Agribisnis Peternakan Peluang dan Karir Kerja di Industri

Agribisnis Peternakan Peluang dan Karir Kerja di Industri

Konten [Tampil]

Agribisnis Peternakan Peluang dan Karir Kerja di Industri

Hallo sabat Poil, kali ini kami akan memberikan sebuah informasi yang sangat bagus untuk Jurusan Agribisnis Peternakan tentunya.

 

Deskripsi Jurusan

Jurusan Agribisnis adalah program studi yang mempelajari bidang pertanian beserta bisnis dalam pengelolaan pertanian modern dan industri makanan untuk pengelolan sekala UMKM hingga perusahaan. Jurusan ini juga dikenal sebagai Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Kata bisnis pada Jurusan Agribisnis menunjukkan peran dari pada lulusan agar dapat memaksimalkan keuntungan dari produk pertanian yang dihasilkannya.

Agribisnis merupakan bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun hilir. Penyebutan “hulu” dan “hilir” mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain).

 

Kegiatan kegiatan apakah yang ada dalam agribisnis peternakan, Agribisnis peternakan = sebuah sistem pengelolaan ternak secara terpadu & menyeluruh yg meliputi semua kegiatan mulai dr pembuatan (manufacture) dan distribusi sarana produksi ternak (sapronak), kegiatan usaha produksi (budidaya), penyimpanan & pengolahan, serta penyaluran & pemasaran produk peternakan yg didukung oleh lembaga penunjang seperti perbankan & kebijakan pemerintah.

 

Sistem Agribinis 

Lalu apa saja  Sistem Agribinis dan ada berapa saja, Secara garis besar, agribisnis terdiri dari empat subsistem, yaitu

  1. subsistem pengadaan dan penyaluran sarana dan prasarana produksi,
  2. subsistem produksi primer atau usaha tani (on-farm),
  3. subsistem pengolahan atau agroindustri, dan
  4. subsistem pemasaran.

 

Pengetahuan dan Keahlian

  1. Kemampuan manajerial
  2. Kemampuan meneliti
  3. Kemampuan membuat analisis
  4. Kemampuan komunikasi
  5. Kemampuan melakukan perencanaan
  6. Pemahaman biologi

 

Lulusan agribisnis bisa jadi apa saja, Prospek kerja lulusan jurusan agribisnis dapat bekerja pada sektor pertanian, perkebunan dan Industri makanan sebagai tenaga ahli atau pemangku keputusan disetiap proses bisnis tentunya di sektor agriculture. Mulai dari instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta, sampai lembaga swadaya masyarakat.

 

Peluang dan Karir Kerja Agribisnis

Prospek kerja lulusan jurusan agribisnis dapat bekerja pada sektor pertanian, perkebunan dan Industri makanan sebagai tenaga ahli atau pemangku keputusan disetiap proses bisnis tentunya di sektor agriculture.


Mulai dari instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta, sampai lembaga swadaya masyarakat. Karena selama perkuliahan kamu banyak belajar tentang pengembangan bisnis di sektor pertanian, tentu hal ini akan menjadi modal besar untukmu jika ingin berwirausaha atau menjadi seorang pengusaha atau manajer profesional di bidang agribisnis.


Sebagai lulusan Agribisnis nantinya Quipperian juga akan berperan untuk membantu para petani menghadapi era industri 4.0, sebagai konsultan dan pendamping bidang agribisnis.


Rata-rata gaji yang ditawarkan sangat variatif dan kompetitif tentunya. Hal ini sangat bergantung pada pada kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, jabatan, serta area tempat bekerja. Berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti selepas lulus:

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  2. Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNS Daerah)
  3. Petani
  4. Ahli Bioteknologi
  5. Dosen
  6. Wirausaha (Entrepreuner)
  7. Konsultan Pertanian (Penyuluh Pertanian)
  8. Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC)
  9. Peneliti
  10. System Analyst

 

Penutup

Untuk mendalami ilmu ini dengan lebih baik lagi, kamu dapat pula melanjutkan pendidikan pada jenjang pascasarjana dengan nama program yang sama, baik itu untuk jenjang Magister (S2) maupun Doktor (S3). Selain Agribisnis, terdapat banyak program studi lainnya yang juga memiliki fokus di bidang pertanian, seperti Budidaya Pertanian, Hama dan Penyakit Tumbuhan, Mikrobiologi Pertanian, Ilmu Tanah, Penyuluh dan Komunikasi Pertanian, Teknik Pertanian, Agroteknologi, serta Ilmu dan Teknologi Pangan. 


Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) fokus pada perencanaan proses produksi yang efisien dari hulu sampai hilir. Untuk program studi Budidaya Pertanian biasanya dibagi jadi dua bidang, ada Agronomi dan Pemuliaan Tanaman. Selain itu ada juga jurusan yang masih erat kaitannya yaitu teknologi pangan yang mempelajari pengolahan bahan pangan pascapanen ya, ini dapat menjadi alternatif jika kamu ingin mencari jurusan dalam bidang pertanian atau pangan.

 



Sumber Dari: campus.quipper.com


 

Newest