasok ke toko-toko yang lebih kecil.

 

Jika agen melakukan pelanggaran, seperti menaikkan harga, kerjasama akan dihentikan, dan Bulog akan menghentikan pasokan kebutuhan pokok kepada para pelanggar.


Modal Usaha Toko Kelontong (Sembako)

Perlu Anda ketahui, bahwa besaran modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis toko kelontong sebenarnya tidak pasti. Karena tergantung dengan siapa Anda bekerja, berapa banyak produk yang ingin Anda pesan, lokasi usaha (tentunya tidak perlu modal jika sudah memiliki tempat sendiri).

 

Selain itu, Anda juga harus bisa menganalisa biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi pembuatan toko, mempekerjakan karyawan (toko besar), dan lain sebagainya.

 

Secara umum modal dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu modal investasi dan modal operasional usaha dalam menjalankan suatu usaha. Dari uraian tersebut tentunya dapat Anda simpulkan bahwa anggaran yang dibutuhkan untuk memulai usaha dagang makanan tidaklah sedikit.

 

Untuk menghemat uang, Anda dapat menerapkan tips sederhana di bawah ini:

Buka toko di rumah jadi tidak perlu sewa tempat.

 

Bekerjasama dengan distributor sembako

Jangan mempekerjakan karyawan di awal-awal membuka toko, sebaiknya tunggu dan lihat bagaimana bisnis berkembang, setidaknya dalam beberapa bulan.

 

Kerjasama distributor sembako ini memang sangat menguntungkan bagi pemilik toko. Selain bisa mendapatkan barang dengan lebih mudah dengan harga murah, bisnis Anda juga berpotensi besar untuk meraup omzet yang tinggi. Apalagi jika Anda gencar mempromosikan barang dagangan di toko tersebut.

 

Tips Jualan Sembako

Kerjasama dengan distributor sembako dapat dijadikan sebagai pilihan bisnis yang menjanjikan karena memiliki potensi jual yang tinggi. Selain itu, konsumen dari berbagai kalangan semua membutuhkannya, tanpa memandang kelas sosial.

 

Namun, sampai saat ini masih banyak yang bingung bagaimana cara membuka warung sembako? Jadi, sebelum membuka toko kelontong, tentukan dulu lokasinya.

 

Karena sebagai bisnis yang berkaitan dengan pemenuhan hajat hidup orang banyak, lokasi yang strategis menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan agar dapat menjangkau konsumen secara luas.

 

Berikut ini adalah rekomendasi lokasi saat Anda ingin membuka toko kelontong yang akan membuat toko kelontong Anda laris manis:

 

Dalam Area Pasar

Sebagai tempat berkumpulnya konsumen, pasar jelas menjadi salah satu lokasi yang paling strategis untuk jual beli kebutuhan pokok.

 

Pengunjung pasar adalah calon konsumen yang ingin membeli kebutuhan pokok rumah tangga, termasuk bahan pokok seperti beras, gula, minyak, dan sebagainya.

 

Saat banyak orang yang dikenal dengan pelayanan dan harga yang murah, toko kelontong Anda di pasaran tidak perlu lelah berpromosi demi mengejar konsumen.

 

Kawasan Pemukiman

Tidak ada rumah tangga yang tidak membutuhkan kebutuhan pokok. Oleh karena itu, kawasan pemukiman atau pemukiman sangat strategis jika ingin membuka warung sembako di sini.

 

Konsumen dari daerah ini adalah mereka yang malas jalan-jalan ke pasar dan ingin lebih praktis.

 

Kawasan Kuliner atau Warung Makan

Lokasi yang strategis untuk membuka usaha sembako selanjutnya adalah di kawasan warung makan atau usaha kuliner. Mereka yang menjalankan bisnis kuliner tentunya membutuhkan pasokan beras, gula, minyak goreng, telur, dan bahan lainnya dalam jumlah besar.

 

Tempat ini bisa menjadi pilihan bagi mereka karena dengan membeli sembako di daerah terdekat, mereka akan diuntungkan dengan biaya transportasi yang minim dan juga kecepatan dalam mendapatkan pasokan bahan pokok kapanpun mereka membutuhkannya.

 

Kawasan Kontrakan atau Kost-Kostan

Selain kebutuhan rumah tangga, kebutuhan pokok juga diperlukan bagi sebagian dari mereka yang mengontrak atau mengontrak rumah kos.

 

Jika di daerah tempat tinggal Anda banyak terdapat rumah kontrakan dan kos-kosan, berarti lokasi tersebut sangat cocok untuk mendirikan warung sembako. Anda dapat menarik sejumlah konsumen yang merupakan anak-anak dari rumah kos atau bahkan dari warung makan atau warteg di sekitar daerah Anda.

 

Penutup

Dalam menjalin Kerjasama Distributor Sembako, Anda tidak perlu takut dengan keterbatasan modal yang Anda miliki. Anda tetap bisa mengajukan pinjaman modal ke lembaga keuangan bank atau lembaga keuangan bukan bank (LKNB) di daerah terdekat.

 

Tidak ada salahnya membuka toko kelontong kecil-kecilan di depan rumah Anda. Jika Anda mampu mengelola uang dengan baik, tentunya Anda akan bisa mengembangkannya menjadi lebih besar nantinya.

 

Sumber: pengadaanbarang.co.id