Jurusan Universitas Ahmad Dahlan – Daftar dan Program Studi UAD

Jurusan Universitas Ahmad Dahlan – Daftar dan Program Studi UAD

Konten [Tampil]
Jurusan Universitas Ahmad Dahlan – Daftar dan Program Studi UAD

Universitas Ahmad Dahlan (disingkat sebagai UAD) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, Indonesia yang didirikan pada tanggal 18 November 1960. Pada tanggal 19 Desember 1994 dengan Surat Keputusan (SK) Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 102 /D0/1994 diterapkan bahwa IKIP Muhamadiyah Yogyakarta beralih fungsi menjadi Universitas Ahmad Dahlan.

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Agama Islam

Fakultas agama islam adalah salah satu fakultas dilingkungan unisda lamongan yang menyelenggarakan program strata satu (S1) dengan program studi pendidikan agama islam (PAI).

  1. Ilmu Hadits
  2. Bahasa dan Sastra Arab
  3. Pendidikan Agama Islam
  4. Perbankan Syariah
  5. Magister Pendidikan Agama Islam

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ekonomi dan bisnis itu mempelajari tentang bagaimana caranya kamu merancang strategi bisnis dan mengambil berbagai keputusan bisnis. Biasanya kamu akan mempelajari tentang ilmu-ilmu dan berbagai teori ekonomi yang diterapkan di dalam praktek bisnis.

  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
  4. Bisnis Jasa Makanan (Vokasi)
  5. Magister Manajemen

Fakultas Farmasi

Fakultas Farmasi adalah ilmu yang mempelajari segala seluk-beluk mengenai obat. Ilmu farmasi adalah terapan dari tiga bidang ilmu yaitu kedokteran, kimia, dan biologi. Ruang lingkup ilmu farmasi tak hanya berfokus pada bidang ilmu eksakta, melainkan juga pada bidang ilmu sosial seperti Manajemen Farmasi dan Farmakoekonomi.

  1. Farmasi
  2. Magister Farmasi
  3. Program Profesi Apoteker

Fakultas Sastra, Budaya dan Komunikasi

Sebagai fakultas yang mengkaji berbagai kearifan dan budaya lokal, Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan mampu menjadikan para cendekiawan bersaing secara global dalam bidang bidang ilmu sastra, budaya, dan komunikasi berdasarkan nilai-nilai keislaman.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut FSBK UAD senantiasa menjaga kualitas pendidikan dan penyelenggaraan penelitian dalam bidang ilmu sastra, budaya, dan komunikasi yang mendorong kemajuan pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bermanfaat untuk kepentingan bangsa dan umat manusia bersumber pada penghayatan dan pengamalan Agama Islam.

  1. Sastra Inggris
  2. Sastra Indonesia
  3. Ilmu Komunikasi

Fakultas Teknologi Industri

Fakultas Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti; produksi, pengelolaan dan ekonomi. Lulusan Teknik Industri nantinya bertanggungjawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan.

  1. Teknik Elektro
  2. Teknik Industri
  3. Teknik Informatika
  4. Teknik Kimia
  5. Teknologi Pangan
  6. Magister Teknik Informatika

Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Seseorang yang melakukan praktik psikologis disebut sebagai psikolog. 

  1. Psikologi
  2. Magister Psikologi
  3. Magister Psikologi Profesi

Fakultas Hukum

Jurusan Ilmu Hukum mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan maupun kegiatan bisnis. Di Ilmu Hukum, juga belajar mengenai perundang-undangan termasuk di dalamnya hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) hingga hukum internasional dengan cakupan yang cukup luas.

  1. Ilmu Hukum

Fakultas Kedokteran

Sekolah kedokteran atau fakultas kedokteran adalah sebuah institusi pendidikan tertiari atau bagian dari institusi tersebut, yang terlibat dalam pendidikan pelaku medis masa depan

  1. Kedokteran
  2. Program Profesi Dokter

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) adalah salah satu fakultas  yang menyediakan layanan pendidikan bagi para mahasiswa yang telah bekerja sebagai guru (in-service training) atau tenaga pendidik lainnya.

  1. Bimbingan dan Konseling
  2. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  3. Pendidikan Bahasa Inggris
  4. Pendidikan Matematika
  5. Pendidikan Fisika
  6. Pendidikan Biologi
  7. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  8. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  9. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  10. Pendidikan Profesi Guru (PPG)
  11. Pendidikan Vokasional Teknik Elektro
  12. Pendidikan Vokasional Teknik Otomotif
  13. Magister Pendidikan Bahasa Inggris
  14. Magister Pendidikan Matematika
  15. Magister Manajemen Pendidikan
  16. Magister Pendidikan Guru Vokasi
  17. Magister Pendidikan Fisika

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Prodi Kesehatan Masyarakat mempelajari ilmu tentang peningkatan taraf hidup dan kesehatan masyarakat dengan cara melakukan pengorganisasian di masyarakat. Jadi, di prodi ini kamu akan mempelajari ilmu medis ditambah dengan ilmu sosial. Kamu akan belajar bagaimana menghitung besaran distribusi penyakit di suatu wilayah, menghitung kondisi kesehatan secara kuantitatif, menganalisa dampak lingkungan pada kesehatan masyarakat, dan faktor kesehatan dan keselamatan kerja. Disini juga akan dipelajari ilmu gizi, manajemen dan administrasi kebijakan kesehatan, serta melakukan penyuluhan kesehatan.

  1. Kesehatan Masyarakat
  2. Gizi
  3. Magister Kesehatan Masyarakat

Fakultas Sains dan Teknologi Terapan

Menyelenggarakan program-program akademik dalam bidang sains dan teknologi terapan (Matematika, Fisika, Biologi dan Sistem Informasi) yang berkualitas untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlandaskan nilai-nilai Islam

  1. Matematika
  2. Fisika
  3. Sistem Informasi
  4. Biologi

Program Pasca Sarjana

  1. Magister Pendidikan Fisika
  2. Magister Psikologi Profesi
  3. Magister Psikologi
  4. Magister Farmasi
  5. Magister Manajemen Pendidikan
  6. Magister Pendidikan Bahasa Inggris
  7. Magister Teknik Informatika
  8. Magister Pendidikan Vokasi
  9. Magister Manajemen
  10. Magister Pendidikan Matematika
  11. Magister Pendidikan Agama Islam
  12. Magister Kesehatan Masyarakat

Program Profesi

  1. Profesi Apoteker
  2. Pendidikan Profesi Guru
  3. Profesi Dokter
  4. Program Vokasi
  5. Bisnis Jasa Makanan

0 Comments