Jurusan Sastra Inggris Terbaik Di Indonesia Terbaru Di Tahun Ini

Jurusan Sastra Inggris Terbaik Di Indonesia Terbaru Di Tahun Ini

Konten [Tampil]
Jurusan Sastra Inggris Terbaik Di Indonesia Terbaru Di Tahun Ini


Penjelasan

Sastra Inggris adalah program studi yang mempelajari Bahasa Inggris dari sisi linguistik (sisi kebahasaan) dan sastra secara mendalam. Sedangkan, di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris akan belajar mengenai cara mengajarkan bahasa Inggris. Dalam hal ini menitikberatkan kemampuan untuk menjadi seorang guru bahasa Inggris.

 

Berikut Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris yang dikutip dari laman resmi Universitas Dharma Andalas:

1. Konsultan Bahasa

Bahasa Inggris adalah bahasa yang universal. Oleh karena itu, bahasa ini selalu dibutuhkan dan pekerjaan sebagai penerjemah merupakan jasa yang sangat dibutuhkan.


Selain itu, permintaan pasar terhadap penerjemahan untuk buku-buku fiksi maupun non-fiksi juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penerjemah tidak hanya menerjemahkan saja tetapi juga harus memahami konteks budaya, politik, ekonomi, ekonomi, atau disiplin lain dari suatu teks.

2. Interpreter (Penerjemah Lisan)

Selain penerjemah secara tulis juga terdapat penerjemah secara lisan. Kemampuan yang harus dimiliki adalah kecepatan dan ketangkasan dalam menerjemahkan apa yang disampaikan oleh klien. Penerjemah lisan memiliki waktu yang sedikit untuk menerjemahkan daripada penerjemah tulis.

3. Pekerja di Bidang Pemasaran

Seperti yang dijelaskan di atas, di jurusan Sastra Inggris detikers akan mempelajari budaya populer dari Inggris. Budaya populer ini erat kaitannya dengan konsumerisme.
Dengan pengetahuan tersebut kalian dapat menjadikan ini sebagai modal untuk profesi analisis perilaku konsumen dan merancang iklan.

4. Editor dan Asisten Editorial

Di jurusan Sastra Inggris kegiatan membaca dan menulis adalah makanan sehari-hari. Kemampuan tersebut akan mengasah kemampuan lainnya dalam menulis, dan berpikir kritis.

 

Dengan kemampuan tersebut, lulusan Sastra Inggris cocok menjadi editor karena terbiasa membaca, wawasan menjadi luas dan terbiasa menulis yang dapat mengenali berbagai macam gaya penulisan.


5. Penulis Naskah Film/ Serial

Sastra Inggris adalah jurusan yang juga mempelajari kritik karya sastra. Dengan kemampuan tersebut kalian dapat menjadi penulis naskah film/series karena terbiasa mempelajari tentang film.

6. Sastrawan

Di jurusan Sastra Inggris, kalian akan banyak mempelajari tentang teori-teori sastra yang berfokus untuk mengembangkan kemampuan sebagai seorang peneliti kebudayaan. Tidak hanya itu, teori-teori sastra tersebut juga dapat kalian gunakan untuk membuat karya sastra dan menjadi sastrawan.


Daftar 5 Universitas Sastra Inggris Terbaik di Indonesia Dengan Akreditas A

1. Universitas Hasanuddin

Departemen Sastra Inggris secara resmi didirikan pada tanggal 3 Desember 1960 dengan jumlah pendaftar sekitar 503 siswa pada tahun 2018. Sebanyak 32 staf pengajar dengan beragam latar berlakang pendidikan luar negeri dan dalam negeri telah terlibat dan memperkuar departemen dalam menjalankan misi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas baik di bidang Bahasa Inggris, Linguistik, dan Sastra.

 

Dengan pesatnya perkembangan informasi dan teknologi, kebutuhan situs web menjadi jelas untuk membuat visi departemen menjadi nyata. Sebagai kepala Departemen Sastra Inggris, saya mendukung dan menghargai peluncuran situs web ini, dan mudah-mudahan ini akan membuat kegiatan dan layanan akademik menjadi mudah diakses tidak hanya untuk komunitas di dalam kampus itu sendiri, tetapi juga untuk masyarakat luas.

 

2. Universitas Negeri Makassar

UNM merupakan perguruan tinggi negeri di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang berkedudukan di Kota Makassar dan memiliki kampus lain di Kota Parepare dan Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

3. Universitas Udayana

Fakultas yang bernama Fakultas Sastra Udayana sebagai cabang dari Universitas Airlangga Surabaya. Fakultas Sastra Udayana inilah yang merupakan embrio dari pada berdirinya Universitas Udayana. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIPNo.104/1962, tanggal 9 Agustus 1962, Universitas Udayana secara syah berdiri sejak tanggal 17 Agustus 1962.

 

Tetapi oleh karena hari lahir Universitas Udayana jatuh bersamaan dengan hari Proklamasi Kemerdekaan RepublikIndonesia maka perayaan Hari Ulang Tahun Universitas Udayana dialihkan menjadi tanggal 29 September dengan mengambil tanggal peresmian Fakultas Sastra yang telah berdiri sejak tahun 1958.

 

4. Universitas Airlangga

Kebudayaan (sastra dan budaya). Dengan dua peminatan tersebut diharapkan dapat mempersiapkan calon sarjana untuk memiliki kompetensi bahasa Inggris, kemampuan analisis dalam studi bahasa dan sastra yang sangat diperlukan di era global dan modern, serta kemandirian, kreativitas, kolaborasi, dan soft skill lainnya. yang mendukung keberhasilan lulusan di dunia kerja.

 

Tujuannya adalah agar para lulusannya dapat segera terserap di pasar kerja, terutama di bidang industri media/jurnalistik, pendidikan, pariwisata, bisnis informasi, dan perusahaan-perusahaan multinasional.

 

5. Universitas Negeri Surabaya

Pada 2020 menjadi Program Studi yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan di bidang Ilmu Sastra dan Bahasa Inggris berbasis literasi untuk menghasilkan sumber daya manusia profesional yang kritis terhadap perkembangan jaman.

 

Penutup

Di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris akan belajar mengenai cara mengajarkan bahasa Inggris. Dalam hal ini menitikberatkan kemampuan untuk menjadi seorang guru bahasa Inggris.

Di jurusan Sastra Inggris sangat menekankan kemampuan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulis, kemampuan membaca dan memahami sebuah tulisan, kemampuan berpikir terstruktur, kemampuan melakukan analisis, dan keterampilan interpersonal.



 

Sumber Dari : detik.com