Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit | Universitas Indonesia

Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit | Universitas Indonesia

Konten [Tampil]
Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit | Universitas Indonesia


Universitas Indonesia sendiri jadi salah satu kampus dambaan banyak orang. Lokasinya ada di Depok dan memiliki banyak kemudahan akses ke semua fasilitas yang diperlukan.

Namun dilihat dari pejuang yang mendaftar di berbagai kalangan ada beberapa Fakultas yang sedikit dimintai oleh para pejuang. Setidaknya ada 10 jurusan yang jarang diminati di kampus ini dan inilah Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit.

Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit

Bidang Saintek

1. Geografi

Kenapa jurusan ini sangat sepi peminatnya, ya pada jenjang SMA pasti kalian sudah mempelajari mata pelajaran ini bukan, tentu mata pelajaran ini sangat tidak di sukai oleh siswa/wi. Ini faktor penyebab sepinya minat mahasiswa dalam memilih jurusan Geografis

1. Metode Mengajar Guru

Nah ini yang pertamakali tersingkap, ternyata metode ngajar gurunya membosankan, kebanyakan ceramah.

2. Kurang Alat Peraga

Ada banyak materi pelajaran geografi yang membutuhkan alat peraga seperti peta (yang paling dasar), belum lagi batuan, inderaja, tanah dan lainnya. Lalu sejauh ini memang masih banyak sekolah yang kekurangan alat peraga. 

3. Jarang Belajar Lapangan

Namanya geografi ya objek studinya kan gejala alam, jadi siswa harus banyak diajak jalan-jalan ke luar untuk melihat fenomena sekitar.

4. Sumber Bacaan Tidak Variatif

Sumber bacaan geografi itu banyak dan saya lihat yang bagus itu dari luar negeri. Coba cek di google banyak tuh situs-situs geografi yang keren kaya national geographic, bbc atau lainnya.

Maka dari itu mahasiswa cendorong enggan untuk memilih jurusan Geografis tersebut.

2. Fisika

Sebetulnya bukan "jarang diminati". Karena jumlah Universitas yang menyelenggarakan prodi ini sedikit dan alumninya tidak sebanyak program studi Teknik yang lain. Dengan alasan tersebut, Teknik Fisika/Fisika Teknik tidak begitu dikenal oleh masyarakat awam.

Pertama, nama "fisika" aja udah menakutkan. Kedua, Teknik Fisika cabang ilmunya paling banyak dari jurusan teknik lainnya.

3. Ilmu Keperawatan

Ilmu Keperawatan merupakan bidang studi yang menyiapkan kamu menjadi seorang perawat. Di jurusan ini akan mempelajari teori dan teknologi baru untuk mengembalikan dan merawat kesehatan mental dan fisik seseorang yang mengidap suatu penyakit dan penyandang disabilitas. Bidang spesialisasi untuk setiap kelas perawat antara lain perawat dewasa, perawat anak-anak, perawat manula, perawat untuk mental, dan perawatan jalan. Bahkan ilmu keperawatan menarik namun banyak mahasiswa enggan untuk memilh jurusan tersebut karena terlalu ribet untuk anak-anak milineal dan inilah faktor Jurusan di UIyang Peminatnya Sedikit.

4. Teknik Perkapalan

Selain masalah cem-ceman, anak teknik perkapalan terlampau susah mata pelajarannya dibanding anak teknik lainnya. Karena teknik perkapalan harus wajib bisa berenang, selain kondisi tersebut faktor gender sangat masuk akal karena anak teknik biasanya min perempuan ya bisa di lihat bisanya 1 kelas ada 4-6 perempuan dalam satu kelas yang membuat para lelaki bosan dan tak jarang mahasiswa untuk putus di tengah jalan dan dapat membawa pengaruh buruk terhadpa generasi baru

5. Teknik Elektro

Sama halnya dengan teknik perkapalan selain dari faktor perempuan ada juga faktor dimana teknik elektro minim peminanatnya yakni, Mata kuliah di teknik elektro sangat tidak main main ya selain kita di tuntun untuk bisa kita juga harus berhadapan dengan nyawa. Jelas ini tidak bisa kita lupakan karena jurusan ini di katagorikan dalam jurusan ekstrim.

Bidang Soshum

6. Sastra Daerah untuk Sastra Jawa

Lulusan sastra Jawa memiliki cakupan bidang keahlian yang luas, seperti sastrawan, dosen, dan jurnalis. Dari hal tersebut kita sudah mengetahui kenapa jurusan ini sepi peminatnya ya kerana mahasiswa bosan dalam hal menajdi jurnalis bahkan sastrawan yang gajinya tidak sesuai dengan yang di kerjakan

7. Sastra Rusia

Selain bahsa Rusia sangat sulit ada stigma yang melekat pada Sastra Rusia, ialah kesulitan bahasa Rusia ini dan faham komunisme. Mendengar faham komunisme sudah memebuat kita enggan untuk mecoba bahasanya apalagi untuk mempelajarinya. Selain itu bahasa Rusia di tulis menggunakan huruf Sirilik dan memliki enam kasus tatabahasa; nominative, genitive, datif, instrumentalis, akusatif, dan preposisional.

8. Ilmu Filsafat

Perminatan terhadap suatu program studi itu dilihat dari seberapa luas prospek kerjanya. Sehingga pertanyaan ini dapat dijawab dengan menjawab pertanyaan, "Bagaimana prospek kerja jurusan Filsafat?" dan itulah kenapa Jurusan di UI Ilmu Filsafat yang Peminatnya Sedikit

Lowongan kerja di Indonesia tidak eksplisit menyebut menerima lulusan jurusan filsafat. Biasanya lulusannya kerja di lembaga keagamaan, menjadi guru di sekolah, wartawan, scriptwriter di industri film, event organizer di acara kebudayaan, dll.

9. Arkeologi

Jurusan arkeologi ini kurang diminati karena bila lulus, kamu biasanya akan dikirim ke tempat-tempat terpencil untuk menyelidiki sejarah di daerah tersebut. Tidak hanya satu atau dua bulan, biasanya arkeolog harus menetap tahunan di sebuah tempat hanya untuk menguak sejarah dari tempat tersebut.

10. Ilmu Sejarah


Pembelajaran sejarah sebagai implementasi dari pendidikan sejarah sering dianggap membosankan oleh siswa, karena penuh beban hafalan, dan dianggap tidak memiliki manfaat bagi siswa, tidak membangkitkan sifat berpikir kritis, serta jauh dari realita kehidupan.

Penutup

Itulah beberapa faktor dan alasan mengapa dan kenapa mahasiswa cenderung memilih progtam studi tersebut. So pastikan sobat Poil untuk selalu update tentang jurusan kalian masing-masing dan pastikan agar tidak salah jurusan dan itulah kenapa Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit

 

 

Sumber: Kompas.com