Fakultas Hukum di Jakarta – 10 Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik

Fakultas Hukum di Jakarta – 10 Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik

Konten [Tampil]
Fakultas Hukum di Jakarta – 10 Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan klasterisasi perguruan tinggi. Dari klasterisasi itu, dapat dilihat 10 perguruan tinggi dengan Fakultas Hukum  terbaik yang merupakan lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti) Wilayah III DKI Jakarta.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Nizam, menyampaikan tujuan utama klasterisasi ialah untuk menyediakan landasan bagi pengembangan kebijakan pembangunan. Kemudian, untuk pembinaan perguruan tinggi, serta untuk mendorong perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan.

Daftar Universitas dengan Fakultas Hukum di Jakarta

  1. Universitas Bina Nusantara
  2. Universitas Trisakti
  3. Universitas Tarumanagara
  4. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  5. Universitas Esa Unggul
  6. Universitas Pancasila
  7. Universitas Nasional 
  8. Universitas Al-azhar Indonesia
  9. Universitas Pelita Harapan
  10. Universitas YARSI

Universitas Bina Nusantara

Fakultas Hukum di Jakarta – 10 Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik

Globalisasi di dunia bisnis serta teknologi yang terus menerus berkembang, menuntut keberadaan lulusan-lulusan hukum yang dapat membawa pembaharuan dan terobosan hukum untuk menjawab problema-problema hukum yang timbul.

Lulusan dari Program Business Law BINUS UNIVERSITY diharapkan menjadi praktisi yang mampu mengemban profesi-profesi di bidang hukum serta memiliki etika profesi yang tinggi, baik dalam menjalankan profesinya, antara lain di bidang Investasi, Pertanahan dan Real Estate, Perbankan, serta sektor bisnis dan teknologi lainnya.

Universitas Trisakti

Fakultas Hukum di Jakarta – 10 Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik

Menjadi Fakultas Hukum yang andal, berstandar internasional dengan tetap memperhatikan nilai - nilai Lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan hukum untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban. Menjadikan Fakultas Hukum yang bertaraf internasional dengan penguasaan ilmu hukum yang sesuai dengan perkembangan zaman dan berpedoman pada nilai luhur Universitas Trisakti.

Menghasilkan lulusan yang ahli di bidang hukum, berbudi luhur, cerdas, sehat, mandiri, kreatif, inovatif, memiliki kepekaan sosial, mampu berkomunikasi dengan baik dan mengembangkan jiwa kewirausahaan (enterpreneurial) yang adil, arif serta menghormati kemajemukan Bangsa. Mewujudkan budaya akademik yang memacu pengembangan diri melalui proses pembelajaran yang produktif, efektif dan efisien dalam ikut membangu masyarakat adab (civil society).

Mewujudkan budaya meneliti dan menyumbangkan karya nyata yang bermanfaat kepada masyarakat, bangsa dan negara. Mengembangkan kemitraan dengan lembaga pendidikan tinggi lain, dunia industri, pemerintah, serta masyarakat di dalam dan di luar negeri.

Memupuk budaya loyal dan bersikap kritis terhadap almamater bagi warga kampus dan alumni. Meningkatkan komitmen manajemen dan menegakkan good faculty governance dan mensejahterakan warga Fakultas Hukum untuk mempertahankan kejayaan Universitas Trisakti.

Universitas Tarumanagara

Fakultas Hukum di Jakarta – 10 Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik

Menjadi Fakultas Hukum unggul di Asia Tenggara yang memiliki integritas, profesionalisme dan jiwa kewirausahaan pada tahun 2025. Menghasilkan lulusan yang bermutu tinggi, menguasai prinsip-prinsip keilmuan, dan terampil, khususnya di bidang hukum arbitrase dan alternatif penyelesaian sengketa dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat nasional dan transnasional.

Membekali peserta didik dengan konsentrasi hukum arbitrase dan alternatif  penyelesaian sengketa melalui proses pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan yang bermutu tinggi dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat, nasional dan transnasional.

Menghasilkan lulusan yang mempunyai integritas tinggi dan mampu memelihara serta mengembangkan ilmu pengetahuannya, sehingga mempunyai bekal yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang atau tingkat yang lebih tinggi dan mampu berperan serta dalam pengembangan ilmu hukum yang berlandaskan nilai-nilai integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan.

Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu hukum yang berwawasan ke-Indonesia-an dan global serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup stakeholders dan memperkaya kebudayaan nasional.

Menghasilkan kerjasama bidang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa, serta jejaring di dalam dan luar negeri yang saling menguntungkan yang berlandaskan nilai-nilai integritas, profesionalisme, dan jiwa kewirausahaan.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Fakultas Hukum di Jakarta – 10 Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik

Fakultas Hukum didirikan pada tanggal 3 Juli 1965 dengan jumlah mahasiswa yang diterima sebanyak 141 orang. Kuliah dimulai pada awal September 1965 menggnakan gedung SMP St. Theresia, Jakarta Pusat. Baru satu bulan kuliah berlangsung, meletuslah peristiwa G-30-S, yang kemudian berlanjut dengan aksi mahasiswa, sehingga praktis kuliah secara teratur baru berjalan kembali pada 1 Februari 1967.

Perkuliahan di Kampus Semanggi dimulai sejak awal Maret 1971. Saat ini mahasiswa Fakultas Hukum kurang lebih berjumlah 1.100 mahasiswa. Fakultas Hukum berkembang dengan lima Program Peminatan, diantaranya adalah : Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Kenegaraan, Hukum Internasional, dan Hukum Ekonomi Bisnis.

Kurikulum Fakultas Hukum dirancang dengan tujuan mahasiswa mendapat pemahaman teori maupun praktek. Beberapa matakuliah yang ditawarkan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain : setiap peminatan menyediakan 7 (tujuh) matakuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa sesuai pemintan yang diambil. Disamping itu setiap mahasiswa diwajibkan mengambil matakuliah yang mendekati pada praktek Legal Drafting, Contract Drafting, Legislative Drafting, dan matakuliah Praktek Magang Kerja.

Universitas Esa Unggul

Fakultas Hukum di Jakarta – 10 Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik

Ilmu Hukum, disini para mahasiswa mempelajari segala sesuatu tentang hukum baik praktek ataupun teorinya. Hukum mengatur bagaimana manusia bertindak dan bertingkah laku supaya tidak merugikan orang lain. Belajar tentang hukum memang lebih banyak mendalami konsep dan teori, juga beberapa kasus hukum yang terjadi. Tetapi, pada akhir masa kuliah biasanya para mahasiswa jurusan Ilmu Hukum mendapatkan kesempatan untuk praktek di berbagai firma hukum, kejaksaan, atau pengadilan, sehingga teori yang telah dipelajari selama ini bisa dipahami relevansinya.

Setelah lulus dari prodi Ilmu Hukum, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S.H), setelah itu kamu bisa memilih untuk berkarir sebagai hakim atau jaksa. selain itu kamu juga dapat memilih mau berkarir sebagai pengacara publik/swasta dan notaris. Untuk menjadi notaris, kamu harus melalui pendidikan kenotariatan terlebih dahulu. Selain profesi-profesi klasik tersebut, sebagai lulusan Ilmu Hukum kamu juga akan dibutuhkan di berbagai perusahaan sebagai legal staff atau di bagian personalia/HRD.

Universitas Pancasila

Fakultas Hukum di Jakarta – 10 Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik

Menjadi salah satu Fakultas Hukum unggulan yang menghasilkan Lulusan berkualitas dan profesional berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengasilkan Lulusan yang berkualitas tinggi dalam penguasaan ilmu hukum yang berlandaskan nilai-nilai pancasila meningkatkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan menuju profesionalitas dalam rangka memberikan pelayanan yang berkualitas 

Universitas Nasional 

Fakultas Hukum di Jakarta – 10 Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik

Unggul dalam pendidikan hukum yang dinamis dan progresif dalam menegakkan kebenaran dengan komitmen pada pembangunan hukum nasional secara bertanggungjawab. Tercapainya kualitas pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan performansi yang tinggi di bidang ilmu hukum;

Tercapainya kualitas dan kuantitas penelitian untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu hukum yang menunjang pengembangan proses pembelajaran. Tercapainya   kegiatan   pengabdian   pada   masyarakat   untuk menerapkan ilmu hukum dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan hukum, pelayanan konsultasi hukum dan bantuan hukum. Tercapainya jaringan kerjasama dengan berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta guna menunjang proses pembelajaran.

Universitas Al-azhar Indonesia

Fakultas Hukum di Jakarta – 10 Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik

Menjadi Fakultas Hukum yang Unggul  dalam bidang Ilmu hukum (hukum ekonomi dan teknologi) dalam membentuk manusia yang unggul dan bermartabat yang memiliki kemampuan intelektual  yang dilandasi nilai-nilai spiritual, moral dan etika islami.

Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Hukum, khususnya dalam bidang Hukum Ekonomi dan Teknologi yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat pengguna.  Menyelenggarakan penelitian hukum yang mendukung pendidikan ilmu hukum khususnya dalam bidang hukum ekonomi dan teknologi.

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam mendukung pengembangan pendidikan hukum dan masyarakat yang memiliki kesadaran dalam. Menumbuhkembangkan integrasi nilai-nilai islam dalam pembentukan karakter lulusan program studi ilmu hukum

Universitas Pelita Harapan

Fakultas Hukum di Jakarta – 10 Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik

Program Sarjana Hukum kami akan memperlengkapi kamu dengan serangkaian keterampilan hukum yang kokoh, yang dipadukan dengan integritas pribadi yang kuat untuk meraih keberhasilan dalam berbagai profesi hukum, baik di lingkup nasional maupun global. Kurikulum kami didasarkan pada landasan hukum nasional dan internasional yang kokoh serta riset terkait, agar kamu mampu menguasai pengetahuan hukum dan memiliki kemampuan memecahkan masalah. Kami menyediakan tiga pilihan peminatan sebagai berikut:

  1. Hukum Bisnis (hukum korporasi)
  2. Hukum Internasional (hukum publik dan perjanjian internasional)
  3. Kemahiran Praktik Hukum (litigasi dan bidang hukum lainnya) 

Universitas YARSI

Fakultas Hukum di Jakarta – 10 Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik

Mewujudkan Fakultas Hukum yang berwawasan Islam, bermutu tinggi dan mampu bersaing dalam forum Nasional maupun Internasional. Mengembangkan ilmu pengetahuan hukum melalui pendidikan, pengajaran dan pembelajaran yang bermutu tinggi sesuai Islam

Mengembangkan ilmu pengetahuan hukum melalui pengkajian, penelitian dan publikasi yang bermutu tinggi sesuai Islam Mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan hukum melalui pengabdian kepada masyarakat yang bermutu tinggi

Mengembangkan sumberdaya manusia dan tata kelola yang dapat menjawab persoalan yang timbul di masyarakat serta memberi arah perubahan dalam rangka membangun masyarakat Indonesia yang adil, makmur, merata dan beradab sesuai Islam.

0 Comments